facebook

Tauge Cah Ikan Asin Untuk Tubuh Sehatmu!

Selasa, 15 December 2015 - 09:42:40 WIB
Diposting oleh : Berry
Tauge Cah Ikan Asin Untuk Tubuh Sehatmu!

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Tauge Cah Ikan Asin Untuk Tubuh Sehatmu!

Hai Berrykitcheners! Bagaimana kesehatanmu di musim hujan ini? Jangan lupa untuk perbanyak konsumsi air putih ya. Perhatikan juga kebersihan makanan maupun tubuh, serta sediakan waktu sediki untuk berolahraga supaya tubuh lebih kuat dan lebih semangat melakukan pekerjaan. Hari ini kami akan membagikan resep mudah dari Tauge Cah Ikan Asin. Resep dan bahannya terlihat sederhana, tapi kamu tau nggak kalau tauge dan ikan asin memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Yuk kita simak pembahasan singkat manfaat-manfaat yang ada di dalam tauge dan juga ikan asin.

Tauge adalah sayur yang sangat mudah di dapatkan dan harganya sangat terjangkau. Padahal di dalam tauge itu sendiri terkandung banyak sekali manfaat yang mungkin selama ini kita nggak pernah tau. Yuk dibaca! :)

1. Antioksidan dalam tauge mampu mencegah penyebaran maupun terkena kanker payudara.

2. Estrogen dalam tauge membuat tulang lebih padat dan terhindar dari osteoporosis, dan memperlancar haid.

3. Saponin dan vitamin C mampu meningkatkan imun dalam tubuh.

4. Saponin dalam tauge menghancurkan kandungan lemak LDL tanpa mengganggu lemak HDL yang baik sehingga mencegah terkena serangan jantung dan stroke yang dikarenakan tingkat kolesterol tinggi.

5. Vitamin E terutama E-alpha sangat membantu kesuburan pria.

6. Antioksidan yang dikandung vitamin E dalam tauge sangat baik untuk kecantikan wanita dan mencegah penuaan dini.

7. Serat dalam tauge sangat baik untuk pencernaan dan mencegah sembelit, sifat basa yang dimiliki tauge sangat baik untuk menjaga tingkat keasaman lambung

8. Kadar lemak yang rendah menjadikan tauge menu ideal dalam diet dan mampu mengurangi kemungkinan terkena diabetes.

9. Zat besi yang dikandung tauge penting untuk pembentukan hemoglobin yang adalah protein dalam sel darah merah. Kandungan asam folat dalam tauge sangat baik untuk memproduksi asam amino dan sel darah merah untuk mengurangi resiko anemia.

10. Lesitin dalam tauge menjaga kadar kolesterol dan juga lemak hati yang apabila menumpuk bisa menyebabkan gangguan hati.

Wah banyak sekali ya manfaat dalam tauge. Pastikan konsumsi tauge yang banyak ya hehe. Ikan asin juga baik untuk kesehatan tubuhmu. Konsumsi ikan asin secukupnya bisa menyehatkan beberapa aera dalam tubuh kita loh. Yuk dibaca :D

1. Omega 3 yang terkandung dalam ikan asin mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan membantu pencegahan serangan jantung dan stroke.

2. Selenium, lemak esensial, omega 3 dan vitamin E dapat mencegah terjadinya kanker kulit yang disebabkan oleh paparan radiasi dari sinar UV.

3. Protein dalam ikan asin membantu perbaikan jaringan dan sel dalam tubuh, juga meningkatkan kebugaran.

4. Fosfor dan kalsium dalam ikan asin menjaga kesehatan tulang dan gigi.

5. Jumlah protein yang besar dan kalori yang rendah dalam ikan asin membuat ikan asin menjadi salah satu pilihan dalam menu diet.

6. Kaya akan vitamin A yang mampu mencegah degeredasi makula, mencegah katarak dan mencegah mata minus & plus.

7. Zat besi dalam ikan asin membantu mengurangi resiko anemia.

Ikan asin memang banyak manfaatnya. Tapi ingat, jangan dikonsumsi berlebihan yak arena segala yang berlebihan itu tidak baik. Yuk sekarang kita langsung cek cara pembuatan Tauge Cah Ikan Asin dan bahan apa saja yang digunakan.

BAHAN-BAHAN:

- 200 gr tauge, buang akarnya, rendam di dalam air dingin/ air es.

- 100 gr ikan asin jambal, potong kecil-kecil

- 2 bh cabai merah besar, iris serong

- 3 butir bawang merah, iris tipis

- 2 siung bawang putih, iris tipis

- ½ sdt merica bubuk

- Garam secukupnya (tidak dipakai karena sudah ada ikan asin juga bisa)

- 2 sdm minyak wijen untuk memasak

CARA MASAK:

- Masukkan minyak wijen dan masukkan ikan asin jambal yang sudah dipotong kecil-kecil sampai kering, kemudian angkat dan sisihkan.

- Panaskan kembali minyak wijen dan tumis cabai merah iris, bawang merah iris, dan bawang putih iris hingga keluar aroma harumnya.

- Setelah aroma harum bumbu tercium, masukkan ikan asin jambal yang sudah di goreng tadi, merica dan garam (kalau tidak perlu garam tidak perlu ditambahkan) ke dalam wajan dan aduk merata jangan terlalu lama karena bisa menghilangkan vitamin pada tauge.

- Tambahkan ikan asin jambal yang sudah di goreng, aduk sebentar kemudian angkat.

- Tauge Cah Ikan Asin siap untuk disajikan.

Bagaimana menurut berrykitchenners? Bukan hal yang sulit untuk memasak tauge cah ikan asin. Menu ini juga ada di catering loh. Semoga bisa menambah pengetahuan dan membantu dalam memasak ya. Selamat mencoba!

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu