facebook

Susu Seperti Apa Yang Kamu Konsumsi?

Rabu, 27 April 2016 - 07:27:53 WIB
Diposting oleh : Berry
Susu Seperti Apa Yang Kamu Konsumsi?

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Susu Seperti Apa Yang Kamu Konsumsi?

Hai Berrykitcheners! Hampir semua orang di dunia mengkonsumsi susu. Namun ada pula beberapa yang tidak bisa karena alergi. Dari bayi hingga usia lanjut mengkonsumsi susu sebagai sumber nutrisi dan penyumbang zat penting dalam tubuh, semua susu tentu baik dan masing - masing jenis sesuai kegunaannya. Ada beberapa jenis susu yang mungkin sebagian kita kurang paham betul maksud dan manfaatnya. Yuk, lebih mengenal jenis-jenis susu!




  •  Susu Segar




Susu segar dihasilkan dari hewan ternak perahan, seperti sapi, kerbau, kambing, domba, dan kuda yang sehat dan tidak tercampur kolostrum. Susu segar tidak mengandung tambahan air, bahan tambahan pangan dan antibiotik, dan belum mengalami perubahan warna, bau, serta kekentalan. Susu segar paling lezat karena asam lemak susunya belum rusak akibat proses pengawetan. Susu segar yang akan diminum langsung sebaiknya dipanaskan (tidak dididihkan agar emulsi susu tidak pecah) hingga mencapai suhu 70oC selama 5 - 10 menit.




  • Susu Bubuk




Susu bubuk terbuat dari susu segar yang telah melalui proses pengeringan menjadi bentuk susu kering yang solid. Susu bubuk paling disukai karena  kemudahan penyimpanannya. Beberapa produsen susu sering kali menambahkan zat gizi (fortifikasi) tertentu seperti vitamin dan mineral agar kualitas nutrisinya lebih baik.




  • Susu UHT (Ultra High Temperature)




UHT adalah bagian dari proses sterilisasi yang dilakukan pada suhu amat tinggi dalam waktu teramat singkat, yaitu antara 130 - 150oC selama 0,4 - 4 detik. Dengan cara ini seluruh mikroba akan mati dan susu dikemas secara higienis dalam botol plastik atau kotak yang telah bebas bakteri. Susu UHT lebih tahan lama - hingga 10 bulan - dan tak perlu disimpan di lemari pendingin, kecuali bila kemasannya sudah dibuka.




  • Susu Skim dan Susu Krim




Susu skim adalah rendah lemak. Kandungan zat gizinya sama dengan susu segar, kecuali lemak dan vitamin yang larut dalam lemak. Sedangkan susu krim (full cream) adalah susu segar yang kaya akan lemak. Susu krim ini muncul ke permukaan pada saat susu didiamkan atau saat dilakukan pemisahan.




  • Susu Kedelai




Ada beberapa orang yang mengalami intoleransi laktosa, mengalami gejala-gejala seperti kembung, kram perut atau diare setelah minum susu sapi. Untuk mereka maka dianjurkan minum susu non-laktosa, misalnya susu kedelai.  Protein susu kedelai hampir sama dengan susu sapi. Malahan kandungan asam lemak jenuhnya lebih rendah daripada susu sapi sehingga nonkolesterol.


Nah, itulah jenis-jenis susu yang dikonsumsi pada umumnya. Sekarang kamu bisa menikmati susu sesuai dengan kebutuhkan kamu dan tidak perlu lagi bingung maksud label susu yang sering kita temui di supermarket. Semoga bermanfaat ya, Berrykitcheners!


 

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup