facebook

Suka Korea? Pernah Coba Membuat Kimchi?

Kamis, 17 March 2016 - 02:45:54 WIB
Diposting oleh : Berry
Suka Korea? Pernah Coba Membuat Kimchi?

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Suka Korea? Pernah Coba Membuat Kimchi?

Halo Berrykitcheners! Beberapa tahun terakhir virus Korea Selatan mulai menjamur di Indonesia. Mulai  musik, drama, variety show sampai makanan. Negeri ginseng ini berhasil membuat masyarakat Indonesia khususnya kaum hawa demam korea. Seiring mewabahnya demam Korea, Korea Selatan khususnya, makin banyak pula restoran makanan khas Korea yang muncul. Hidangan yang paling terkenal adalah kimchi. Sebetulnya kimchi bukanlah hidangan utama melainkan side dish atau hidangan pelengkap seperti acar. Pernah tahu nggak sih asal muasalnya kimchi dan proses pembuatannya?

Kimchi merupakan hidangan yang terbuat dari fermentasi sayuran lalu diberi bumbu pedas. Biasanya kimchi dibuat dari lobak dan sawi putih. Setelah diberi garam dan dicuci, sayuran dibumbui yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan cabai merah. Kimchi sendiri memiliki rasa asam kecut dan asin.

Awalnya kimchi dibuat sebagai cadangan sayuran pada musim dingin. Pada awalnya, kimchi tidak menggunakan cabai. Namun kedatangan para pedagang dari Portugis yang menjual bahan cabai membuat orang Korea menambahkan cabai merah pada kimchi.

Besar kemungkinan pada awalnya kimchi tidak menggunakan sawi putih karena sawi putih mulai dikenal warga korea pada abad 19. Kimchi tersedia hamper di seluruh restoran Korea. Kimchi sangat disukai dari segala kalangan dan usia. Kimchi juga termasuk lima makanan tersehat di dunia loh! Kimchi memiliki lactobacili, sejenis bakteri yang berperan dalam proses pencernaan dan mencegah infeksi jamur. Bahkan akhir-akhir ini penelitian mengemukakan bahwa kimchi baik untuk beberapa jenis kanker, menurunkan kolesterol jahat pada tubuh dan baik untuk menurunkan berat badan.

Kimchi bukan hanya disajikan sebagai hidangan pendamping saja namun biasanya masyarakat Korea mengkreasikan menjadi nasi goreng kimchi, kimchi stew, pancake kimchi dan masih banyak lainnya. Kimchi adalah sayuran yang bertahan lama loh karena proses fermentasi. Masyarakat Korea memiliki lemari es khusus untuk menyimpan kimchi yang mereka buat. Bagaimana ya membuat kimchi? Apakah sulit? Yuk kita belajar membuat kimchi sederhana dengan menggunakan sawi putih sebagai bahan baku ya!

Bahan yang dibutuhkan:
  • 1 buah sawi putih ukuran besar
  • ½ batang lobak putih (iris memanjang)
  • 4 batang daun bawang (iris)
  • 4 siung bawang putih (haluskan)
  • 1 ruas jahe (haluskan)
  • 6sdm bubuk cabai
  • 2sdt garam
  • 1sdm gula pasir
  • ½ gelas garam laut kasar
  • 2sdm saus ikan
  • Air seperlunya

Bahan sudah siap? Yuk kita buat!

  1. Cuci sawi putih sampai bersih. Perhatikan bagian dalam sawi jangan sampai terlewatkan karena dalam pembuatan kimchi, sawi digunakan dalam keadaan utuh tanpa dipotong
  2. Siapkan wadah, tuangkan ½ gelas garam laut kasar dengan air secukupnya. Rendam sawi dalam larutan garam selama kurang lebih 6 jam
  3. Setelah 6 jam berlalu, cuci sawi putih yang sudah direndam dalam garam sampai bersih, sisihkan
  4. Campur bahan seperti gula, bubuk cabai, jahe, bawang putih, daun bawang, lobak, saus ikan, dan sedikit garam dalam suatu wadah. Setelah itu, balurkan bumbu yang sudah dicampur ke seluruh bagian sawi putih bahkan sampai bagian terdalam (sedikit diremas supaya bumbu teresap sempurna)
  5. Masukkan kimchi ke dalam toples kaca atau wada kedap udara, masukkan kulkas selama 2 hari
  6. Kimchi siap dinikmati!

Tidak sulit kan membuatnya, memang untuk beberapa bahan seperti saus ikan dan cabai merah dengan menggunakan asal Korea berbeda dengan yang biasa ada. Namun tetap rasa kimchi tidak akan jauh berbeda dengan kimchi dari negara asalnya. Membuat kimchi tidak memerlukan kompor atau microwave, tetapi kamu bisa menggoreng kimchi untuk ditumis bersama daging cincang atau cara lainnya. Semoga postingan ini membantu ya. Selamat mencoba Berrykitcheners dan katakana KIMCHIIII!

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup