facebook

Suka Ngopi? Banyak Manfaatnya Lho!

Selasa, 09 August 2016 - 15:39:06 WIB
Diposting oleh : Berry
Suka Ngopi? Banyak Manfaatnya Lho!

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Suka Ngopi? Banyak Manfaatnya Lho!

Hai Berrykitcheners! Siapa yang tidak kenal dengan kopi? Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Penemuan kopi pertama kali ditemukan oleh bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun yang lalu, atau 1000 tahun sebelum Masehi. Kini kopi menjadi minuman yang terkenal di dunia. 


Kopi pertama kali masuk ke Indonesia pada 1696. Kopi dibawa langsung oleh Komandan Pasukan Belanda Adrian Van Ommen dari Malabar, India. Pada masa itu, kopi masuk melalui Batavia dan menyebar ke daerah lainnya, seperti jawa, sumatera, dan flores. Pada masa itu, jenis kopi yang di tanam adalah Arabika yang didatangkan langsung dari Yaman.


Minuman berwarna pekat ini memiiki aroma yang harum dan kuat. Biasanya menjadi teman untuk memulai aktivitas bahkan meminum kopi sudah menjadi gaya hidup seseorang. Selain enak rasanya, kopi juga memiliki beragam manfaat untuk tsubuh, lho!


1. Mencegah Kanker


Ternyata di dalam biji kopi mengandung zat piridium yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Dalam jurnal Asosiasi Amerika yang telah dipublikasikan untuk penelitian kanker Laporan penelitian tersebut menunjukkan bahwa meminum empat atau lebih cangkir kopi dpat mengurangi resiko kanker sebesar 39%, kanker kepala, dan leher dengan efek yang paling jelas. Wow, begitu mengejutkan yah!


2. Meningkatkan Semangat


Kafein (caffeine) yang terkandung dalam kopi merupakan senyawa psikoaktif yang bersifat stimulan mampu memberikan semangat. Setelah meminum kopi,  secara tidak langsung akan merasakan lebih bersemangat dan ceria. Dengan begitu, kamu lebih siap menjalani aktivitas seharian.


3. Mencegah Stroke


Kini, penyakit sudah tidak memandang usia. Apalagi penyakit stroke yang sudah mulai mengkhawatirkan banyak orang. Nah, minuman hitam ini memiliki khasiat yang dapat menurunkan risiko stroke, lho. Dalam sebuah jurnal neurologi terbitan Amerika disebutkan, kafein memberi perlindungan yang baik kepada sel-sel otak dari kerusakan akibat pengaruh radikal bebas yang memaparnya.


4. Menghilangkan Migrain


Salah satu faktor yang dapat membuat migrain kambuh adalah radikal bebas. Berutung buat kamu yang sering mengonsumsi minuman beraroma harum ini juga dapat menghilangkan migraine,lho. Kandungan dalam kopi memberi efek positif untuk meredakan nyeri. Sistem ini dilakukan oleh  kafein yang menghambat pusat nyeri (neurotransmitter-P).


5. Masker Wajah


Serbuk kopi juga bermanfaat untuk kecantikan, lho. Selain rasanya yang enak, kopi bisa dijadikan masker untuk wajah. Serbuk kopi yang murni memiliki kandungan, seperti zat antioksidan, flavanoid, dan polifenol. Nah, kandungan tersebut terbukti ampuh untuk mencegah radikal bebas yang dapat menimbulkan berbagai masalah kulit. Masker kopi  ini dapat melembabkan kulit dan menghilangkan kusam. Kamu bisa mencobanya di tempat kecantikan atau membuat masker sendiri di rumah.


Sekarang kamu sudah mengetahui sejarah hingga manfaat dari kopi. Ternyata si mungil berwarna hitam ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Nah, usahakan jangan sampai salah memilih kopi. Pilihlah kopi yang berkualitas tinggi agar rasa dan aromanya nikmat sampai tegukkan terakhir. Kini, kamu tak perlu khawatir lagi. Berrykitchen sudah menyediakan kopi yang pastinya berkualitas by Tanamera, lho. Penasaran? Yuk pesan langsung!


 

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu