facebook

Tips Makan Hemat saat Travelling

Sabtu, 08 December 2018 - 21:53:10 WIB
Diposting oleh : Berry
Tips Makan Hemat saat Travelling

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Tips Makan Hemat saat Travelling

Travelling bukan cuma soal transportasi dan akomodasi, tapi juga soal mengisi perut. Wisata kuliner memang asyik karena kita bisa mengeksplorasi kuliner lokal dan unik. Tapi, makan di luar tiga kali sehari bisa bikin kantong bolong juga, lo.

 

Anggaran makan saat travelling bisa memakan porsi lumayan besar kalau kamu tidak menerapkan cara berhemat. Coba tips ini, deh:

 

Berapa Kali Makan di Luar Saat Travelling?

Kalau kamu sedang berhemat, tak perlu makan tiga kali sehari di restoran. Kamu bisa makan di luar 1-2 kali sehari saja, sisanya kamu bisa menyiapkan makanan sendiri. Terutama saat sarapan, karena biasanya makanan simpel seperti roti atau makanan dan minuman seduh sudah cukup.

 

Pilih Hotel yang Menyediakan Sarapan Gratis

Dengan demikian, kamu sudah terbebas dari satu kali biaya makan dalam sehari. Apalagi kalau sarapan yang disediakan prasmanan. Jangan malu-malu, makanlah sampai kenyang! Bahkan, kamu juga bisa mengambil apel atau kue untuk disimpan sebagai camilan saat jalan-jalan nanti.

 

Pilih Tempat Menginap yang Memiliki Dapur

Pilih kamar yang menyediakan minimal kulkas mini dan teko listrik. Lebih bagus lagi jika ada microwave. Jika kamu tinggal di suatu penginapan lebih dari dua hari, kamu bisa mempertimbangkan memilih hotel yang memiliki dapur (sekaligus perlengkapannya).

 

Kalau kamarmu memiliki kulkas, microwave, atau dapur, kamu bisa membawa sisa makanan saat bersantap di luar untuk disimpan dan dihangatkan saat akan dimakan kembali. Jadi, kamu bisa menghemat anggaran untuk satu kali makan dalam sehari.

 

Bawa Botol Minum

Menggunakan air minum dalam kemasan terus-menerus tidak ramah lingkungan karena sampah botolnya akan menumpuk. Selain itu, karena kita perlu banyak minum dalam sehari, pengeluaran untuk minuman akan membengkak jika kita selalu beli.

 

Sebaiknya bawa botol minum dan isi dengan air putih. Kalau bosan dengan air putih, kamu bisa membawa minuman bubuk dalam sachet untuk menghindari jajan minuman. Kalaupun kamu harus membeli minuman kemasan, belilah di minimarket atau supermarket karena harganya lebih murah daripada di restoran atau di pinggir jalan.

 

Menanyakan Rekomendasi Tempat Makan ke Orang yang Tepat

Kalau kamu tinggal di hotel, tanyakan rekomendasi tempat makan ke staf biasa, bukan concierge atau resepsionis. Sebab, biasanya concierge merekomendasikan tempat makan mahal yang biasa dikunjungi turis, sedangkan staf biasa cenderung menyarankan tempat makan yang sering mereka datangi.

 

Manfaatkan Situs Deals

Kalau ingin makan di restoran saat travelling, coba kunjungi situs deals dan masukkan lokasi wisatamu. Nanti akan keluar restoran mana saja di daerah tersebut yang memberikan promo menarik. Kamu bisa mendapat potongan harga dengan memesan dulu secara online, lalu tinggal tunjukkan bukti bayarnya saat tiba di restoran.

 

Mampir ke Toko Mendekati Jam Tutup

Beberapa toko roti, sushi, bahkan pizza mendiskon makanan dan minuman hingga 50% menjelang waktu tutupnya. Mereka melakukan hal ini agar dagangan yang belum terjual tidak terbuang sia-sia. Kamu bisa memanfaatkan ini untuk menu sarapanmu esok hari!

 

Supermarket sebagai Alternatif Restoran

Supermarket seringkali menyediakan berbagai makanan jadi. Kamu bisa menjadikannya alternatif restoran. Selain lebih praktis, makanan jadi di supermarket juga seringkali lebih murah dan lebih bervariasi.

 

Berburu Kuliner di Pasar

Pasar tradisional bisa jadi tempat tujuan menarik bagi pencinta kuliner. Di sini, kamu tak hanya bisa menemui bahan-bahan makanan lokal yang unik, tapi juga makanan-makanan khas yang harganya terjangkau dan rasanya lezat.

 

Jajan

Street food atau makanan pinggir jalan tak hanya murah, tapi juga variatif dan seringkali mencerminkan makanan asli setempat. Bagaimanapun juga, jika tak hati-hati memilih jajanan, kamu bisa mengalami keracunan makanan yang dapat merusak liburan.

 

Agar aman, pilih jajanan yang disajikan panas. Lihat juga apakah tempat berjualannya bersih dan banyak pelanggan. Sebab, semakin sedikit pelanggan, semakin lama makanan tersebut disimpan sebelum disajikan alias kurang segar.

 

Jangan Lupa Ngemil

Saat travelling, kamu mungkin bisa sedikit longgar soal diet dan membawa camilan. Ngemil penting terutama saat kamu sedang sering bepergian, karena kamu jadi cenderung melewatkan makan berat. Lagipula, ngemil bisa membantu menahan lapar namun lebih hemat dibanding makan berat. Granola bisa jadi pilihan camilan sehat saat jalan-jalan.

 

Dengan mempraktikkan tips di atas, kamu bisa makan dengan layak saat travelling tanpa harus menguras kantong. Selamat mencoba!

 

Foto: Insider

 

Kata Kunci: Tips Makan Hemat saat Travelling
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup