facebook

Tips Aman Belanja Online

Selasa, 14 November 2017 - 11:35:36 WIB
Diposting oleh : Berry
Tips Aman Belanja Online

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Tips Aman Belanja Online

Hai Berrykitcheners! Sebagai generasi muda, kamu tentu cenderung memilih cara yang lebih praktis dan singkat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hadirnya teknologi kini memudahkan kamu dalam memeroleh informasi dan kebutuhan secara online. Yap. Belanja online. Tinggal klik, dan barang yang kamu lihat di layar komputermu akan diantar ke hadapan kamu. Walau praktis, berbelanja online tidak selalu aman lho. Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar belanja online kamu aman.

 

1. Situs terpercaya

ssqd

 

Seiring dengan kecanggihan teknologi, transaksi online yang kamu lakukan bisa memberi akses kepada hacker atau pihak-pihak yang tidak diinginkan atas keterangan identitas kamu lho. Penipuan pun rentan terjadi. Sebab itu, kamu harus memilih situs terpercaya untuk melakukan transaksi jual-beli online. Beruntungnya, kini banyak situs yang berlomba memfasilitasi belanja online dengan berbagai promosi menarik. Pastikan website yang kamu pilih populer, otentik, dan dipercaya oleh pelanggan.

 

2. Terenkripsi SSL

ad

 

Secure Socket Layer atau SSL adalah alat yang memberikan kamu privasi ketika kamu mengisi data pribadi dalam sebuah situs. Nggak perlu mengambil kuliah jurusan teknologi informasi untuk memahami yang satu ini. Kamu dapat mengetahui apakah sebuah situs sudah terenskripsi SSL dengan melihat alamat situs yang kamu buka. Perhatikan huruf “s” pada alamat situs. Situs yang telah terenskripsi SSL akan diawali dengan https:// sementara situs yang belum terenskripsi SSL akan diawali dengan http://. Kamu pun dapat mencari gambar gembok yang terdapat di samping address bar atau di bawah status bar, posisi dapat berbeda tergantung jenis browser yang kamu gunakan.

 

3. Bijaksana

dq

 

Jika membeli barang secara langsung, kamu mungkin tidak perlu menyerahkan kartu identitas dan hal lainnya. Namun berbelanja di situs online, kamu harus mengisi beberapa informasi pribadi untuk transaksi yang dilakukan. Data yang diminta umumnya terbatas pada nama, alamat, nomor kontak, usia dan nomor kartu kredit bila kamu menggunakan kartu kredit. Kamu tidak harus memberikan rincian pribadi lainnya terkait dengan transaksi yang kamu lakukan. Jika kamu tidak berkenan memberi informasi yang menurutmu ganjil untuk ditanyakan dalam situs tersebut, sebaiknya kamu membatalkan transaksi dan mencari situs lain.

 

4. Periksa rekening

dwe

 

Dengan kemudahan teknologi, berbelanja online dapat dilakukan dengan berbagai metode pembayaran, salah satunya dengan menggunkan metode transfer bank. Sebelum membayar barang yang akan kamu beli, sebaiknya kamu memeriksa saldo yang ada di rekeningmu. Lakukan pembayaran transfer dengan cermat, dan simpan bukti transaksi. Setelah berhasil, periksa kembali saldo yang tersisa di rekeningmu. Apakah jumlahnya tepat dengan pengurangan harga barang. Pastikan pula tidak ada transaksi lainnya setelah itu. Jika menggunakan kartu kredit, kamu bisa menghubungi pihak penerbit kartu kredit kamu untuk meminta informasi terakhir kamu untuk memastikan penjual mengenakan biaya yang dicatut dengan benar dan tidak ada transaksi lain yang mencurigakan.

 

 

Walau praktis belanja online memiliki kekurangan, salah satunya, kamu melakukan transaksi tanpa tatap muka dengan penjual. Barang yang dijajakan pun tidak bisa kamu lihat secara langsung. Sebab itu, keempat tips di atas penting untuk kamu ketahui. Sebelum memulai transaksi, ada baiknya pula kamu melindungi komputermu dengan anti-virus seperti program Malware dan Spyware yang dapat mengakses informasi dari komputer kamu. Semoga bermanfaat ya, Berrykitcheners!

Kata Kunci: Tips Aman Belanja Online
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup