facebook

Si Kecil Manis Teman Selama Puasa

Senin, 13 June 2016 - 05:18:07 WIB
Diposting oleh : Berry
Si Kecil Manis Teman Selama Puasa

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Si Kecil Manis Teman Selama Puasa

Hai Berrykitcheners! Seminggu sudah terlewati untuk puasa. Di bulan puasa, buah kurma digemari sebagai makanan ringan saat berbuka puasa ataupun hadiah untuk lebaran. Pohon dari buah kurma mirip seperti pohon palma, biasanya tumbuh di wilayah Timur Tengah. Kemungkinan tanaman kurma berasal dari tanah sekitar Teluk Persia ribuan tahun yang lalu. Kemungkinan sekitar ribuan tahun yang lalu, bangsa Mesir kuno menggunakan buah kurma sebagai anggur dan memakannya pada saat panen. Pada zaman selanjutnya, bangsa Arab menyebarluaskan buah kurma.


Pohon kurma dapat berbuah setelah ditanam selama 4 sampai 7 tahun dan bisa dipanen ketika berusia 7 sampai 10 tahun. Kurma merupakan tanaman tradisional yang penting di Turki, Irak, Arab, Afrika Utara sampai Maroko. Di negara-negara Islam, kurma dan yogurt atau susu adalah makanan tradisional yang utama saat berbuka puasa pada bulan Ramadhan. Kurma mengandung banyak manfaat seperti berikut ini:



  • Kurma mengandung antioksidan dan fitokimia sehingga mampu melindungi tubuh dari radikal bebas dan membantu memerangi racun dalam tubuh.

  • Kurma merupakan sumber energi instan, sehingga sangat baik dikonsumsi saat berbuka puasa. Dengan mengkonsumsi 100 gram buah kurma mampu memenuhi kebutuhan energi harian 12 sampai 15 persen.

  • Serat dan asam amino yang terdapat pada buah kurma berfungsi menyehatkan pencernaan. Ketika usus bekerja terus-menerus harus dibersihkan supaya kinerja kembali optimal. Kurma mengandung serat larut dalam bentuk pektin yang lebih banyak dari buah-buahan lainnya.

  • Kandungan vitamin B3 yang terdapat pada buah kurma dapat menjadi salah satu pilihan yang baik untuk membantu mengurangi gejala insomnia.

  • Kalium pada buah kurma dapat membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah untuk perlindungan terhadap jantung koroner. Kandungan zat besi dan B kompleks mikro nutrient mampu membentuk sel darah merah yang mencegah anemia.

  • Konsumsi 100 gram buah kurma dalam sehari juga dapat mengurangi resiko terkena stroke sebanyak 40%.

  • Kalium yang terdapat pada buah kurma juga dapat meningkatkan kinerja otak. Kalium yang tinggi pada kurma dapat memperlancar distribusi oksigen ke otak dan memperlancar keseimbangan cairan tubuh.


Banyak  manfaat yang terkandung dalam buah kurma, sehingga sangat baik untuk kamu yang sedang menjalankan puasa. Ada beberapa jenis buah kurma salah satunya kurma mesir yang akan tayang pada menu catering besok, 14 Juni 2016 untuk catering hari Rabu, 15 Juni 2016. Kamu bisa pesan sebagai pemanis setelah berbuka puasa. Semoga informasi ini membantu ya. Have a nice day, Berrykitcheners!

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu