facebook

Tips BBQ Sehat!

Kamis, 14 April 2016 - 09:55:23 WIB
Diposting oleh : Berry
Tips BBQ Sehat!

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Tips BBQ Sehat!

Hai Berrykitcheners! Banyak orang menyukai hidangan bakar-bakaraan atau panggang seperti ayam bakar, sate dan lainnya. Apalagi jika sedang berkumpul bersama keluarga maupun teman-teman biasanya memanggang barbecue untuk bersenang-senang. Setiap bagian gosong pada makaan, seperti yang banyak diketahui orang, adalah jahat dengan beragam alasan. Bagian daging yang gosong pada makanan tidaklah baik karena bisa menyebabkan flek pada organ pencernaan kita dan rawan kanker.


 Walaupun demikian, tetaplah makanan bakaran atau panggang menjadi favorit sebagian masyarakat. Tidak usah khawatir, kami akan membagikan tips bagaimana memanggang ataupun membakar makanan yang sehat yaitu tidak meninggalkan terlalu banyak bagian kosong!


 



  1. Bersihkan lemak dari daging


Lemak yang terdapat dalam daging memang bisa membuat daging menjadi gurih namun lemak bereaksi terhadap arang. Dengan membuang lemak dari daging sebelum dibakar atau dipanggang juga bisa mengurangi asap pembakaran.



  1. Daging dimasak setengah matang


Sebelum dipanggang atau dibakar, ada baiknya daging dimasak setengah matang terlebih dahulu untuk menghindari proses bakar atau panggang yang terlalu lama yang nantinya meninggalkan bagian gosong pada daging. Dengan memasak setengah matang juga bisa menghindari daging bakar menjadi kurang matang.



  1. Bolak-balik daging secara teratur


Dengan membolak-balikkan daging dalam proses memanggang atau membakar dapat mengurangi resiko daging menjadi sedikit kosong akibat terkena api terlalu lama.



  1. Rendam daging dalam bumbu terlebih dahulu


Bila daging direndam ke dalam bumbu terlebih dahulu, hal ini mampu mengurangi resiko terkena kanker. Gunakan bumbu rendaman yang bersifat asam seperti cuka, wine, air jeruk dan lainnya, rendam minimal 40 menit untuk mendapatkan hasil maksimal.



  1. Potong dalam ukuran yang kecil


Dengan memotong daging dalam ukuran kecil atau tipis dapat membantu daging menjadi cepat matang. Menurut para ahli, pembakaran yang singkat mampu meminimalisir resiko terbentuknya senyawa karsinogenik, yaitu senyawa yang memicu bekas gosong pada daging.


 


Bukan masalah lagi untuk kamu yang menyukai daging panggang maupun daging bakar tetapi takut akan bagian yang “gosong” dengan tips yang sudah di sebutkan di atas. Selamat mencoba ya, Berrykitcheners!

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu