facebook

Variasi Resep Tahu Isi Khas Indonesia

Jumat, 27 May 2016 - 07:51:14 WIB
Diposting oleh : Berry
Variasi Resep Tahu Isi Khas Indonesia

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Variasi Resep Tahu Isi Khas Indonesia

Halo Berrykitcheners! Apa yang kamu lakukan untuk mengisi waktu luang? Apakah kamu gemar berolahraga, menonton film, atau membaca buku favorit kamu? Nah, kegiatan kamu akan menjadi lebih menyenangkan jika dilakukan sembari menikmati kudapan khas Indonesia, apalagi kalau bukan tahu isi goreng! Tahu isi merupakan resep masakan bahan dasar tahu yang paling umum dan mudah dibuat. Isi dari tahu ini juga sangat bervariasi. Wah, apa saja jenis-jenis tahu isi khas Indonesia, ya?


 


Manfaat di Balik Resep Masakan Bahan Dasar Tahu


Tahu adalah makanan yang berasal dari kedelai. Tahu adalah makanan bebas gluten, rendah kalori, dan tidak mengandung kolesterol. Bahkan, tahu diklaim sebagai sumber protein, zat besi, dan kalsium yang sangat baik. Bagi para vegetarian, tahu adalah sumber protein yang baik yang dapat menggantikan sumber protein dari daging.


 


Ada beberapa manfaat dari mengkonsumsi tahu yang mungkin tidak kamu ketahui, antara lain adalah:



  • Menurunkan Kolesterol


Tahu adalah alternatif pengganti protein hewani yang dapat menurunkan kolesterol buruk (LDL). Apabila kolesterol berhasil diturunkan, maka hal ini juga berpengaruh dalam mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.



  • Mengurangi Risiko Osteoporosis


Setiap orang memiliki risiko osteoporosis, terutama bagi wanita yang sudah memasuki masa menopause. Nah, resep masakan bahan dasar tahu yang terbuat dari kedelai ini memiliki kandungan isoflavon yang tinggi untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang.



  • Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker


Genistein, jenis isoflavon dominan di dalam kedelai, dapat berperan sebagai antioksidan yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.



  • Menjadi Sumber Protein yang Baik untuk Pelaku Diet


Meskipun kamu sedang menjalani program diet, kamu tetap harus mendapatkan asupan protein. Nah, asupan protein tersebut bisa kamu peroleh melalui tahu. Seperti yang sudah dikatakan di awal, tahu adalah sumber protein yang baik yang dapat menggantikan protein hewani dari daging atau ikan.


 


Variasi Resep Masakan Bahan Dasar Tahu Khas Indonesia


Di Indonesia, kamu bisa menemukan berbagai macam resep masakan bahan dasar tahu. Akan tetapi, kali ini Berrykitchen ingin mengulas beberapa menu tahu isi yang umum di Indonesia. Berikut adalah jenis tahu isi yang akrab di lidah masyarakat Indonesia:


 



  • Tahu Isi Wortel dan Tauge


Hampir sebagian besar pedagang gorengan selalu menjual tahu isi wortel dan tauge yang digoreng. Nah, isi dari makanan ini, yakni wortel dan tauge, menyimpan manfaat untuk kesehatan. Wortel adalah sayuran yang sarat dengan Vitamin A dan bagus untuk memelihara kesehatan mata. Sementara itu, tauge bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pria.



  • Tahu Isi Telur


Tahu isi telur ini bisa diolah dengan cara digoreng atau direbus. Pada bagian tengah tahu diisi dengan telur ayam rebus atau telur puyuh. Telur adalah makanan yang berprotein tinggi. Kombinasi antara tahu dan telur ini sangat baik bagi kamu yang sedang dalam usaha membentuk atau memelihara massa otot.



  • Tahu Mercon


Mercon adalah istilah lain dari petasan. Tahu mercon adalah nama dari tahu goreng yang diisi dengan cabai atau sambal. Wah, sudah pasti rasa makanan ini sangat pedas. Tapi tahukah kamu kalau mengkonsumsi makanan pedas dapat membuat umur panjang, lho. Berdasarkan sebuah studi dan penelitian di Cina, orang yang mengkonsumsi makanan pedas selama 6-7 hari memiliki kesempatan untuk menurunkan risiko kematian hingga 14% dibandingkan orang yang tidak mengkonsumsi makanan pedas.


 


Variasi dari resep masak bahan dasar tahu, seperti tahu isi, bisa disajikan sebagai kudapan atau lauk. Bahkan, beberapa resep tahu isi ini bisa disajikan bersama dengan dipping sauce khusus, seperti tahu isi wortel dan tauge dengan sambal petis udang atau sambal kecap dan tahu isi telur dengan saus sambal.


 


Sources:



  • com/articles/278340.php?page=2

  • com/articles/283659.php

  • com/diet-exercise/cf/slideshows/benefits-eating-spicy-foods#slide=2


Diakses pada 8 April 2016.

Kata Kunci: resep masakan bahan dasar tahu
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup