facebook

7 Tips Supaya Kamu Gak NGantuk Lagi Di Kantor

Selasa, 28 July 2015 - 06:00:00 WIB
Diposting oleh :
7 Tips Supaya Kamu Gak NGantuk Lagi Di Kantor

Berrykitchen.com > Tips > Tips > 7 Tips Supaya Kamu Gak NGantuk Lagi Di Kantor

Hai Berrykitcheners, Selepas Liburan, sudah pasti pekerjaan menumpuk dikantor. Terutama untuk kamu yang bekerja dengan sistem deadline entah sebagai sebagai akunting, atau bagian perpajakan sudah pasti pekerjaan yang menunggu untuk diselesaikan menumpuk dengan indahnya di meja kantor kamu. Nah dibutuhkan semangat khusus nih untuk menyelesaiakan semuanya.

Di sela-sela pekerjaan, pernah gak sih kamu merasakan kantuk yang amat sangat di jam kantor? Apalagi di jam-jam setelah makan siang dan menjelang jam pulang. Pastinya kamu sudah merasakan jenuh yang amat sangat ya berrykitcheners :)

Nah, kali ini, berry puya tips buat kamu yang kepingin mengusir kantuk dikala jam kantor. Yuk simak :)

1. Ngopi Yuk!

tips-usir-kantuk-dikantor

As We Know, kopi dengan kandungan kafein di dalamnya, memang dikenal sebagai minuman penambah energi, walaupun tidak dianjurkan untuk meminum lebih dari 2 gelas dalam satu hari, kopi terbukti menjadi minuman yang paling ampuh untuk menghilangkan kantuk yang menyerang di kala jam kantr lho. Dijelaskan di berbagai literatur bahwa kopi juga dapat mengganggu waktu tidur kamu. Ah tidak juga, selama kamu tau cara menyiasatinya. Kafein yang terkandung di dalam kopi, akan hilang dalam rentang waktu 3 hingga 7 jam di dalam tubuh kamu tergantung dari kadar kopi yang kamu konsumsi. Nah, jadi, kalo mau minum kopi, disesuaikan dengan jam tidur kamu ya :)

2. Kunyah Permen Karet

tips-usir-kantuk-dikantor

Nah, ini lumayan menyenangkan nih. Selain dipercaya menghilangkan kantuk, rasa-rasa yang terkandung di dalam permen karet ternyata juga mampu meningkatkan kepercayaan diri kita lho, pas banget untuk kamu yang akan menempuh ujian, atau tes lisan, atau memimpin rapat, atau presentasi, atau apapun. Selain itu, kunyahan permen karet juga dipercaya mampu menguji memori dan daya ingat jika dikunyah selama 15 hingga 20 menit lho. Namun, jangan dilakukan berlebihan ya, atau letak rahang kamu berubah, repot deh ^_^

3. Tak Ada Salahnya Minum Air Putih

tips-usir-kantuk-dikantor

Kamu bukan peminum kopi dan juga bukan pengunyah permen karet? Bisa juga dengan minum air putih segar selagi kamu ngantuk lho. Karena terkadang, kantuk, lelah, bad mood, dan sulit konsentrasi disebabkan oleh kurang terhidrasinya tubuh kita. So, minumlah segalas air putih dan selingi dengan gerakan ringan, niscaya akan sedikit mengurangi rasa kantuk kamu nih berrykitcheners. Dan jangan lupa juga anjuran untuk meminum air putih 8 gelas sehari ya. :)

4. Hindari Fast Food!

tips-usir-kantuk-dikantor

Ah siapa yang tidak suka kentang goreng atau ayam goreng tepung atau burger. Dalam arti singkat, makanan tersebut memang mengenyangkan lebih cepat. Tapi kamu tau gak sih, kalo makanan tersebut akan sangat cepat dicerna yang akan berujung kepada lonjakan gula darah dan merosotnya energi? Yuk mulai seimbangkan makanan kamu, seperti makanan yang mengandung vitamin, protein, ikan, telur, sayur, atau buah. Nah, ngemil buah nanas yang asam manis segar itu kayaknya bisa ya menghilangkan kantuk kamu berrykitcheners :)

5. Makan Dengan Porsi Kecil

tips-usir-kantuk-dikantor

Jangan makan berlebihan, yang akan berdampak pada hinggapnya rasa kantuk karena perut yang terlalu kenyang. Bawalah wadah yang berukuran kecil utnuk membatasi jumlah asupan makanan yang akan kamu konsumsi. Makanlah sedikit demi sedikit dan jangan sampai terlalu kekenyangan. Dijamin deh rasa kantuk enggan menghampiri kamu :)

6. Makan Siang Yang Bergizi

tips-usir-kantuk-dikantor

Nah ini yang perlu diperhatikan, bukan hanya cara menghilangkan rasa kantuknya, tapi kamu juga harus tau sumber rasa kantuk itu sendiri berrykitcheners. Kamu harus mengatur asupan dan gizi makan siang yang kamu konsumsi, selain porsi yang kecil, gizi yang seimbang juga dapat mengurangi rasa kantuk yang datang. Yuk mulai mengurangi asupan makanan yang di goreng. Dan mulailah mengkonsumsi makanan yang di kukus atau di rebus. Tapi jangan sampai melewatkan makan siang ini ya, dan pilihlah makanan yang membuat kamu kenyang lebihh lama sepertii protein dan karbohidrat kompleks. Mengkonsumsi salad, whole wheat bread, oatmeals sangat dianjurkan untuk makan siang kamu berrykitcheners :)

7. Tegur Teman Sebelah Kamu
Selain dari asupan makanan, berjalan-jalan sejenak dan mencari udara segar, memang sangat membantu untuk kamu menghilangkan rasa kantuk. Apalagi bila bertemu teman sekantor yang jenaka, dan tertawa akan otomatis menghilangkan rasa kantuk kamu :)

Naah, dijamin deh, kantuk gak akan menghampiri kamu pada saat jam kerja. kamu bisa bekerja lebih optimal dan pekerjaan pun lebih cepat selesai. Dan semua bahagia deh ^_^

Selamat mencoba ya berrykitcheners :)

Salam berrykitchen :)
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu