facebook

Tips Memilih Restoran Bukber

Rabu, 30 May 2018 - 09:28:59 WIB
Diposting oleh : Berry
Tips Memilih Restoran Bukber

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Tips Memilih Restoran Bukber

Buka puasa bersama (bukber) biasanya diadakan pada pertengahan sampai akhir bulan puasa seperti sekarang. Acara tersebut jamak digelar di restoran dengan pertimbangan lokasi yang strategis serta tak perlu repot menyiapkan hidangan seperti di rumah.

 

Kalau kamu berinisiatif atau ditunjuk menjadi koordinator acara bukber, kamu biasanya mendapat mandat untuk menentukan restoran tempat bukber. Berrykitchen punya panduan agar kamu memilih tempat yang tepat untuk buka puasa bersama teman-teman. Baca, yuk!

 

Lokasi

Pemilihan lokasi restoran penting agar para undangan bisa sampai tepat waktu. Lokasi restoran sebaiknya terjangkau oleh semua – atau minimal sebagian besar – peserta bukber. Misalnya kamu mengadakan bukber dengan teman-teman SMA, mungkin kamu bisa memesan restoran di dekat sekolahmu dulu agar teman-temanmu familiar dengan lokasinya dan meminimalisasi risiko tersasar.

 

Memilih restoran yang berlokasi di mal strategis memang menjadi solusi paling mudah. Namun, kamu harus mempertimbangkan kemacetan di sekitar lokasi karena ramainya orang yang ingin berkunjung ke mal, terutama di jam-jam menjelang berbuka puasa. Belum lagi masalah parkir yang padat. Jangan sampai kamu sudah sampai mal dari tadi tapi terpaksa berbuka puasa di mobil karena harus berputar-putar mencari tempat parkir kosong.

 

Untuk menghindari masalah tersebut, kamu bisa memilih restoran yang tidak berada di mal. Atau, kalau harus di mal, ajak teman-temanmu datang dari siang agar tidak terkena macet dan parkir penuh. Kalian bisa berputar-putar mal dulu untuk window shopping sembari menunggu magrib.

 

Reservasi

Restoran biasanya penuh pada jam buka puasa. Karena itu, reservasi pada beberapa hari sebelum hari H penting dilakukan kalau kamu akan mengadakan bukber. Ada beberapa sistem reservasi restoran yang biasanya berlaku di bulan puasa.

 

Sistem pertama, kamu cukup menelepon atau book langsung di restorannya dengan menyebutkan jam kedatangan, jumlah orang, namamu, dan nomor teleponmu. Ini sistem booking yang paling effortless untukmu, meski tak banyak restoran yang seperti ini di bulan puasa. Pastikan kamu datang tepat waktu, ya.

 

Sistem kedua, kamu bisa reservasi asalkan kamu membayar uang muka atau memesan hidangan dengan total harga minimal yang ditentukan oleh restoran. Kalau ada cukup waktu, kamu bisa memfotokan menu dan mengirimkannya ke teman-temanmu agar mereka bisa pesan makanan dan minuman serta mentransfer uang duluan untuk booking. Kelebihan sistem ini adalah bisa membuat hidangan sudah siap di meja sebelum magrib dan membuat pembayaran di hari H jadi lebih mudah.

 

Ketiga, restoran yang tidak melayani booking untuk jam buka puasa karena ramai pelanggan. Jadi, harus ada setidaknya satu orang yang berkorban datang 1-2 jam lebih awal untuk memesan tempat. Ini sistem yang paling banyak dipakai di bulan puasa, terutama di restoran mal.

 

Jadi, pastikan kamu menanyakan dulu ke restoran yang kamu minati perihal sistem reservasinya, ya.

 

Tempat Salat

Karena waktu salat magrib relatif singkat, kamu perlu memastikan restoran yang kamu pilih memiliki tempat salat yang memadai. Cek apakah musalanya luas untuk menghindari antrean panjang, atau apakah ada masjid di dekat restoran tersebut.

 

Musala dipastikan ada kalau restoran yang kamu pilih berada di dalam mal. Namun, biasanya sangat ramai. Ingatkan teman-teman perempuanmu untuk membawa mukena sendiri, ya, agar tidak perlu lama menunggu giliran pakai mukena musala.

 

Sistem Pembayaran di Muka

Kalau kamu bukber bersama teman-teman dekat saja, biasanya pembayaran makanan dan minuman yang dipesan tidak menjadi masalah. Kamu bisa menalangi dulu, lalu teman-temanmu membayar kemudian.

 

Namun, kalau jumlah orang yang diundang bukber banyak dan tidak semuanya akrab, akan lebih mudah kalau kamu memilih restoran dengan sistem pembayaran di muka seperti restoran cepat saji atau food court. Jadi, kamu harus membayar dulu saat memesan, baru makanan akan diantar. Hal ini untuk mencegah salah perhitungan atau kamu harus menomboki jumlah pesanan yang tidak sedikit.

 

Kalau kamu masih bingung memilih restoran untuk bukber, ajak teman-teman berbuka puasa di rumahmu saja. Tak perlu repot memikirkan hidangannya karena kamu bisa memesan nasi liwet di Berrykitchen yang bisa dinikmati hingga 10 orang. Tinggal pesan, nasi beserta lauknya siap diantarkan ke alamatmu!

 

Foto: http://halallivingthailand.com

 

Kata Kunci: Tips Memilih Restoran Bukber
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup