facebook

Summary Q&A Tips Makan Sehat Untuk Workaholic

Senin, 21 December 2015 - 03:50:21 WIB
Diposting oleh : Berry
Summary Q&A Tips Makan Sehat Untuk Workaholic

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Summary Q&A Tips Makan Sehat Untuk Workaholic

Hallo berrykitcheners! Belum sempat ikutan ask nutritionist hari kamis kemarin saat membahas "Tips Makan Sehat untuk Workaholic"? Kamu gak perlu khawatir karena kami menyaring seluruh pertanyaan dan merangkumnya di dalam blog ini. Yuk kita simak!

Q: Saya dengar paling adalah makan sesering mungkin dalam jumlah yang kecil. Masalahnya kantor saya tidak memungkinkan untuk mengemil selagi di depan meja kerja dan selama ini saya harus meninggalkan ruang kerja untuk curi2 ngemil. Bagaimana cara menyiasati kondisi kantor yang tidak leluasa untuk ngemil selagi kerja?

A: Maksud slogan makan sesering mungkin dalam jumlah yang kecil adalah pemorsian makan, bukan untuk jam makan/ jam ngemil. Porsi kecil tapi sering. Porsi Kecil Tapi Sering (PKTS) adalah pola makan yang digunakan untuk mereka yang memiliki gangguan pola makan seperti sakit maag, penyakit Diabetes Melitus, atau orang yang tidak dapat menelan makan seperti Ibu Hamil dalam morning sickness. Jadi PKTS maksudnya bukan untuk ngemil melainkan pola makan yang digunakan untuk orang - orang dalam keadaan tertentu.

Q: Saya ingin tau cemilan apa yang baik untuk diet dan kesehatan, di tempat kerja? Saya pernah berusaha ngemil buah tapi tidak bikin kenyang, jadinya bingung.

A: Buah tidak dapat memberikan rasa kenyang dengan cepat dibandingkan dengan makanan gorengan (namun saya tidak menyarankan makan gorengan), karena kalorinya lebih kecil dari bahan makanan sumber karbohidrat dan protein. Namun buah mengandung banyak vitamin dan serat, sifat serat akan mengembang apabila kena air, oleh karena itu, selain makan buah Anda juga harus cukup cairan. Cara mensiasatinya adalah pilih buah yang mengandung kalori tinggi seperti pisang, atau kombinasikan makan buah dengan 3 macam misal apel, jeruk dan semangka. Anda juga dapat mengganti asupan buah dalam bentuk jus namun perhatikan gula nya. Selain itu snack dari kacang - kacangan juga bisa menjadi pilihan apabila Anda sibuk dikantor, Anda dapat memilih kacang mete, kacang tanah yang disangrai, bubur/ sari kacang hijau dapat menjadi cemilan sehat Anda. 

Q: Saya tidak terbiasa makan dengan pola yang teratur, belakangan ini saya mengalami gangguan pada perut (kembung). Sudah mencoba konsumsi obat ganggguan lambung dan sudah ke dua dokter  berbeda namun gangguan masih terasa. Apakah makanan yang harus saya hindari dan apakah pola makan yang harus saya gunakan?

A: Untuk keluhan perut kembung Anda, itu dapat terjadi dari gangguan pola makan yang tidak teratur, dari tidak cukup sarapan, telat makan, makan dengan terburu - buru. Hal ini sering terjadi untuk orang dengan intensitas aktivitas yang tinggi seperti orang workholic. Berkaitan dengan pola makan sehat dan tepat bagi orang workholic tentunya harus dari merubah pola hidup dan perilaku untuk berubah menjadi lebih baik dan bonusnya adalah tercapainya derajat kesehatan yang prima. Hal itu bisa dilakukan dengan cara :

1. Utamakan Sarapan. Banyak penelitian dari dalam maupun luar negeri, makanan yang didapat dari sarapan akan diserap menjadi energi sebanyak 30% yang lebih besar dibandingkan dengan makan siang dan malam. Hal ini membuktikan bahwa sarapan itu penting untuk memulai hari. Apalagi untuk orang - orang yang bekerja dengan ekstra. Sarapan yang tepat akan memberikan cadangan energi sampai siang hari. Pilihlah sarapan yang sehat dan seimbang untuk memulai hari Anda.

2. Utamakan ada buah dan sayur dalam menu makanan Anda. Buah dan sayur adalah sumber vitamin dan mineral yang bisa didapatkan secara alami (bukan suplemen). Vitamin dan mineral berfungsi untuk keseimbangan organ tubuh dan menjaga performance Anda agar tidak mudah lelah dan sakit. Vitamin yang dibutuhkan adalah vitamin A, B kompleks dan C. Semuanya bisa didapatkan dari asupan sayur dan buah. Buah dapat dikonsumsi sebagai salah satu komponen makanan utama Anda atau sebagai cemilan.

3. Batasi konsumsi gula, Anda penyuka minum kopi sebagai dopping apabila lelah? Itu masih sah - sah saja, yang tidak sah adalah apabila kopi yang Anda minum mengandung gula, apalagi jika Anda meminum kopi lebih dari 2 gelas sehari.  Jika Anda masih ingin menikmati kopi, pilihlah kopi yang rendah gula (less sugar), begitupun dengan jenis minuman manis lainnya. Hindari minuman manis dalam kemasan. Terlalu banyak mengkonsumsi gula akan menyumbang penyakit gula dikemudian hari.

4. Batasi konsumsi minyak. Hindari lauk yang terlalu banyak digoreng, atau cemilan yang digoreng, gorengan. Makan makanan yang mengandung minyak memang lebih mengenyangkan namun efeknya berbahaya, selain berat badan akan cepat naik mengkonsumsi banyak gorengan juga akan mengundang penyakit hipertensi, jantung koroner dikemudian hari. Makanan yang banyak minyak dan digoreng juga biasanya ditemukan pada makanan cepat saji (fastfood). 

5. Selalu minum air putih, atau pilih infused water. Banyak minum air putih akan menghindari Anda dari dehidrasi, selain itu organ tubuh juga akan terpelihara, karena tubuh manusia terdiri dari air sebanyak 60%. Infused water dapat menjadi pilihan untuk mencukupi kebutuhan cairan, selain itu, infused water juga bermanfaat sebagai antioksidan dan detoks tubuh dari buah yang digunakan.

Q: Mohon informasi menu harian untuk saya yg workaholic.

A: Karena biasanya workholic selalu mengutamakan waktu maka menu yang dibawah ini adalah menu yang praktis sehingga tidak perlu membutuhkan banyak waktu untuk mempersiapkannya :

Pagi :

Sandwich roti gandum isi scramble egg

Roti gandum 2 lembar

Telur rebus (telur rebus dicincang, dicampur dgn olive oil, bawang Bombay, garam secukupnya)

Daun selada

Tomat iris

Buah Apel

Snack Pagi : pir & sunkist potong

Siang (makan dikantor) :

Nasi putih 100 gr

Soto Ayam (Komposisi banyak sayuran toge, kol dan tomat dbandingkan soun)

Perkedel tempe

Pepaya potong 

Snack Sore : Green Juice (Brokoli, kiwi, seledri, apel malang), Biskuit oat

Malam :

Nasi putih 100 gr

Semur Daging

Pepes Tahu

Bening bayam jagung

Melon potong

Cukupkan dengan air putih minimal 2 L atau 8 gelas sehari. 


Bagaimana? Yuk lebih berhati-hati terhadap apa yang kita makan. Bekerja memang penting tapi kesehatan kitalah yang terutama. Semoga bisa membantu ya!

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup