facebook

Tips Bugar Setelah Lebaran

Senin, 18 June 2018 - 13:16:36 WIB
Diposting oleh : Berry
Tips Bugar Setelah Lebaran

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Tips Bugar Setelah Lebaran

Ayo ngaku, kamu pasti makan gila-gilaan saat Lebaran kemarin, kan? Kalau sudah begini, menahan haus dan lapar selama 30 hari seakan terhapus dengan pesta makanan saat Lebaran yang berlangsung cuma beberapa hari. Dengan cepat, berat badan yang sempat turunpun sekarang naik lagi.

 

Lebaran jadi semacam cheating day massal. Siapa, sih, yang sanggup menolak ketupat dan lauk pauknya serta kue-kue kering enak? Sebenarnya, boleh saja memanjakan perut dan lidah dengan berbagai hidangan Lebaran. Namun, kamu harus kembali ke pola makan sehat setelahnya. Bukan cuma untuk menurunkan berat badan, tapi juga agar tubuhmu senantiasa fit.

 

Minum Air yang Cukup

Mungkin saran ini sudah sering kamu dengar, tapi kebiasaan minum cukup air setiap hari (2 liter atau 8 gelas air) sebaiknya segera kamu mulai lagi, terutama jika saat puasa kamu kurang minum. Minum air 20-30 menit sebelum makan akan membuatmu lebih kenyang sehingga mengurangi keinginan makan berlebih. Tubuh dan pikiranmu juga akan mendapat manfaat jika kamu terhidrasi dengan baik.

 

Untuk menghindari begah atau kembung, jangan minum banyak air setelah makan siang atau makan malam. Sebab, hal ini akan memperberat kerja sistem pencernaan.

 

Kontrol Porsi Makananmu

Pesta makan saat Lebaran bikin kamu keterusan ingin makan enak? Boleh saja, asal porsinya kamu batasi. Sebab, langsung menihilkan makanan favoritmu malah bisa membuatmu ‘sakau’, lho.

 

Caranya mudah, kok. Misalnya, ambil nasi sedikit saja dan perbanyak porsi sayuran dan lauk sehatnya. Atau, kalau kamu sedang ingin makan cokelat, kamu bisa ngemil sepotong kecil dark chocolate untuk memuaskan ngidammu. Ingat, jangan sebatang, ya!

 

Pilih Alternatif yang Lebih Sehat

Kalau kamu suka makanan atau minuman manis, kamu bisa memilih jus buah tanpa pemanis tambahan atau campurkan pemanis sehat seperti madu sebagai pengganti gula putih. Atau, kalau kamu suka roti, pilih roti gandum sebagai alternatif yang lebih sehat.

 

Teknik memasakpun bisa kamu ubah. Jika biasanya kamu banyak makan gorengan, coba lebih banyak makan makanan yang dikukus atau dipanggang.

 

Jangan Langsung Diet Ketat

“Pokoknya aku harus langsung diet setelah Lebaran selesai!” katamu dalam hati sambil memegangi tumpukan lemak di perutmu. Berdiet boleh saja, tapi jangan langsung ekstrem, ya. Sebab, tubuh akan kaget dan membuatmu cranky saat lapar. Intinya, mulai dari yang ringan dulu saja agar dietmu bisa berkelanjutan.

 

Kamu yang suka daging-dagingan dan makanan berlemak sepertinya cocok dengan ketogenic diet. Diet ketogenik adalah diet dengan komposisi makanan 70% lemak, protein 25%, dan karbohidrat 5%. Untuk melihat apakah kamu cocok atau tidak dengan keto diet, kamu bisa mencoba paket 1 minggu dulu di Berrykitchen.

 

Tak perlu bingung memikirkan menu makanmu karena sudah disusun sedemikian rupa oleh Chef Edwin Lau. Jadi, kamu tinggal menikmati hidangan yang dikirimkan ke alamatmu!

 

Olahraga Ringan

Saking inginnya punya tubuh langsing setelah Lebaran, kamu mungkin langsung berolahraga berat tak seperti biasa. Hal ini justru bisa membuat tubuhmu terbebani, lho. Lagi pula, kebiasaan yang berubah drastis seperti ini akan sulit dipertahankan.

 

Karena itu, lebih baik mulai pelan-pelan saja. Misalnya dengan kembali melakukan kebiasaan fisik seperti sebelum puasa dan berolahraga ringan seperti berjalan kaki. Aktivitas fisik akan mengembalikan keseimbangan dan energi dalam hidupmu.

 

Dengan tips di atas, rasa bersalah setelah makan berlebihan saat Lebaran akan hilang perlahan dan kamu bisa kembali ke gaya hidup sehat dan aktif. Coba, yuk!

 

Foto: https://images.medicaldaily.com

 

Kata Kunci: Tips Bugar Setelah Lebaran
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup