facebook

Untuk Mendapatkan Nutrisi Terbaik, Panggang Makanan Kamu!

Rabu, 15 April 2015 - 04:31:08 WIB
Diposting oleh : admin
Untuk Mendapatkan Nutrisi Terbaik, Panggang Makanan Kamu!

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Untuk Mendapatkan Nutrisi Terbaik, Panggang Makanan Kamu!

Hai berrykitcheners.

Kali ini berry gak akan kasih kamu resep nih. Eits..tapi jangan sedih dulu, kali ini berry akan kasih tau kamu gimana cara memasak yang benar agar makanan tetap bernutrisi dan juga bagus unutk dikonsumsi.

Bagaimanapun, cara memasak akan sangat berpengaruh pada nutrisi yang terkandung di dalam makanan tersebut. Bahkan bisa jadi, makanan yang bernutrisi bisa berubah menjadi makanan yang tidak layak dikonsumsi karena proses memasak yang salah. Banyak sekali metode yang dapat digunakan untuk membuat sebuah masakan mentah menjadi matang. Seperti, menggoreng, menumis, membakar, merebus, mengukus, atau memanggang? Setiap metode memiliki keunggulannya masing-masing. tetapi, bagaimanapun, dari semua metode tersebut, ternyata metode terbaik adalah dengan memanggang makanan tersebut. Kenapa ya?



​

Yuk simak...

Seperti di tulis di Boldsky, mengapa memanggang adalah proses pengolahan makanan yang paling baik, adalah karena :

1. Mengikis lemak
Lemak adalah zat yang tidak baik berada di dalam sebuah makanan apabila berada pada kadar yang berlebihan, dengan memanggang, kandungan lemak yang terkandung akan ikut terbakar, maka dari itu, dengan proses ini, lemak dalam makanan bisa dikurangi, dan juga bisa mengurangi efek buruk yang dihasilkan lemak.

2. Menjaga Nutrisi
Daging dan sayuran yang dipanggang, akan serta merta menjaga tingkat nutrisi, vitamin, dan mineral yang terkandung di dalam makanan tersebut. Namun harus dipastikan, jangan panggang terlalu lama, karena justru akan mengikis vitamin baik yang terdapat didalam buah atau sayuran. Sementara untuk daging, dengan memanggang, akan menjaga kadar riboflavin dan thiamine yang ada di dalamnya. Nah, kedua zat tersebut, adalah nutrisi yang penting untuk mendapatkan manfaat dari daging tersebut.

So, ngga usah ragu lagi berrykitcheners, memanggang adalah metode terbaik dan menyehatkan. Namun, tetep aja ya berrykitcheners, kamu harus tau cara memanggang yang benar, nih berry kasih tips lagi deh :)

1. Cepat dan Panas
Untuk potongan daging yang tipis dan kecil, seperti daging ham, steak, hotdog, kebab. Kamu harus menggunakan api yang besar dan juga harus memanggang dengan cepat. Jangan sampai overcook atau tingkat kematangan yang terlalu tinggi.

2. Membolak-balik daging
Sering-seringlah membolak-balik daging saat memanggang dan gunakan seluruh ruang di alat panggangan, tujuannya supaya tingkat kematangan lebih merata.

3. Kendalikan Panas
Untuk beberapa jenis bahan makanan seperti ikan, ayam, dan sayuran, jangan gunakan api yang terlalu besar. Gunakanlah api sedang dan gunakan waktu yang lebih lama, agar bisa menjangkau ke seluruh bagian dalam daging.

4. Kapan Pangganan kamu matang?
Perhatikan tekstur daging yang kamu panggang, bisa juga dengen metode menusuk-nusukkan garpu ke daging, atau paling gampang, cicipi daging yang sedang dipanggang. :)



​

Dan ada beberapa aturan dalam memanggang nih berrykitcheners, diantaranya :
 
- Bersihkan alat panggangan untuk mencegah sisa pemanggangan sebelumnya melengket ke makanan
- Berilah minyak pada makanannya, bukan pada panggangan ya berrykitcheners
- Perhatikan apa yang akan kamu panggang
- Potong lemak yang tersisa di permukaan daging, karena lemak akan menyebabkan api tiba-tiba muncul yang disebabkan oleh terbakarnya lemak.
- Agar bumbu meresap, kamu harus membumbui daging setidaknya 1 jam sebelum memanggang.



​

Nah, kamu sudah dapat ilmu memanggang nih, jangan malu-maluin yaa kalau ada barbeque party. Kamu sudah tau semuanya, kamu bisa dianggap keren looh....hehe :)

Semoga tipsnya bermanfaat..

Salam, berrykitchen :)
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup