facebook

Waktu Tepat Minum Air

Senin, 02 October 2017 - 10:01:51 WIB
Diposting oleh : Berry
Waktu Tepat Minum Air

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Waktu Tepat Minum Air

Hai Berrykitcheners! Apa saja yang biasa kamu lakukan untuk tetap menjaga kesehatan? Banyak cara dapat dilakukan untuk menjalani gaya hidup sehat, dengan mencukupi kebutuhan nutrisi harian dan berolah raga. Namun di tengah kesibukan yang padat, kamu tentu nggak lepas dari makanan instan. Kesempatan berolah raga pun kerap menguap begitu saja karena kegiatan yang padat. Nggak perlu khawatir, Berrykitcheners. Kegiatan simple seperti minum air putih ternyata punya andil dalam menjaga kesehatan tubuhmu lho. Kapan saja ya saat yang tepat untuk minum air putih? Simak yuk!

 

1. Bangun tidur

dwew

 

Sadar atau tidak, setelah mematikan alarm dan memutuskan untuk bangun, kamu kerap mencari segelas air untuk membahasi tenggorokanmu. Hal itu terjadi karena produksi air liur selama tidur berkurang, dan tubuh berada dalam kondisi tidak mendapatkan asupan cairan dalam waktu berjam-jam lamanya. Walau sudah mengonsumsi banyak air sebelum tidur, kamu harus tetap mengisi kembali carian dalam tubuhmu. Selain membasahi tenggorokan, minum air putih satu atau dua gelas setelah bangun tidur juga dapat membuang racun dan membakar metabolisme dalam tubuh lho.

 

2. Sebelum mandi

sqwd

 

Nggak cuma untuk mengadakan “konser kecil” saat mandi, minum air putih sebelum mandi juga memiliki manfaat tersendiri lho. Kehangatan air putih yang kamu minum lalu dikombinasikan suhu hangat air yang digunakan untuk mandi dapat melebarkan pembuluh darah sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Segelas air putih yang diminum sebelum mandi juga dapat mencairkan tingkat natrium dalam tubuh sehingga membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

 

3. Setengah jam sebelum makan

sqwsq

 

Berrykitcheners, setuju nggak sih makan merupakan salah satu momen yang juga membutuhkan air putih? Iya, selain melegakan dahaga akibat rasa makanan yang terlalu pekat, air putih juga dapat membantu proses menelan makanan. Namun, ada baiknya kamu meminum air putih setengah jam atau 30 menit sebelum makan untuk membantu pencernaan agar bekerja lebih baik.

 

4. Saat lelah

wqq

 

Ketika lelah merayapi tubuh, kamu tentu setuju ada rasa haus yang menyertai di tenggorokan. Pasalnya, lebih dari 70 persen setiap fungsi dalam tubuh bergantung pada air, termasuk otak dan sistem saraf. Tidak hanya dapat menyebabkan kelelahan, kekurangan air pada otak juga dapat menyebabkan kehilangan fokus, depresi dan masalah tidur.

 

5. Sebelum tidur

xwwdw

 

Setelah menjalani aktivitas yang padat seharian, kamu perlu mengisi cairan yang hilang akibat kegiatanmu selama sehari penuh. Tidak hanya membantu mengisi kembali cairan tubuh yang hilang, air putih juga dapat membantu kamu tidur lebih nyaman.

 

Selain aktivitas keseharian dan rasa lelah yang biasa menjumpai sehari-hari, kamu tentu harus mengonsumsi air lebih banyak sebelum dan sesudah olah raga, serta ketika tubuhmu terserang penyakit. Air dapat mengatasi dehidrasi akibat berkeringat ketika olah raga dan memperbaiki daya tahan tubuh lebih cepat ketika kamu sakit. Semoga bermanfaat ya, Berrykitcheners!

Referensi: foodsoldier.com

Kata Kunci: Waktu Tepat Minum Air
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup