facebook

Tips Jadi Tuan Rumah Bukber

Rabu, 30 May 2018 - 09:30:26 WIB
Diposting oleh : Berry
Tips Jadi Tuan Rumah Bukber

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Tips Jadi Tuan Rumah Bukber

Berbuka puasa bersama atau biasa disebut bukber tak harus dilakukan di restoran, kok. Kamu juga bisa mengadakannya di rumahmu atau rumah salah satu teman. Malah, berbuka puasa bersama di rumah terasa lebih akrab dan bebas karena bisa berlama-lama.

 

Kamu terpilih sebagai tuan rumah untuk bukber tahun ini? Tak perlu panik. Kamu bisa membuat acara bukber berjalan lancar dengan persiapan yang baik. Apa saja yang perlu kamu siapkan?

 

Tempat

Siapkan satu ruangan utama untuk berkumpul, biasanya di ruang tamu atau ruang tengah. Pinggirkan tempat duduk dan meja, lalu gelarlah karpet atau tikar di situ. Duduk lesehan dapat memuat lebih banyak orang dan lebih fleksibel dibandingkan di kursi. Namun, kalau ada lansia dalam daftar tamumu, pastikan kamu menyediakan tempat duduk, ya.

 

Tak hanya itu. Pikirkan juga di mana kamu akan menaruh makanan dan minuman, apakah di meja atau di tikar lesehan.

 

Selain di ruang kumpul utama, para tamu biasanya bergerak cair ke teras untuk mencari udara segar atau ke ruangan di sekitarnya. Kamar kecil juga akan didatangi para tamu. Pastikan kamu juga sudah merapikan ruangan-ruangan tersebut.

 

Kamu bisa sedikit menghias rumah jika mau, tapi tidak harus, kok. Yang penting rumahmu rapi, bersih, dan fungsional.

 

Tempat Salat

Karena acara bukber berlangsung saat azan magrib, kamu perlu menyediakan tempat untuk salat. Jika rumahmu dekat dengan masjid atau musala, kamu  bisa mengarahkan para tamu pria untuk salat di sana sedangkan tamu wanita di rumah. Siapkan beberapa sajadah yang sudah dipasang ke arah kiblat, mukena, serta sarung.

 

Kamar mandimu akan dijadikan tempat wudu. Sebaiknya, siapkan alternatif tempat berwudu agar tidak terjadi antrean.

 

Parkir

Para tamu akan datang membawa kendaraan. Pastikan kamu sudah menyediakan tempat parkir. Mungkin kamu perlu menginfokan tetangga, pak RT, atau petugas keamanan setempat agar mereka tidak merasa terganggu dengan banyaknya kendaraan yang parkir di sekitar rumah mereka.

 

Makanan dan minuman

Inilah bintang utama acara bukber. Kamu perlu menyediakan kudapan untuk membatalkan puasa serta makanan berat untuk makan malam.

 

Hidangan kecil untuk membatalkan puasa bisa berupa kurma dan makanan manis seperti kue, kolak, dan semacamnya. Sediakan juga camilan asin sebagai variasi. Gorengan biasanya menjadi favorit semua orang.

 

Untuk makanan berat, sebaiknya sediakan minimal satu hidangan berkuah hangat. Makanan ini akan terasa nyaman di perut setelah seharian berpuasa. Sebisa mungkin sajikan makanan yang lengkap gizinya, ya, yakni hidangan sumber karbohidrat, sajian sumber protein hewani, masakan sumber protein nabati, serta sayur dan buah.

 

Jangan lupa sediakan banyak air minum berupa air mineral kemasan agar praktis. Selain itu, minuman yang dingin dan menyegarkan seperti es buah atau sirop pasti banyak diminati.

 

Oh, iya, sediakan perlengkapan pendukung seperti tisu serta peralatan makan yang dibutuhkan sesuai hidangan, ya. Misalnya, apakah kamu memerlukan piring dan sendok kecil untuk kue, gelas dan sendok plastik untuk es buah, dan sebagainya.

 

Siapkan plastik bungkus dan tempat sampah

Setelah acara makan-makan selesai, biasanya akan ada kelebihan makanan dan minuman. Siapkan plastik untuk membungkus sisa makanan dan minuman tersebut untuk dibawa pulang para tamu. Daripada mubazir, kan? Kamu juga bisa menyisakan beberapa hidangan untuk dibagikan ke tetangga.

 

Jangan lupa sediakan tempat sampah yang agak besar – misalnya plastik kresek atau dus bekas – di sekitar tempat berkumpul agar tamu mudah membuang sampah. Hal ini bisa memudahkanmu beres-beres setelah acara selesai.

 

Semoga tips di atas dapat membantu acara bukber di rumahmu berjalan dengan lancar, ya, Berrykitcheners!

 

Foto: Shutterstock

 

Kata Kunci: Tips Jadi Tuan Rumah Bukber
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup