facebook

Tips Lolos Tes CPNS

Rabu, 17 October 2018 - 22:58:56 WIB
Diposting oleh : Berry
Tips Lolos Tes CPNS

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Tips Lolos Tes CPNS

Pendaftaran tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sudah ditutup. Sebentar lagi, Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan mengumumkan nama-nama yang lolos pendaftaran untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Wah, ini yang bikin deg-degan para calon abdi negara!

 

Bagaimana tidak? Jutaan orang memperebutkan ratusan ribu posisi yang terbuka, menandakan akan ada 95% peserta yang tidak bisa mewujudkan mimpinya menjadi aparatur sipil negara. Tentu, kamu tidak mau jadi bagian mayoritas tersebut, kan? Karena itu, persiapan yang matang dan latihan soal secara tekun sangat menentukan kelolosanmu.

 

Sambil menunggu pengumuman SKD, baca dulu tips sukses lolos tes CPNS yang sudah dirangkum Berrykitchen dari berbagai sumber ini:

 

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), bobot 40%

Tes Intelegensi Umum (TIU)

Jumlah soal: 30

Passing grade: 80

Materi: kemampuan verbal, numerik, figural, berpikir logis, berpikir analitis

Tips: Jawab pertanyaan yang menurut kamu gampang dulu. Kalau kamu lemah di kemampuan numerik, kamu bisa mendahulukan pertanyaan tentang kemampuan verbal atau figural, misalnya.

Penilaian: jawaban benar skor 5, jawaban salah skor 0

 

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Jumlah soal: 35

Passing grade: 75

Materi: nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, Bahasa Indonesia, Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI

Tips: Sebagai calon abdi negara, kamu perlu menguasai tes ini dengan belajar secara maksimal. Jangan mentang-mentang terkesan seperti pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang sarat muatan budi pekerti, lantas kamu memilih jawaban paling bagus dan paling panjang dari daftar jawaban. Kebanyakan orang tidak lolos SKD karena gagal di TWK, lo, Berrykitcheners.

Penilaian: jawaban benar skor 5, jawaban salah skor 0

 

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Jumlah soal: 35

Passing grade: 143

Materi: integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi, mengendalikan diri, bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, bekerja sama dalam kelompok, serta kemampuan menggerakkan dan mengoordinir orang lain

Tips: Kali ini kamu boleh memilih jawaban yang paling bagus di antara yang lain, tapi tetap harus jujur untuk mencerminkan siapa dirimu. Soal yang keluar kurang lebih mirip dari tahun ke tahun, jadi kamu bisa memelajari soal-soal tes CPNS sebelumnya. Karena tidak ada nilai nol, jangan lupa jawab semua soal, ya, Berrykitcheners.

Penilaian: terbesar 5, tidak ada nilai 0

 

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), bobot 60%

Kamu mendaftar posisi kementerian dan lolos passing grade untuk semua tes SKD? Selamat! Tapi jangan berbangga hati dulu. Sebab, belum tentu kamu bisa mengikuti SKB. Apa sebab?

 

Passing grade adalah nilai minimal untuk masuk ke tahap selanjutnya, yakni SKB. Namun, tidak semua peserta yang lolos passing grade ‘diundang’ untuk mengikuti SKB karena tergantung jumlah orang yang dibutuhkan di masing-masing jabatan.

 

Jumlah peserta yang dapat mengikuti SKB paling banyak tiga kali jumlah kebutuhan dan diambil berdasarkan peringkat nilai SKD. Misalnya, untuk jabatan A ada 315 orang yang lolos passing grade, sedangkan yang dibutuhkan hanya 5 posisi. Berarti, maksimal 15 orang dengan nilai tertinggi yang akan diminta mengikuti tes SKB, sedangkan 300 orang sisanya gugur.

 

Soal-soal yang keluar saat SKB adalah seputar posisi yang kamu ambil. Kalau kamu memang memilih posisi yang sesuai dengan minat atau jurusan kuliahmu, kamu akan lebih mudah menjawabnya karena kamu sudah memelajarinya sejak lama.

 

Hal yang Harus Dipersiapkan Menjelang Tes

  • Survei lokasi tes agar tidak tersasar dan tahu harus naik kendaraan apa
  • Jangan begadang
  • Tidak perlu belajar serius beberapa jam sebelum tes agar tidak stres
  • Persiapkan barang yang harus dipakai dan dibawa saat tes: kemeja putih polos, bawahan hitam polos, sepatu pantofel hitam, jilbab hitam polos jika memakai kerudung, serta KTP dan dokumen lain yang dibutuhkan
  • Sarapan sebelum berangkat. Kalau kopi bisa mengusir kantuk dan membantumu lebih fokus, minumlah.
  • Tiba di lokasi tes sebelum waktu yang ditentukan. Sebab, sampai mepet waktu atau bahkan telat bisa membuatmu panik dan kekurangan waktu mengerjakan soal
  • Jangan lupa berdoa!

 

Semoga kamu bisa mengerjakan tes dengan lancar dan diterima di posisi yang diinginkan, ya!

 

Foto: https://services.lampungpro.id

 

Kata Kunci: Tips Lolos Tes CPNS
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup