facebook

Tubuhmu Butuh Si Manis

Rabu, 19 October 2016 - 17:05:46 WIB
Diposting oleh : Berry
Tubuhmu Butuh Si Manis

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Tubuhmu Butuh Si Manis

Hai Berrykitcheners! Secara sadar maupun tidak, lidah kita kerap bersentuhan dengan rasa manis setiap hari. Kopi, teh, makanan, dan tentu camilan, semua bisa mengandung gula atau bahan lainnya yang terasa manis. Bagi kamu penggemar manis, hari tentu tidak lengkap bila lidahmu belum merasakan rasa yang satu ini. Kamu tentu setuju bila makanan manis ini bisa mengubah moodmu jadi lebih baik. Di samping rasanya yang nikmat, makanan manis juga ternyata baik bagi tubuh. Berikut uraiannya.

 

1. Pembuluh darah

 ijiojo

Untuk mengetahui beberapa manfaat gula, perlu untuk diketahui lebih dulu, bahwa gula yang masuk dalam tubuh kita dimetabolisme menjadi glukosa. Glukosa ini lah yang justru sangat dibutuhkan oleh beberapa organ tubuh kita. Salah satunya aliran darah. Kadar gula atau glukosa  di dalam darah haruslah seimbang. Keseimbangan kadar gula dalam darah ini tidak hanya berkaitan dengan sumber tenaga dalam tubuh, tapi juga berperan sebagai pengatur kadar hormonal. Kadar gula yang tidak bisa dikontrol biasa berkaitan dengan resiko gangguan diabetes. Namun sebaliknya, jika teralu rendah dapat mengakibatkan tubuh merasa lelah dan lemah, pusing, hingga penurunan mood yang drastis. 

 

 2. Otot

 yftfuuky

Glukosa tersimpan di otot dalam bentuk glikogen. Untuk kemudian dipecah kembali menjadi glukosa bila otot berkontraksi atau tubuh membutuhkan energi. Tubuh kita dapat menyimpan rata-rata 500 gram glikogen atau setara dengan 2.000 kalori dalam otot. Jangan salah, jika kamu kekurangan makan hanya dalam sehari, cadangan ini dapat menurun drastis lho. Selain membuat otot bekerja, glukosa juga membantu tubuh untuk menggunakan lemak secara lebih efisien.

 

3. Otak

 ugygyhje

Glukosa bersifat sebagai sumber  energi utama bagi yang membantu kerja otak dan sistem saraf. Kadar glukosa inilah  yang kemudian berpengaruh pada proses psikologis seseorang. Bila kadarnya rendah, maka beberapa hal yang membutuhkan upaya mental yang maksimal akan menjadi terganggu. Beberapa hal tersebut di antaranya, kontrol diri,  berpikir logis, dan bahkan ternyata memengaruhi kamu dalam  pengambilan keputusan lho. Jadi ada baiknya juga ya Berrykitcheners, mengonsumsi makanan manis sebelum pengambilan keputusan yang kamu lakukan.

 

Seperti koin yang memiliki dua sisi, makanan manis juga memiliki dampak negatif jika dikonsumsi berlebihan. Jadi, ada baiknya jika kamu menyeimbangkan pola makan dan camilanmu, Berrykitcheners. Semoga bermanfaat ya!

Kata Kunci: Tubuhmu Butuh Si Manis
Bagikan ke teman Kamu