facebook

Variasi Makanan dengan Pelengkap Berbahan Cumi

Kamis, 19 May 2016 - 06:44:58 WIB
Diposting oleh : Berry
Variasi Makanan dengan Pelengkap Berbahan Cumi

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Variasi Makanan dengan Pelengkap Berbahan Cumi

Halo Berrykitcheners! Siapa di sini yang menyukai seafood? Makanan laut apa yang kamu sukai? Apakah udang, kerang, atau cumi-cumi? Di balik fakta mengenai seafood yang mengandung kolestrol tinggi, seafood menawarkan gizi dan nutrisi penting yang bermanfaat untuk tubuh, lho! Selain itu, seafood, khususnya cumi-cumi, juga mudah diolah menjadi berbagai jenis hidangan lezat. Oleh karena itu, tak heran jika banyak sekali variasi dari resep masakan berbahan cumi yang tersebar di Indonesia.


 


Nutrisi di Balik Resep Makanan Berbahan Cumi


Cumi-cumi menawarkan beberapa jenis vitamin dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Di balik resep makanan berbahan cumi, tersimpan vitamin dan nutrisi sebagai berikut:



  • Protein


Cumi merupakan sumber protein yang baik. 1 ons cumi-cumi menawarkan 4,4 gram protein atau sekitar 9% dari nilai harian protein yang dibutuhkan oleh manusia. Cumi sangat cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang inging membentuk massa otot. Selain itu, cumi juga ideal untuk pelaku diet. Karena kadar protein di dalam cumi dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama.



  • Vitamin dan Mineral


1 ons cumi menyediakan 9% dari nilai harian kalsium yang dibutuhkan manusia. Di samping itu, cumi juga mengandung Vitamin C, Vitamin B12, dan Seng. Tak hanya sampai di situ saja, cumi juga diklaim sebagai sumber asupan fosfor yang cukup baik.



  • Kalori dan Lemak


Apakah kamu salah satu penggemar sashimi atau sushi dari ikan mentah? Jika ya, pernahkah kamu mencoba squid sashimi? Sushimi mentah ini sangat rendah lemak dan kalori. 1 ons cumi mentah mengandung 26 kalori dan kurang dari ½ gram lemak. Namun, mengolah squid sashimi ini diperlukan metode khusus agar kehigienisannya tetap terjamin.


 


Hidangan dari Resep Makanan Berbahan Cumi


Selain membuat resep makanan berbahan cumi yang umum, seperti cumi goreng tepung, cumi asam manis, atau kari cumi, kamu juga bisa menjadikan cumi sebagai topping atau isi untuk beberapa makanan. Nah, makanan-makanan berikut ini menggunakan cumi sebagai topping atau isiannya, lho:



  1. Takoyaki


Camilan berbentuk bulat ini adalah hidangan khas Negeri Sakura. Di Jepang, isian favorit untuk takoyaki adalah chuka idako atau yang dikenak sebagai baby octopus. Namun, bagi yang tidak terbiasa menyantap baby octopus, bisa menggunakan isian cumi atau udang pada takoyakinya.



  1. Pizza


Kamu pasti sudah akrab dengan makanan khas Italia ini. Ya, pizza memang makanan favorit di seluruh negara yang ada di dunia. Jika biasanya kamu menggunakan pepperoni, jamur, dan daging sebagai topping pizza, kamu juga bisa mengganti topping tersebut dengan cumi, lho. Cumi memang topping tetap untuk seafood pizza.



  1. Okonomiyaki


Masih membahas resep makanan berbahan cumi dari Jepang, kali ini ada Okonomiyaki. Ini adalah makanan yang diolah dari tepung terigu, telur, kol, dan topping berupa seafood. Makanan ini digoreng di atas papan penggorengan bernama teppan. Sekilas tampilan makanan ini mirip fuyunghai atau martabak telur.


 


Resep makanan berbahan cumi ini adalah ide untuk menikmati cumi-cumi dengan cara yang berbeda. Cumi tidak akan meningkatkan kolesterol secara drastis jika kamu tidak berlebihan dalam mengonsumsinya.


 


Sources:



  • com/article/338837-the-health-benefits-of-calamari/

  • com/squids.html


Diakses 7 April 2016.

Kata Kunci: Variasi Makanan
Bagikan ke teman Kamu