facebook

Siasati Tanggal Tua

Rabu, 22 February 2017 - 11:56:02 WIB
Diposting oleh : Berry
Siasati Tanggal Tua

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Siasati Tanggal Tua

Hai Berrykitcheners! Memasuki tanggal tua, apa kabar kantongmu? Yap. Tanggal tua merupakan istilah yang kerap digunakan untuk melukiskan keadaan dimana uang gaji karyawan hampir atau malah sudah memasuki zona merah. Ini bisa terjadi pada tanggal 20-an ke atas hingga hari gajian tiba. Nggak perlu takut seret, berikut tips yang bisa kamu coba untuk menyiasatinya!

 

1. Buat perencanaan keuangan

jijo

 

Sebagai hal yang mendasar, jauh sebelum tanggal tua dimulai, sebaiknya kamu membuat perencanaan keuangan. Cobalah mencatat kebutuhanmu setiap bulan agar kamu dapat mengetahui berapa biaya kebutuhanmu dalam sebulan. Catat pula kebutuhan hiburan kamu bersama keluarga dan sahabat. Lalu, batasi pengeluaranmu dengan cara menabung atau bahkan berinvestasi untuk masa depan. Jangan lupa sisihkan sebagian uangmu untuk pengeluaran yang tak terduga.

 

2. Taati anggaran

erwe

 

Sering nggak sih kamu melanggar anggaran keuangan yang kamu buat sendiri? Nah faktor inilah yang bisa membahayakan kamu di tanggal tua. Jika anggaran sudah dibuat, kamu harus belajar menghargai diri sendiri dengan menepati semua yang telah kamu tetapkan di awal. Tahan hasrat berbelanjamu. Tanyakan berulang kali, apakah kamu benar-benar membutuhkan barang tersebut sebelum membelinya. Ingat, yang namanya penyesalan selalu datang belakangan.

 

3. Jangan remehkan uang koin

ihio

 

Kamu tipe yang cuek bila menerima uang kembalian apa lagi recehan? Meski kecil, uang koin juga bernilai lho. Jangan cuma miris melihat struk belanjaan, kamu kini dapat mengumpulkan uang kembalian walau dalam bentuk koin. Uang yang kamu kumpulkan dapat membantumu dalam keadaan terdesak lho.

 

4. Tingkatkan pendapatan

wedqw

 

Sering merasa kebutuhanmu makin banyak akhir-akhir ini? Itu hal yang wajar kok. Sebagai makhluk sosial, manusia senantiasa hidup dinamis. Bukan cuma kebutuhan yang meningkat seiring waktu, harga barang-barang kebutuhan pun juga turut meningkat. Kalau sudah begitu, ini berarti waktunya buat kamu untuk mencari pemasukan tambahan. Kamu bisa memulai freelance untuk beberapa pekerjaan yang bisa kamu tangani tanpa menggangu aktivitasmu di kantor. Kamu pun juga bisa memulai usaha kecil-kecilan.

 

 

Tanggal tua kerap dianggap sebagai momok menjengkelkan bagi sebagian orang. Bagi para karyawan yang baru saja memasuki dunia kerja, tips di atas dapat mulai diterapkan, sambil belajar mengolah sendiri keuangan pribadi. Sementara buat kamu yang mulai atau sudah berkeluarga, tentu kebutuhan akan kian rumit dan kompleks. Diskusikan setiap langkah dengan pasangan, agar semua tujuan dapat tercapai dengan harmonis. Semoga bermanfaat ya, Berrykitchenes!

Kata Kunci: Siasati Tanggal Tua
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup