facebook

Serba-serbi Kikil dan Tips Penyelesaian Drama Pemilihannya :)

Jumat, 26 June 2015 - 03:00:00 WIB
Diposting oleh :
Serba-serbi Kikil dan Tips Penyelesaian Drama Pemilihannya :)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Serba-serbi Kikil dan Tips Penyelesaian Drama Pemilihannya :)

Hai berrykitcheners :)

Siapa sih yang nggak suka Daging Sapi? Mulai dari daging khas dalam, daging paha, iga, bahkan ke jeroan seperti hati atau limfa. Tapi, kamu juga perlu tahu ada bagian lain dari sapi yang juga tidak kaalh enak untuk diolah menjadi makanan nih berrykitcheners.

Ya, kikil, atau tulang rawan yang membungkus tulang maupun jari-jari kaki sapi tanpa bulu-bulu yang melekat diatasnya. Olahan kikil, banyak ditemukan di restoran-restoran yang memiliki menunusantara, terutama Masakan Padang. Pernah denger doong Gulai Tunjang? :)

serba-serbi-kikil

Memang sih, nggak semua orang menyukai cita rasa dari kikil, tapi, kandungan nutrisi yang terkandung lumayan banyak lho, diantaranya :

1. Seperti halnya daging sapi, kikil sapi jug amemiliki kandungan seperti daging sapi seperti protein. Namun, protein dalam daging sapi berbentuk kolagen, yaitu protein yang memiliki kandungan asam amino essensial yang kurang lengkap jika dibandingkan dengan bagian daging, sehingga membuatnya sulit untuk dicerna tubuh. Sekitar 30% kandungan kolagen dapat ditemukan pada bagian kaki dan kikil hewan mamalia seperti sapi, kambing atau kerbau. Dengan begitu, kandgundan kolagen bersama keratin dan juga elastin, dapt berfungsi untuk membentuk struktur pada jaringan guna mempertqahankan kekuatan dan elastisitas kulit. Jadi awet muda dong yaa :)

2. Selain kolagen, kikil sapi juga mengandung selenium atau sejenis mineral yang sangat pentung untuk membantu mengaktifkan enzim antioksidan dalam tubuh yang disebut glutathione peroksidase. Enzm ini mampu melindungi tubuh dari penyakit berbahaya seperti kanker. Selain itu, selenium juga penting untuk mempertahankan fungsi kekebalan tubuh agar tetap sehat dan berfungsi optimal, yaitu dengan merangsang aktifitas sel-sel darah putih dalam darah.

3. Purin juga terkandung dalam kikil sapi, atau senyawa organik yang biasanya terdapat padda tumbuh-tumbuhan jhususnya kacang-kacangan, zat inilah yang membentuk terjadinya asam urat.

Pun memiliki banyak manfaat, konsumsi kikil tetap harus dibatasi, mengingat kandungan kolesterolnya yang cukup tinggi.

Tapi, siapa sih yang mampu menahan dari kenyal dan gurih tekstur dari kikil ini, apalagi bila dibuat berbagai olahan, gulai kikil padang misalnya :)

Dipasaran, banyak sekali kikil yang di jajakan di pasar tradisional, dan tidak semua kikil memiliki bentuk yang bagus, adapula yang disebut dengan kikil rekondisi, wiih tentunya kamu gak mau ya hal itu terjadi. Nih berry kasih tips buat kamu yang ingin membeli kikil sendiri di pasar tradisional.

Dilansir dari Okezone.com, ada beberapa tips utnuk memilih kikil, diantaranya :

1. Warnanya
Warna kikil asli yang segar, memiliki warna putih susu dan cenderung transparan. Sedangkan kikil yang sudah tidak bagus, akan terlihat kekuningan, oranye atau bahkan berwarna kecoklatan.

2. Aromanya
Kikil yang segar mmemiliki aroma amis khas daging sapi. Jangan membeli kikil yang berbau menyengat atau bahkan tidak ada aroma khas sapi. Karena dipastikan kikil tersebut sudah tidak segar. Perhatikan juga dimana penjual meletakkan kikil, jika kikil diletakkan di tempat kering dan tidak ada lalat yang menghinggapinya, maka dipastikan kikil dalam keadaan tidak bagus.

3. Teksturnya
Periksalah tekstur kikil sebelum membelinya, kikil segar memeiliki kekenyalan normal, tidak kaku atau keras. Selain itu, perhatikanlah permukaan kikil, kikil segar masih terdapat kulit ari sisa-sia lemak daging sapi.

Intinya, kamu harus jeli dalam memilih bahan makanan yang kana kamu konsumsi berrykitcheners. Bukannya bbermanfaatm tapi justru sebaliknya. Tentunya, kamu nggak mau apabila hal itu sampai terjadi bukan :)

serba-serbi-kikil

Dengan lebih hati-hati memilih bahan makanan, banyak sekali manfaat atau nutrisi yang bisa kamu ambil dari mengkonsumsi bahan makanan yang kamu inginkan :)

Tunggu resep olahan kikil di postingan berikutnya ya :)

Salam Berrykitchen :)
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu