facebook

Tips Memilih Sayuran

Rabu, 10 May 2017 - 17:37:52 WIB
Diposting oleh : Berry
Tips Memilih Sayuran

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Tips Memilih Sayuran

Hai Berrykitcheners! Sebagai makhluk hidup, setujukah kamu bila manusia membutuhkan raga yang sehat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari? Yap, untuk itu kamu perlu menyeimbangkan seluruh kebutuhan nutrisimu dengan rajin mengonsumsi sayuran dan buah. Bagaimana cara memilih sayuran dan buah yang masih segar dan baik untuk dikonsumsi? Simak tipsnya yuk!

 

1. Sayuran - daun

dw

 

Sayuran jenis ini sering kali menghiasi piring saji kita, terbagi atas daun berwarna hijau gelap seperti sawi, bayam, daun singkong hingga berwana hijau muda keputihan seperti daun selada. Daun hijau yang baik memiliki warna hijau dan belum menguning karena layu. Sementara sayuran berwarna putih berwarna putih segar tidak menguning atau kecokelatan. Sayur yang segar pun memiliki tampilan tulang daun yang masih jelas, dan batang daun mudah dipatahkan. Menemukan daun berlubang? Eits, kamu nggak perlu khawatir Berrykitcheners. Walau terlihat kurang menarik, namun sayur berlubang akibat dimakan ulat menandakan bahwa sayuran tersebut tidak menggunakan pestisida.

 

2. Sayuran - buah

dew

 

Sayuran – buah? Nggak perlu bingung, Berrykitcheners. Ini digolongkan untuk sayuran berbentuk seperti buah atau memiliki variasi warna dan bentuk menarik seperti terong, tomat, ketimun, dll. Kamu bisa melakukan obervasi singkat bila membelinya, pilih sayuran jenis ini yang masih utuh, tidak pecah, memar, atau tergores, masih keras, tidak berair atau lunak ketika ditekan. Untuk terong dan labu, kamu bisa memilih yang tidak keriput dan layu. Sementara untuk cabai atau tomat, pilih yang sudah masak atau tua.

 

3. Umbi-umbian

w3

 

Sayur ini biasa digolongkan untuk sayuran yang tumbuh di dalam tanah. Kamu tentu cukup akrab atau bahkan cukup sering menyantapnya, seperti wortel, kentang, atau singkong. Hal-hal yang perlu kamu cermati bila ingin membeli sayuran ini di swalayan maupun pasar terdekat ialah, pilih umbi yang tidak berlubang, tidak keriput, dan tidak berair atau lunak. Untuk kentang kamu bisa memilih yang tidak berlekuk atau masih mulus. Sementara bawang, kamu harus memilih yang kering tapi tidak keriput dan tidak lembek.

 

4. Kacang-kacangan

we

 

Wah, siapa yang tidak mengetahui sayuran satu ini? Selain segar, sensasi renyah yang ditimbulkan di dalam mulut pun selalu mampu membuat gigi menggerus sayuran ini dengan nikmat. Contoh sayuran ini ialah kacang polong, buncis dan kacang panjang. Kacang polong yang baik biasa berwarna hijau tua. Sementara jenis kacang-kacangan seperti buncis dan kacang panjang yang baik biasa tidak berlubang atau berbintik di bagian batangnya. Mudah dipatahkan, tidak berlendir, tidak keriput, dan memiliki batas antar biji yang polos, tidak terlihat terlalu jelas.

 

Sebagai salah satu bahan makanan, sayuran memiliki kandungan vitamin dan mineral tinggi yang dibutuhkan oleh tubuhmu. Mulai belajar memilih sayuran sendiri? Mengapa tidak? Lakukan observasi kecil di atas, aktivitas belanja maupun menyantap sayur akan jadi terasa lebih ringan dan menarik. Semoga bermanfaat ya, Berrykitcheners!

Kata Kunci: Tips Memilih Sayuran
Bagikan ke teman Kamu