facebook

Resep Tart Pistachio, Kacang Arab Gurih Banyak Manfaat

Senin, 20 April 2015 - 12:07:04 WIB
Diposting oleh :
Resep Tart Pistachio, Kacang Arab Gurih Banyak Manfaat

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Resep Tart Pistachio, Kacang Arab Gurih Banyak Manfaat

Hai berrykitcheners...

Kacang apa aja sih yang biasa kamu kenal? Kacang mete? Kacang Tanah? Kacang Polong? Kacang Merah? Kacang Kedelai?

Pernah dengar kacang pistachio?

Naah, biasanya, kacang ini dijadikan sebagai oleh-oleh haji nih berrykitcheners, karena memang, pistachio adalah tanaman yang hanya bisa di budidayakan di daerah Timur Tengah, terutama di daerah kering Iran, Turkmenistan, dan juga Azerbaijan Barat.

Infused_Water

Pistachio memiliki biji berwarna hijau yang cantik, sehingga sering digunakan untuk garnishing makanan, snack, pie, es krim, dan cake :)

Dari segi manfaatnya, kacang arab ini mengandung banyak sekali manfaat, diantaranya :

1. Untuk yang Sudah Periksa ke Dokter, dan Kolesterolnya Tinggi, Boleh Coba Kacang Ini :)
Pistachio sangat kaya akan asam oleat dan asam lemak tak jenuh tunggal dimana kandungan ini dapat membantu menurunkan kolesterol jahat LDL dan meningkatkan kadar kolesterol baik HDL, pas banget nih buat kamu yang lagi diet, tapi pengen ngemil :D

2. Say No to Cancer!
Penelitian membuktikan bahwa kacang pistachio mengandung banyak senyawa seperti karoten, vitmain E, dan juga polifenol antioksidan. Senyawa-senyawa ini, bisa membantu menangkal efek radikal bebas dan juga oksigen beracun dari tubuh kamu nih. Jadi, jauh-jauh deh dari kanker dan juga infeksi berkelanjutan.

3. Garing, Gurih, Berenergi
Kita semua tahu, kacang memang termasuk sumber energi yang baik untuk tubuh kamu, begitu pula kacang pistachio. Dengan adanya kandungan antioksidan, dapat menetralisir radikal bebas yang menjadi penyebab melemahnya sel-sel dalam tubuh kita yang pada akhirnya membuat organ tubuh dan jaringan dalam tubuh ikut melemah. Antioksidan juga dapat menghentikan reaksi berantai selular yang dapat membuat tubuh kita terhindar dari rasa lelah.

4. Punya Kulit Kering? Jadwalkan Untuk Segera Mengkonsumsi Kacang Pistachio
Banyaknya kandungan minyak di dalam kacang pistachio ini, dapat membantu elastisitas dan juga kelembutan kulit lho. Naah, minyak kacang pistachio ini, cocok banget buat kamu yang punya kulit kering :)

5. Ini Kacang Buat Kamu yang Takut Gemuk
Kacang identik dengan tingginya lemak yang dikandung. Jangan takut deh kalo untuk kacang yang satu ini. kacang pistachio mengandung lemak sehat sehingga tidak akan meningkatkan kadar kolesterol, tetapi justru mampu menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Wiiiihhh

Infused_Water

6. Vonis Diabetes Bukan Hal Mudah, Ini Cara Enak Untuk Mengontrolnya
Pistachio bukan hanya menjadi cemilan gurih dan reyah, tetapi juga sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah lho berrykitcheners. Nah, untuk kamu yang memang sudah memiliki penyakit diabetes, kacang pistachio ini bisa membantu kamu utnuk mengontrol kadar gula darah kamu nih :)

7. Penuhi Serat Kamu dengan Pistachio :)
12% kacang ini adalah serat. Nah, bayangin deh tingginya kadar serat dalam kacang pistachio ini. Para ahli gizi menyarankan kamu untuk mengkonsumsi paling sedikit 14 gram per 1000 kalori serat setiap harinya. Ini berarti, dengan mengkonsumsi 4-5 pistachio dalam satu hari, sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan serat harian kamu berrykitcheners :)

Sebenernya, kacang pistachio ini bisa kamu makan langsung selayaknya snack kemasan lain, tapi, mau tau cara asik lain untuk menikmatinya? :) Buat tart aja :D

Infused_Water

Kamu perlu persiapkan :
1. mentega tawar, dinginkan, potong dadu
2. 2 btr telur ayam
3. tepung terigu, gula bubuk, cokelat bubuk, ayak bersama
4. 240 gram cokelat hitam
5. Mentega tawar
6. Gula pasir
7. 4 kuning telur
8. 2 btr telur ayam
9. Kacang pistachio, panggang, tumbuk kasar sebagai topping

Cara membuat :
1. Tart, campur bahan kering dengan mentaga menggunakan food processor hingga berbutir seperti pasir. Tambahkan telur, uleni sampai rata, bulatkan, padatkan.
2. Gilaas adonan tart hingga setebal 3-4mm. Lapisi cetakan tart (diameter 8cm) dengan adonan. Tekan-tekan dengan jari hingga menipis di bagian tengah. POtong bagian tepinya dengan pisau. tusuk-tusuk dengna garpu. Ulangi proses yang sama untuk sisa adonan.
3. Simpan di dalamm lemari es hingga memadat. Keluarkan, taruh baking papaer/alumunium foil dan kacang-kacangan sebagai pemberat.
4. Panggang dalam oven panas 170 derajat celsius hingga matang. Kelaurkan, angkat baking paper/alumunium foil dan pemberat.
5. Panggang kembali di dalam oven panas hingga permukaan mengering, kurang lebih 10 menit. Keluarkan, sisihkan.
6. Untuk isi, tim cokelat bersama mentega sampai meleleh, angakt, sisihkan
7. Kocok gula dan telur menggunakan mixer berkecepaatan sedang sampai rata. Tambahkan mentega leleh dan aduk rata.
8. Tuang bahan isi ke dalam setiap tart. Panggang dalam oven panas bersuhu 170 derajat celsius sampai isi matang. Keluarkan, saat tidak panas, hias dengan bahan hiasan, sajikan.

Infused_Water

Naaah, manfaat udah, resep juga udah, lengkap deeh... :)

Selamat mencoba dan berkreasi dengan kacang sehat ini yaa :)

Sumber : Femina.co.id
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup