facebook

Segudang Manfaat Yoghurt

Selasa, 08 December 2015 - 07:54:30 WIB
Diposting oleh : Berry
Segudang Manfaat Yoghurt

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Segudang Manfaat Yoghurt

Halo Berrykitcheners, apa kabarnya di musim hujan ini? Sepertinya Jakarta mulai terkena banjir dan banyak orang sudah mulai terserang penyakit musim hujan. Tubuh menjadi lebih lemah dan pastinya menyulitkan dalam melakukan pekerjaan. Kita harus menjaga tubuh kita dengan baik, memperhatikan makanan maupun istirahat setiap harinya.  Yoghurt bisa jadi pilihan kamu. Banyak sekali loh kandungan di dalam yoghurt yang sangat baik untuk kesehatan. Bukan hanya pada saat musim hujan saja, tetapi yoghurt baik untuk dikonsumsi secara berkala.

Darimana Yoghurt berasal? Menurut Wikipedia, Bukti-bukti menunjukkan bahwa produk susu budidaya telah diproduksi sebagai makanan sedikitnya sejak 4.500 tahun lalu, sejak abad ke-3 SM. Yoghurt awalnya kemungkinan terfermentasi secara spontan oleh bakteri liar yang hidup pada tas kulit kambing yang dibawa oleh bangsa Bulgar, orang nomadik yang mulai bermigrasi ke Eropa pada abad ke-2 M dan akhirnya menetap di Balkan pada akhir abad ke-7. Sekarang, banyak negara memiliki yoghurt-nya sendiri. Meskipun demikian, sampai sekarang belum ada bukti yang jelas mengenai siapa yang menemukan yoghurt.

Yoghurt sendiri sebenarnya dibuat dari susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yoghurt. Manfaat dari yoghurt sendiri sangat baik, apalagi jika ditambahkan dengan buah-buahan yang juga mengandung vitamin, selain menambah cara penyajian yoghurt, vitamin yang terkandungpun menjadi lebih banyak.

Yuk kita simak apa saja manfaat dari yoghurt:

1. Memperkuat Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Di dalam yoghurt mengandung kalsium dan vitamin D yang sangat baik untuk tubuh. Kedua kandungan ini penting dalam menjaga kesehatan tulang. Kalsium mampu menjaga kepadatan dan memperkuat tulang serta mampu mencegah osteoporosis.

2. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Ternyata, setiap hari banyak orang yang mengkonsumsi lebih dari dua kali jumlah garam yang disarankan. Jika dilakukan terus menerus, hal ini dapat menyebabkan hipertensi dan penyakit ginjal. Dalam yoghurt terkandung cukup banyak kalium yang baik untuk mencegah tekanan darah tinggi karena dapat membantu membuang kelebihan sodium dalam tubuh. Karena itu, penderita darah tinggi disarankan mengkonsumsi yoghurt.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan kalsium yang bisa membantu untuk kamu yang sedang diet. Menurut studi yang dilakukan oleh International Journal of Obesity tahun 2005, kalsium dalam yoghurt membantu tubuh mengelola lemak yang tersimpan. Hal ini dapat membantu kamu untuk memiliki tubuh lebih ramping. “Vitamin B12 kebanyakan ditemukan dalam produk hewani, seperti daging ayam dan ikan, sehingga seorang vegetarian mungkin sulit untuk mendapatkannya,” kata Jackie Newgent, RD, seorang anggota dewan penasihat fitness dan penulis Big Green Cookbook. Jadi, vegetarian pun bisa mengganti daging dengan yoghurt loh.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mengkonsumsi yoghurt setiap hari membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Yoghurt mengandung prebiotic yang merangsang pembentukan sel darah putih yang merupakan tameng melawan bakteri. Dengan bertambahnya imun dalam tubuh akan membuat tubuh lebih kebal terhadap penyakit.

5. Memperlancar Pencernaan

Orang yang mengalami intoleransi laktosa karena beberapa alergi, dapat menikmati yoghurt dengan aman dan merasakan manfaatnya, Karena yoghurt lebih mudah dicerna daripada susu. Kultur aktif yang hidup di dalam yoghurt menciptakan lactase yang akan membantu meningkatkan penyerapan laktosa. Menurut ahli kuliner dan gizi, Robin Plotkin, RD, Kandungan probiotik yang merupakan bakteri baik dalam yogurt mampu membuat keseimbangan mikroflora dalam usus yang berperan penting dalam proses pencernaan usus dan menjaga kebugaran tubuh. Yoghurt sangat baik juga untuk pencernaan ibu hamil loh.

6. Mencegah Jamur Candida Albicans

Candida Albicans, merupakan jenis jamur penyebab penyakit wanita yang disebut vaginitis yaitu penyakit kelamin yang menyebabkan rasa gatal dan ketidaknyaman pada area kewanitaan. Penelitian membuktikan, bakteri probotik yang terkandung dalam yoghurt mampu mencegah munculnya jamur Candida Albicans.

7. Menyehatkan Gigi

Asam laktat dalam yoghurt memberikan perlindungan dalam gusi. Orang yang setidaknya mengkonsumsi dua ons yoghurt per hari, memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit periodontal yang parah daripada orang-orang yang tidak melakukannya.

8. Mencegah Tumor dan Kanker

Lactobasillus achidophilus dan Lactobasillus bulgaricus yang dihasilkan yoghurt mengandung efek anti tumor. Kanker rahim dan kanker prostat mampu di cegah oleh kandungan yoghurt dengan kandungan asam folat dan seng.

9. Baik Untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Yoghurt juga sangat baik untuk kecantikan, bukan hanya kesehatan saja. Berikut beberapa keuntungan dari yoghurt untuk kulit maupun kulit kepala dan rambut:

    a. Sifat pelembab dalam yoghurt bisa menjadi scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah.

    b. Asam dalam yoghurt dapat menghancurkan bakteri penyebab jerawat, jamur, dan kuman.

    c. Dalam yoghurt terdapaat seng yang membantu meringankan kulit dan gatal-gatal dari pembakaran. Penggunaan yoghurt dicampur dengan minyak esensial seperti minyak zaitun akan sangat membantu.

    d. Yoghurt mengandung anti-jamur dan anti-bakteri untuk merangsang pertumbuhan rambut dan menyingkirkan ketombe dan mengurangi rasa gatal pada kulit kepala.

    e. Gizi dalam yoghurt bisa membantu mengurangi rambut rontok.

Wah, yoghurt memang mengandung segudang manfaat. Mungkin kita selama ini menganggap yoghurt baik hanya untuk pencernaan dan kulit saja tapi ternyata dapat membantu mencegah penyakit tumor dan kanker loh, apalagi melindungi area kewanitaan dari bakteri dan jamur. Mulai sekarang yuk, lebih sering mengkonsumsi yoghurt! Selamat memulai hidup sehat ya :)

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup