facebook

Si Logo Pramuka Ini, Ternyata Memiliki Banyak Jenis dan Manfaat :)

Jumat, 12 June 2015 - 02:00:00 WIB
Diposting oleh :
Si Logo Pramuka Ini, Ternyata Memiliki Banyak Jenis dan Manfaat :)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Si Logo Pramuka Ini, Ternyata Memiliki Banyak Jenis dan Manfaat :)

Hai berrykitcheners :)

Buah Kelapa, siapa yang tidak tahu buah berpohon tinggi satu ini.

Terutama masyarakat Indonesia yang sudah biasa menggunakan santan sebagai bahan masakan, terutama masakan sumatra seperti rendang, soto padang, dan lainnya.

Tapi, kalau buah lain hanya memiliki kandungan air di pada daging buah, kelapa sedikit unik dengan melimpahnya kandungan air yang dikandungnya, darimana ya asal airnya? :)

Banyak yang bilang bahwa kelapa dapat menyerap air hujan yang jatuh ke buah kelapa dan terjadilah air di dalamnya. Aah mulai sekarang, buang jauh-jauh deh pendapat seperti itu berrykitcheners :p

Air itu berasal dari endosperm yang terbentuk dari penggabungan antara intisperma dan intipolar. PAda kelapa, endosperm yang berada dibagian pinggir, akan menjadi daging buah dan endosperm yang tidak menempel, akan mencair ditengah.

Endosperm kaya akan zat makanan, karena merupakan makanan bagi embrio, karena berasal dari endosperm, air kelapa juga kaya dengan zat makanan. Menurut penelitian, air kelapa mengandung kalium hingga 17%, gula 1,7%, protein 0,5%. Belum lagi banyaknya mineral lain juga terkandung di dalam air kelapa seperti Natrium, Kalsium, Magnesium, Ferum, Cuprum, Forfor, dan juga Sulfur. Wiihhh...

BUkan hanya mineral, vitamin juga banyak terkandung seperti asam sitrat, asam nikotinat, asam pantotenal, asam folat, niasin, riboflaviin, dan juga thiamin.

Buah kelapa bisa juga termasuk kedalam super buah, karena manfaatnya yang banyak. Beruntung bagi Indonesia sebagai negara maritim dengan jumlah pantai yang sangat banyak. Karena dengan begitu, buah kelapa dapat dengan mudah ditemukan di negeri kita tercinta ini. Karena memang, pohon kelapa banyak tumbuh di daerah pesisir pantai.

Nah, dengan kandungan vitamin dan mineral yang sebegitu banyak, buah kelapa bisa sangat bermanfaat untuk tubuh kamu nih berrykitcheners, seperti Meningkatkan sistem imun, menguatkan jantung, menjaga sistem pencernaan, memberikan rambut yang berkilau, dan juga bisa menguatkan gigi. Hmmm... Mantaap :)

Kelapa memiliki beberapa jenis, diantaranya :

1. Kelapa Gading

serba_serbi_buah_kelapa

Kelapa Gading adalah kelapa yang memiliki warna kuning gading dengan sebagian daun juga berwarna kuning. Biasanya, kelapa gading berbuah pada umur 3 tahun.

2. Kelapa Genjah

serba_serbi_buah_kelapa

Kelapa ini adalah kelapa yang paling sering digunakan karena populasinya yang cukup banyak di Indonesia, umur pohon kelapa genjah juga cukup panjang, yakni sekitar 50 tahun dengan masa produktif sekitar 25 tahun. Warna buah bervariasi, kuning, hijau dan jingga tergantung dari dimana dia tumbuh.

3. Kelapa Hijau

serba_serbi_buah_kelapa

Kelapa hijau adalah kelapa dengan warna kulit berwarna hijau. Kelapa hijau memiliki pohon yang tinggi dan juga buah yang berukuran besar. Kelapa hijau yang muda, berkhasiat sebagai penawar racun dan bisa mengatasi muntah-muntah dan kepala pusing.

4. Kelapa Merah

serba_serbi_buah_kelapa

Kelapa ini memiliki kulit berwarna cokelat kemerahan, kelapa ini memiliki daging buah yang banyak, oleh karena itu, kelapa jenis ini sering diijadikan bahan pembuat minyak kelapa.

5. Kelapa Kuning

serba_serbi_buah_kelapa

Kelapa ini memiliki kulit buah yang berwarna kuning, pohon kelapa kuning tidak terlalu tinggi, dengan buah yang tidak terlalu besar.

Naah, demikian pengenalan kelapa untuk kamu berrykitcheners... :)

Ternyata, selain menyegarkan, kelapa juga memiliki banyak manfaat. Gak nyesel untuk kamu yang suka menikmati kelapa, apalagi di pinggir pantai Kuta atau Gili Trawangan. Wuiiihhh..... ^_^

serba_serbi_buah_kelapa

Salam Berrykitchen :)
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu