facebook

Tradisi Tahun Baru di Dunia

Rabu, 30 December 2015 - 10:25:10 WIB
Diposting oleh : Berry
Tradisi Tahun Baru di Dunia

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Tradisi Tahun Baru di Dunia

Halo Berrykitcheners! Tidak terasa tahun 2015 sudah akan berakhir. Di sepanjang tahun 2015 sudah banyak hal-hal yang menjadi kenangan baik maupun buruk yang akan di ingat di tahun-tahun selanjutnya. Tahun baru sendiri menjadi ajang untuk bertemu dan berkumpul dengan orang-orang yang kita kasihi seperti keluarga. Banyak hidangan yang disajikan dalam menyambu tahun baru, dan banyak pula tradisi atau kebiasaan dalam menyambut tahun baru yang dilakukan orang-orang di seluruh dunia. Bahkan di antara tradisi maupun kebiasaan yang ada, beberapa di antaranya adalah tradisi atau kebiasaan yang bisa kita anggap unik.

Kami sudah rangkum beberapa tradisi atau kebiasaan unik dan aneh yang di lakukan negara-negara di seluruh dunia. Yuk, kita simak bersama-sama!


1. BELARUS

Di negara yang terletak pada Eropa Timur dan terkurung oleh daratan ini memiliki perayaan unik dalam menyambut tahun baru yaitu perayaan Kaliady. Dalam perayaan ini, wanita-wanita yang belum menikah memainkan sebuah permainan untuk memprediksi siapa yang akan menikah di tahun yang baru. Dalam permainan, setumpuk jagung akan diletakkan di sebelah setiap wanita, kemudian akan dilepaskan seekor ayam jantan. Tumpukan jagung yang pertama dimakan oleh ayam jantan tersebut menunjukkan wanita mana yang akan menikah lebih dahulu di tahun yang akan datang.

Ada juga permainan dimana wanita-wanita yang telah menikah menyembunyikan beberapa barang di rumahnya untuk dicari oleh teman-temannya yang belum menikah. Barang yang dicari dengan makna yang baik adalah roti dan cincin. Roti melambangkan suami kaya, cincin melambangkan suami tampan.

2. SPANYOL

Negara matador tersebut memiliki kebiasaan memakan 12 butir anggur secara cepat sebagai symbol keberuntungan dan kebahagiaan di tahun baru. Di kota-kota besar seperti Madrid, Barcelona, dan kota besar lainnya, para penduduk akan berkumpul di pusat kota dan duduk bersama-sama memakan anggur dan minum minuman anggur dari botol saat detik pergantian tahun.

3. YUNANI

Bagi warga Yunani, memotong roti tahun baru atau Vasilopita yang di dalamnya terdapat koin atau jimat, akan membawa nasib baik untuk keluarga. Roti tersebut akan dipotong-potong untuk dibagikan kepada anggota keluarga. Dan pada tanggal 1 Januari, paran warga akan menebar biji delima yang melambangkan kesuksesan kemakmuran.

4. BELGIA

Biasanya warga Belgia akan berpesta dari tengah malam sampai pada dini hari pada saat tahun baru. Namun ada juga tradisi yang disebut Niuwjaarrsdag, yaitu tradisi dimana anak-anak akan menulis surat untuk orang tua mereka dan membacanya di depan orang tuanya saat sedang berkumpul dengan keluarga.

5. FILIPINA

Di negara ini, tradisi perayaan tahun baru identik dengan bentuk bulat. Mulai dari makanan atau buah-buahan sampai motif pakaian. Menurut penduduk Filipina, bentuk bulat dapat membawa keberuntungan. Di meja makanpun akan tersedia buah berbentuk bulat pada saat makan malam sebagai simbol kesejahteraan untuk tahun yang akan datang.

6. ESTONIA

Ada tradisi unik dari negara yang berada di bagian utara Eropa ini. Yaitu, para pria makan tujuh kali pada hari pertama tahun baru. Warga Estonia percaya, dengan melakukan hal tersebut, pria akan mendapatkan kekuatan setara dengan tujuh orang lelaki selama tahun tersebut.

7. INDONESIA 

Nah yang terakhir, kita perhatikan yuk dari negara kita sendiri, Indonesia. Mungkin banyak dari kita tidak menyadari kebiasaan ini. Tapi sebagian besar warga Indonesia memiliki kebiasaan meniup terompet saat jam 12 malam tepat dan menyalakan kembang api bersama keluarga maupun bersama sahabat-sahabat yang kita kasihi ataupun sambil memanggang daging atau barbecue di depan maupun belakang rumah bersama.

Bagaimana? Banyak negara yang memiliki tradisi melakukan hal-hal yang seringkali dianggap mitos. Namun, bagaimanapun juga hal tersebut menjadi suatu kebiasaan yang sudah dilakukan secara turun-temurun dan menjadi kenangan-kenangan yang akan diingat pada tahun-tahun berikutnya.

Itu tadi tradisi tahun baru yang biasa dilakukan di mancanegara. Bagaimana dengan tahun barumu? Ada tradisi tersendirikah? Selamat menjelang tahun baru ya :)

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu