facebook

Tips Siapkan Mobil untuk Mudik

Kamis, 07 June 2018 - 01:44:00 WIB
Diposting oleh : Berry
Tips Siapkan Mobil untuk Mudik

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Tips Siapkan Mobil untuk Mudik

Mudik dengan mobil pribadi memiliki beberapa kelebihan dibanding bepergian jauh dengan alat transportasi umum. Salah satunya adalah lebih fleksibel dalam mengatur waktu dan tujuan perjalanan serta dapat digunakan untuk berkendara di kampung halaman. Karena itu, banyak orang memilih pulang kampung naik mobil pribadi, terutama untuk jarak yang tidak terlalu jauh.

 

Apakah kamu juga berencana mudik menggunakan mobil pribadi? Kalau iya, ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan dan kerjakan sebelum berangkat. Tujuannya agar kamu bisa menempuh perjalanan jauh dengan selamat dan nyaman.

 

Komponen Mobil yang Perlu Dicek

  • Kecukupan volume oli mesin, coolant, power steering, rem, dan transmisi serta air wiper dan radiator
  • Kecukupan tekanan angin dan kedalaman alur semua ban, termasuk ban serep
  • Fungsi rem, apakah normal dan tidak berbunyi aneh saat mengerem
  • Lampu depan, lampu rem, lampu hazard, dan lampu sen apakah menyala dengan baik
  • AC apakah cukup dingin
  • Kaki-kaki mobil apakah dalam kondisi baik

 

Ke Bengkel

Jika ada komponen yang bermasalah dan tidak bisa kamu betulkan sendiri, pergi ke bengkel jadi solusi. Selain itu, ada beberapa alasan kamu perlu ke bengkel sebelum mudik:

  1. Jika mobil sudah mendekati jadwal servis berikutnya. Karena itu, kamu perlu mengecek kilometer mobil serta kapan terakhir kali mobil diservis. Jangan ragu ke bengkel agar kondisi mobil prima sebelum dipakai mudik.
  2. Tune up untuk mengembalikan kerja mesin yang sudah kendur.
  3. Spooring untuk membetulkan handling kaki-kaki mobil.
  4. General check-up untuk mengecek kondisi mobil secara menyeluruh, terutama jika kamu malas, tak sempat, atau kurang paham tentang mesin mobil.

 

Barang yang Perlu Ada di Mobil

Agar perjalanan jauh dengan mobil terasa nyaman, pastikan kelengkapan berikut ada di dalam mobil:

  • Keperluan mobil: jumper cable, senter, perlengkapan untuk mengganti ban seperti ban serep, dongkrak, kunci-kunci, segitiga pengaman, dan sebagainya
  • P3K: kapas, plester, obat luka, obat pegal, obat sakit kepala, obat sakit perut, obat mabuk perjalanan, dan sebagainya.
  • Makanan dan minuman untuk bekal menghadapi kemacetan yang tidak terduga. Misalnya, Go Lite Savory and Cheesy yang bisa kamu jadikan camilan sehat.
  • Kartu uang elektronik. Pastikan saldonya cukup banyak karena sekarang hampir semua tol tidak menerima uang tunai.

 

Tips Nyaman Berkendara Jauh

  1. Bersihkan interior dan eksterior mobil. Interior untuk kenyamanan penumpang, sedangkan eksterior untuk menjaga bodi mobil tetap terawat. Pastikan kaca mobil depan tidak berjamur agar tidak menghalangi pandangan pengemudi.
  2. Sesuaikan jumlah penumpang dan bawaan dengan kapasitas mobil. Mobil yang diisi terlalu penuh akan berpengaruh pada kecepatannya. Selain itu, ruang yang sesak dapat membuat penumpang stres. Barang bawaan yang terlalu banyak hingga harus diikat di atap mobil juga bisa mempengaruhi keseimbangan mobil, berisiko terjatuh jika tidak diikat kuat, serta membuat mobil tidak bisa melewati palang rendah.
  3. Salah satu kekurangan membawa mobil sendiri saat mudik adalah capek dan tidak semudah beristirahat jika naik kendaraan umum. Karena itu, kamu perlu tidur cukup sebelum mengendarai mobil. Jangan paksakan terus menyetir jika merasa capek atau ngantuk di tengah perjalanan. Istirahatlah secara berkala sekadar untuk cuci muka, ke toilet, salat, tidur, atau makan dan minum. Hal ini juga berfungsi untuk mencegah stres.

 

Selamat pulang kampung dengan mobil pribadi, Berrykitcheners!

 

Foto: http://www.larousse.net

 

Kata Kunci: Tips Siapkan Mobil untuk Mudik
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup