facebook

Sajian Nasi Komplit Khas Nusantara

Kamis, 25 August 2016 - 13:39:50 WIB
Diposting oleh : Berry
Sajian Nasi Komplit Khas Nusantara

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Sajian Nasi Komplit Khas Nusantara

Hai Berrykitcheners! Nasi memang begitu istimewa di mata orang Indonesia. Jika belum menyantap nasi rasanya ada yang kurang bukan? Ternyata nasi tidak hanya disajikan dengan rasa yang itu-itu saja. Jenis nasi sajian khas nusantara juga beragam, lho! Mau tahu apa saja jenisnya? Yuk, simak satu per satu yaa!


1. Nasi Uduk


uduk


Nasi uduk adalah makanan khas Betawi yang cukup terkenal di tanah air. Nasi uduk terbuat dari nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan. Berbagai bumbu digunakan mulai dari kayu manis, pala, jahe, merica serta daun serai. Nasi yang terasa gurih ini bisa dinikmati dengan lauk pelengkap lainnya. Biasanya makanan pendamping tersebut berupa,  tahu goreng, bakwan, kerupuk, telur dadar yang diiris tipis, abon, bihun goreng plus tempe kering, ayam goreng, serta mentimun dan sambal kacang. Hidangan ini begitu mudah ditemui. Biasanya nasi uduk dijual pagi hari dan kamu bisa membelina di kedai pinggir jalan atau tempat makan sejenisnya.


2. Nasi Kuning


juning


Hidangan yang satu ini mungkin tidak asing bagi kita semua. Nasi kuning adalah hidagan asli Indonesia. Kuliner nasi ini terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit, santan, dan rempah-rempah. Nasi kuning memiliki aroma yang khas. Selain itu, warnanya juga terlihat cantik. Nasi kuning juga sering disajikan dalam acara syukuran atau acara adat, biasanya dibuat tumpeng. Rasanya yang gurih dan nimat ini pas  disajikan dengan lauk pelengkap, seperti tempe orek, urap, ayam goreng, irisan telur dadar, danbalado kentang. Nah, semakin nikmat bila disantap dengan sambal dan kerupuk!


3. Nasi Tug Tug Oncom


tugtug


Sebagian dari kita mungkin belum begitu mengenal nasi jenis ini. Mendengar nama hidangan ini cukup unik bukan? Dalam bahasa Sunda Tug Tug berarti menumbuk. Kuliner satu ini berasal dari Tasikmalaya. Sesuai dengan namanya hidangan ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan oncom khas Jawa Barat. Nasi Tug Tug Oncom dijual dengan harga yang terjangkau. Dijamin pasti tidak menguras dompet kamu yah. Kuliner ini semakin nikmat rasanya karena dibungkus dengan daun pisang sehingga membuat aroma nasi menjadi harum. Kamu juga bisa menambahkan lauk pelengkapnya, seperti  ayam goreng dan telur dadar. Hmm rasa pulen dan gurih dari nasi yang tercampur oncom semakin nikmat dimulut plus hidangan pelengkap yang mantap.


4. Nasi Lengko


b


Nasi lengko adalah makanan khas masyarakat yang tinggal di pantai utara, seperti Cirebon, Indramayu, Brebes, dan Tegal. Kuliner ini kaya akan serat dan protein karena bahan-bahan yang digunakan non hewani.  Nasi lenngko terdiri dari nasi putih hangat, tempe goreng, tahu goreng, mentimun mentah yang dipotong, tauge rebus, daun kucai, bawang goreng, bumbu kacang, dan kecap manis.Begitu engkap gizinya dan tentunya tetap enak di lidah. Ditaburi bawang goreng dan kerupuk semakin nikmat disantap.


5. Nasi Kebuli


ee


Hidangan ini cukup populer di mata orang Betawi dan keturunan Arab. Nasi kebuli adalah kuliner nasi yang berbumbu dan dimasak dengan kaldu daging kambing, susu kambing, dan minyak samin. Nasi yang kaya akan rempah ini disajikan dengan daging kambing goreng. Rasanya gurih dan manis dari irisan kurma atau kismis sebagai taburannya. Selain itu, nasi kebuli hampir miri[ denga nasi Briyani. Ada sedikit kesamaan pengaruh dari budaya Arab Timur Tengah dan India Muslim.


Ternyata nasi tidak hanya disajikan dengan rasa dan gaya yang monoton. Rasa dan tampilannya pun berbeda dan lebih nikmat. Kamu bisa memilih sajian nasi komplit khas nusantara yang paling kamu gemari. Kabar baiknya, kamu juga bisa menikmati  salah satu sajian nasi tersebut di menu catering harian Berrykitchen. Sampai bertemu lagi dipost-an selanjutnya ya, Berrykitcheners!

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu