facebook

Tips Penting Traveling

Jumat, 23 February 2018 - 11:54:57 WIB
Diposting oleh : Berry
Tips Penting Traveling

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Tips Penting Traveling

Hai Berrykitcheners! Kegiatan apa yang biasa kamu lakukan saat libur panjang? Well, travelling tentu bisa jadi salah satunya. Disamping memesan tiket, menyiapkan barang bawaan dalam koper kamu, kamu juga butuh sejumlah tips penting berikut. Simak yuk!

 

1. Sebelum pergi

dqe

 

Jauh hari sebelum keberangkatan, kamu bisa menentukan jadwal packing. Hindari packing di detik-detik terakhir agar tidak ada barang yang tertinggal. Buat daftar barang yang ingin dibawa, seperti baju, paspor, obat-obatan. Kamu pun bisa menyusun baju dengan cara digulung agar kopermu dapat memuat lebih banyak barang. Kamu juga wajib mengingat aturan zat cair 100 ml. Cek label kemasan peralatan mandi, krim wajah, dan lainnya agar volume-nya tidak melewati 100 ml. Untuk mengganjal rasa lapar yang bisa menyergap saat perjalanan, sebaiknya kamu menaruh camilan di bagian atas tas tenteng yang tidak masuk bagasi. Rencakan pula tempat mana saja yang akan kamu kunjungi bila sampai di tempat liburan kamu.

 

2. Hotel

sqwswq

 

Kasur di hotel memang terlihat begitu menggiurkan untuk melepas lelah yang menumpuk selama perjalanan, tapi bukan berarti kamu boleh langsung merebahkan diri. Sebelum merebahkan diri, kamu wajib memeriksa setiap sudut kamar hotel, mulai dari balik tirai, ranjang, dan semua fasilitas kamar hotel. Jika ada sesuatu yang mencurigakan atau tidak berfungsi, kamu bisa langsung meminta pihak hotel untuk memindahkan kamarmu. Walau kamar hotel jadi milikmu selama sejumlah hari ke depan, ada baiknya bila kamu tidak menggelar barang-barangmu di seantero kamar. Tentukan satu spot buat menggelar barang-barangmu untuk mencegah adanya barang yang tercecer dan ketinggalan saat pulang. Optimalkan pula sarapan yang disediakan oleh pihak hotel. Setiap hotel pun bisa memiliki waktu check out yang berbeda, tanyakan pada pihak hotel dan pastikan kamu tahu waktu check out yang ditetapkan oleh mereka.

 

3. Jalan-jalan

xasq

 

Taruh koper dan barang lainnya di hotel? Checked! Well, it’s time to starting your adventure! Mengunjungi tempat wisata memang menyenangkan, tapi kamu tetap harus waspada dengan potensi kejahatan di sekitar kamu. Selain harus membawa paspor dan ktp setiap berpergian, kamu juga harus menyimpan ponsel dan dompet di tas kamu. Saat berjalan-jalan, jangan lupa mencari patokan bangunan yang mudah dikenali dan sediakan aplikasi peta agar kamu tidak tersasar. Jika menyewa kendaraan, pastikan kamu mematuhi peraturan lalu lintas setempat. Jangan lupa untuk selalu menaga tata krama dengan warga setempat ya.

 

4. Kuliner dan belanja

 

sa

Jalan-jalan tentu belum lengkap tanpa membeli sesuatu, baik itu makanan hingga cindera mata. Eat like local. Yap. Satu kesan yang akan tertanam dalam benak usai travelling adalah makanan lokalnya. Dari pada makan di tempat penuh turis, kamu bisa makan di tempat warga lokal menikmati kulinernya. Selain cita rasanya lebih asli, kamu juga bisa lebih irit. Usai makan, waktunya berbelanja. Andalkan bahasa lokal untuk menawar harga. Cara ini efektif untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Nggak perlu kalap, sebelum menyerbu cindera mata, kamu bisa membuat daftar orang-orang yang akan kamu berikan oleh-oleh dan cindera mata apa yang tepat untuk mereka. Pahami dulu aturan setempat bila ingin berbelanja, karena tidak semua negara memfasilitasi pembeli dengan kardus dan kemasan yang kamu inginkan. Ingat pula kapasitas koper dan bagasimu.

 

5. Pulang

sqwsdq

 

Holiday is over. Jika berlibur di luar negeri, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menghabiskan semua uang koin yang tidak dapat ditukar di money changer, kecuali kamu berniat mengoleksinya. Euphoria liburan tentu bisa membuat kamu pulang larut malam setiap hari, maka di hari terakhir pastikan kamu pulang lebih awal. Sediakan waktu untuk packing barang-barang dan oleh-oleh  yang harus kamu bawa. Yap. Packing untuk pulang usai liburan memang bukan pekerjaan yang mudah. Buang semua bungkus kemasan yang tidak perlu, lipat dan gulung barang lalu selipkan di sela-sela koper. Setelah itu, siapkan tenaga untuk perjalan pulang yang panjang dengan tidur yang cukup di malam sebelumnya. Sediakan waktu  2-3 jam untuk meninggalkan hotel sebelum jadwal keberangkatan untuk mengantisipasi macet dan sejumlah kendala lainnya.

 

Di tengah kesibukan yang merundungmu setiap hari, liburan memang diperlukan untuk menyegarkan dan menenangkan pikiran. Contek tips di atas dalam melakukan kelima tahap travelling untuk liburan yang aman dan nyaman. Semoga bermanfaat ya, Berrykitcheners!

Kata Kunci: Tips Penting Traveling
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup