facebook

Tips Menggunakan Panci Presto, Yuk Gunakan Panci Bertekanan Demi Efisiensi Memasak :)

Kamis, 21 May 2015 - 17:00:00 WIB
Diposting oleh :
Tips Menggunakan Panci Presto, Yuk Gunakan Panci Bertekanan Demi Efisiensi Memasak :)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Tips Menggunakan Panci Presto, Yuk Gunakan Panci Bertekanan Demi Efisiensi Memasak :)

Hai Berrykitcheners :)

Bosen bahas resep terus, kali ini, berry akan ajak kamu lebih dekat mengenal peralatan dapur, terutama Panci Presto.

Sebagian besar kamu pasti tau apa itu panci presto, itu lho Pressing Cooker yang sebenarnya bisa digunakan untuk berbagai hidangan, namun lebih spesialnya untuk melunakkan bahan makanan keras, bahkan bisa melunakkan tulang ayam sekalipun. Wiih :)

Apa sih perbedaan dari panci biasa?

tips-pakai-panci-presto

Bedanya terletak pada tutup panci yang di desain ssedemikian rupa hingga dapat menutup dengan sangat rapat dan tidak memungkinkan uap yang dihasilkan saat memasak bocor. Sehingga suhu di dalam panci memungkinkan meningkat secara drastis. Selain dapat melunakkan bahan makanan keras dengan cepat, dengan suhu setinggi ini, dapat membunuh mikro organisme tidak berguna juga lho berrykitcheners :)

Dengan suhu sepanas, ini, kamu bisa mempersingkat memasak hingga 70% juga lho. Gak salah deh kalo ada yang bilang, memasak dengan panci presto lebih efisien dan sehat tentunya :)

Naah, untuk bentuk dan rupa, kemungkinan besar kamu sudah pasti mengetahuinya, tapi fungsi dan cara pakainya? Inilah yang akan berry bahas pada postingan kali ini :)

Baca terus yaa :)

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat menggunakan panci presto saat memasak makanan, diantaranya :

1. Pastikan panci bersih luar dalam dan tidak ada kotoran atau sisa masakan sebelumnya, karena ini akan mempengaruhi rasa yang akan dihasilkan oleh masakann kamu berrykitcheners. Dan pastikan, bibir panci tidak ada yang penyok, juga cincin seal harus dalam kedaan baik dan pas dengan tutup panci, karena ini mempengaruhi tekanan di dalam panci. Semakin rapat, maka akan semakin baik.

2. Pastikan panci terisi air. Jumlah minimum air untuk model jiggle top sekitar 1 gelas dan model katup sekitar 1/2 gelas, ini digunakan untuk waktu memasak 20 menit.

3. Jangan isi panci lebih dari 2/3 besar panci untuk menghindari uap yang berlebihan saat proses memasak, untuk masakan berbuih, usahakan pengisian maksimum setengah dari kapasitas panci.

4. Kecilkan api jika tekanan uap telah tercapai, biasanya ditandai dengan bunyi mendesis pada tutup panci.

5. Perhatikan waktu memasak dengan jenis masakan berdasarkan cooking time yang ditentukan, karena apabila kamu melampaui cooking time yang ditentukan, maka akan membuat masakan kamu over cooked, atau justru bisa menjadi terlalu lunak.

6. Jangan buka tutup panci sampai semua tekanan dari dalam panci dilepaskan. Ini berguna untuk menghindari dari hal yang tidak diinginkan. Cara terbaik adalah dengan melepaskannya secara alami, yaitu dengan mengangkat panci dari atas kompor, dan membiarkannya dingin terlebih dahulu.

tips-pakai-panci-presto

Naah, nambah lagi nih ilmu kamu berrykitcheners dalam hal perdapuran, sebagian memang takut untuk menggunakan panci bertekanan ini, karena tekanan yang dihasilkan dan juga suhu cukup tinggi yang dihasilkan dapat membahayakan. Tetapi, dengan Tips Menggunakan Panci Presto ini, sudah tidak ada lagi keraguan untuk menggunakannya ya berrykitcheners. :)

Salam Berryktichen :)

Sumber : NOVA
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu