facebook

Semangat Kerja Usai Libur Panjang

Senin, 18 June 2018 - 13:14:35 WIB
Diposting oleh : Berry
Semangat Kerja Usai Libur Panjang

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Semangat Kerja Usai Libur Panjang

Setelah libur panjang, rasanya malas sekali kembali ke rutinitas. Harus berkutat lagi dengan laptop, dokumen, email, dan meeting… Duh! Tapi, ini realita yang harus kamu terima karena bagaimanapun juga kamu memerlukan uang hasil bekerja untuk membiayai kehidupanmu sehari-hari dan liburanmu berikutnya.

 

Di hari-hari pertama masuk kerja setelah liburan, kamu mungkin merasa tidak semangat kerja dan mudah terdistraksi. Ini disebut back-to-work blues atau post-vacation blues. Hal ini wajar dan bukan cuma kamu yang mengalami ini.

 

Berrykitchen punya beberapa kiat agar hari-hari awal kembali ke kantor dapat terlewati dengan baik dan produktif:

 

Berdamailah dengan Keadaan

Berpikirlah positif. Jangan terus-menerus membayangkan liburan yang telah lalu sampai ngedumel saat harus menghadapi kenyataan harus kembali bekerja. Terima saja. Toh, akan ada liburan lagi nantinya. Tapi, ingat, kamu harus bekerja dulu untuk mengumpulkan uang.

 

Pakai Baju Baru

Kamu membeli baju baru saat liburan? Jika dirasa sesuai dengan aturan pakaian di tempat kerjamu, coba pakai ke kantor. Kamu juga bisa mengenakan baju favorit saat berangkat kerja. Hal ini bisa membuatmu lebih percaya diri dan bersemangat.

 

Atur Pekerjaan

Jangan terlalu ngoyo di hari pertama kerja. Buat target-target kecil saja agar kamu merasa puas setelah menyelesaikannya. Hindari terlalu ambisius ingin menyelesaikan banyak tugas sekaligus karena hal ini akan memperparah back-to-work blues saat target ternyata tidak tercapai.

 

Kamu butuh waktu untuk beradaptasi kembali dengan pekerjaan. Coba cek daftar pekerjaanmu, lalu atur mana yang mudah, mana yang membutuhkan waktu dan konsentrasi lebih, mana yang harus dikerjakan segera, mana yang bisa dikesampingkan sementara, dan mana yang bisa kamu alihkan ke orang lain.

 

Di pagi hari, kamu bisa membalas email-email dan telepon yang masuk, misalnya. Setelah itu, kamu bisa menyelesaikan laporan yang tertunda. Cara ini bisa membuatmu merasa produktif dan semangat mengerjakan tugas lainnya.

 

Manfaatkan Bantuan Rekan Kerja

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pekerja adalah melakukan segala sesuatunya sendiri, padahal ada orang lain yang bisa dimintai bantuannya. Delegasikan tugas-tugas kecil yang tak memerlukan perhatianmu kepada asisten atau anggota tim yang lebih menguasai. Dengan demikian, pekerjaan dapat terselesaikan dengan lebih efisien.

 

Atur Meeting ke Minggu Depan

Meeting rasanya tidak diperlukan di awal-awal masuk kerja. Toh, belum ada perkembangan berarti yang dapat dilaporkan karena kerja baru saja dimulai. Jika demikian, rapat malah hanya membuang-buang waktu yang seharusnya dapat digunakan untuk sesuatu yang lebih produktif.

 

Pindahkan jadwal pertemuan ke minggu depannya saja. Dengan begitu, kamupun punya waktu untuk menyiapkan bahan meeting.

 

Manfaatkan Waktu Istirahat

Hibur dirimu dengan makan di luar pada jam makan siang. Atau, kalau kamu membawa bekal, bawalah ke luar kantor agar kamu bisa menghirup udara segar. Hindari makan siang di kubikel sebisa mungkin. Sebab, tubuh dan pikiranmu yang terbiasa dengan kegiatan luar ruang saat liburan bisa jadi stres jika harus berada di ruang tertutup terus.

 

Oh, iya, jangan lupa ajak teman untuk makan bersama, ya. Paksa dirimu untuk berinteraksi meski sebenarnya kamu malas. Sebab, orang yang sedang murung cenderung menarik diri, dan teman bisa membantu mengurangi kesedihanmu.

 

Jam makan siang masih lama? Daripada tidak konsentrasi bekerja karena terus-menerus memikirkan makanan, lebih baik kamu melakukan stretching setiap satu jam untuk melemaskan otot-otot yang kaku, mengambil air minum, berjalan ke luar kubikel, atau mengobrol dengan rekan kerja.

 

Jadwalkan Kegiatan Seru di Akhir Pekan

Walau liburan panjang masih lama, kamu bisa merencanakan kegiatan menarik untuk akhir pekan nanti. Misalnya, spa, nonton bioskop, atau kumpul-kumpul dengan teman. Dengan demikian, kamu akan lebih bersemangat menjalani hari kerja agar bisa segera sampai ke weekend.

 

Ada beberapa tips tambahan agar kamu sukses mengatasi post-vacation blues. Salah satunya, matikan ponsel jika tidak dibutuhkan serta matikan notifikasi dan log out dari media sosial jika perlu. Sebab, melihat-lihat foto liburan yang bisa berujung ke ngepoin akun sana-sini tak terasa bisa menghabiskan waktu dan malah memperparah back-to-work blues-mu, lho.

 

Selain itu, saat merencanakan liburan berikutnya, coba kembali bekerja di tengah pekan atau selain hari Senin. Masuk kantor di hari Selasa, misalnya. Dengan demikian, hari kerja akan terasa lebih pendek. Tapi, pastikan kamu berbicara dengan atasan, rekan kerja, dan bawahanmu, ya, agar mereka bisa mengambil alih tugasmu saat kamu cuti.

 

Semangat bekerja kembali, ya, Berrykitcheners!

 

Foto: https://engageemployee.com

 

 

Kata Kunci: Semangat Kerja Usai Libur Panjang
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup