facebook

Tips Hemat di Bulan Puasa

Rabu, 09 May 2018 - 14:40:23 WIB
Diposting oleh : Berry
Tips Hemat di Bulan Puasa

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Tips Hemat di Bulan Puasa

Bulan puasa seharusnya membuat kita lebih hemat. Sebab, makan yang biasanya tiga kali sehari jadi dua kali sehari. Tapi, faktanya, seringkali kita jadi lebih boros saat bulan puasa. Selain karena harga-harga bahan makanan naik, gaya hidup kita justru jadi lebih konsumtif.

 

Saat berbuka yang seharusnya kita makan secukupnya, seringkali kita justru ‘balas dendam’ dengan memakan apa saja yang tersedia. Es teh manis, gorengan, kolak, es buah, nasi dan lauk pauknya, martabak, semua dihajar!

 

Bulan puasa juga sering jadi ajang reuni dengan judul ‘buka puasa bersama (bukber atau bukpus)’. Biasanya acara ini bertempat di restoran. Bukan cuma satu atau dua bukber, tapi banyak! Ada bukpus teman SD, SMP, SMA, kuliah, teman kerja, teman satu geng, keluarga, dan sebagainya. Kalau dituruti semua, bisa-bisa kita bangkrut!

 

Untuk anak kos yang punya uang terbatas, manfaatkan bulan puasa ini untuk berhemat. Nih, Berrykitchen kasih tahu caranya:

 

Terapkan Pola Makan yang Benar

Makan berlebihan saat berbuka justru bisa membuat perutmu begah dan ngantuk, lho. Padahal, setelah berpuasa, minum air putih saja sudah lumayan membuat kita kenyang. Kamu bisa berhemat dan tetap kenyang, kok, tanpa makan berlebihan. Caranya dengan mengatur pola makan.

 

Saat azan magrib, kamu bisa mengawali berbuka dengan segelas teh manis atau air putih. Kamu bisa melanjutkannya dengan tiga butir kurma atau semangkuk kolak.

 

Jangan langsung makan berat setelahnya. Biarkan perut mencerna dulu makanan tadi selagi kamu salat magrib. Setelah itu, barulah kamu bisa makan berat. Kunyah perlahan, ya, agar tubuhmu punya waktu cukup untuk menyampaikan sinyal kenyang ke otak. Kalau sudah kenyang, kamu akan merasa cukup dan tidak tergoda makan lagi.

 

Masak Nasi Sendiri

Anak kos rasanya wajib punya rice cooker – dan persediaan beras, tentunya. Kalau kamu hitung-hitung, selisih pengeluaran untuk membeli nasi dibanding memasak sendiri lumayan, lho. Kalau kamu punya rice cooker, kamu tinggal membeli lauk untuk sahur atau berbuka puasa. Kamu juga bisa membawa bekal nasi dari kosan jika ingin makan di luar agar lebih hemat.

 

Manfaatkan Makanan Berbuka Gratis

Saat Ramadan, semua masjid menyediakan makanan berbuka gratis. Ada yang berupa kudapan sekadar untuk membatalkan puasa, ada pula yang sampai menyediakan makanan berat. Dalam rangka berhemat, kamu bisa memanfaatkan ini. Eits, tapi jangan jadikan berburu gratisan sebagai motivasi utamamu datang ke masjid, ya. Niatkan ibadah sebagai yang utama.

 

Kurangi Buka Puasa di Restoran

Undangan buka puasa bersama akan datang bertubi-tubi di bulan puasa. Meski baik untuk mempererat silaturahmi, kamu tidak perlu ikut semuanya jika ingin berhemat. Apalagi jika tempatnya di mal, bisa-bisa kamu tergoda membeli ini-itu yang sebenarnya tidak perlu.

 

Pilih saja bukber yang dirasa lebih penting atau orang-orangnya jarang bisa kamu temui, misalnya. Dengan begitu, kamu bisa mengirit bujet makan di luar yang seringkali membengkak saat bulan puasa.

 

Selain itu, terlalu sering buka puasa di luar juga membuatmu tak punya waktu untuk berbuka bersama keluarga (jika kamu pulang ke rumah di akhir pekan, misalnya) dan mengurangi kesempatan untuk beribadah malam.

 

Hemat Saat Bukber

Kalau kamu pada akhirnya memutuskan ikut acara buka puasa bersama, kamu bisa tetap berhemat dengan membawa air putih dari kosan. Kalau perlu, kamu bisa datang agak telat karena makan dulu di kosan. Jadi, sesampainya di restoran, kamu tinggal pesan minuman.

 

Kurangi Pesan Antar Makanan

Keberadaan ojek online semakin mempermudah kita mendapatkan makanan yang kita inginkan tanpa perlu keluar rumah. Tapi, kalau mau berhemat, kurangi kebiasaan memesan makanan secara delivery. Sebab, harga makanannya biasanya sudah dinaikkan. Belum lagi kamu harus membayar ongkos antarnya.

 

Biarpun sedang berhemat, sedekahnya jangan ikut diirit, ya. Mumpung sedang bulan puasa, yuk, kita selalu berusaha berbuat kebaikan!

 

Foto: frugalmoneyman.com

 

Kata Kunci: Tips Hemat di Bulan Puasa untuk Anak Kos
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup