facebook

Resep Matcha Beverage, Minuman Bersejarah Panjang Untuk Minuman Penjamu Tamu Kerajaan :)

Kamis, 16 April 2015 - 08:12:18 WIB
Diposting oleh :
Resep Matcha Beverage, Minuman Bersejarah Panjang Untuk Minuman Penjamu Tamu Kerajaan :)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Resep Matcha Beverage, Minuman Bersejarah Panjang Untuk Minuman Penjamu Tamu Kerajaan :)

Hai berrykitcheners,

Melanjutkan dari postingan sebelumnya mengenai berbagai olahan matcha selain dijadikan sebagai minuman, saatnya sang bubuk ajaib ini kembali ke kodratnya sebagai minuman.

Berdasarkan jenisnya, ada dua jenis minuman teh dari matcha, ada koicha atau teh kental, dan juga usucha atau teh encer. Nah, yang membedakan mereka berdua adalah kadar dari kekentalan dan juga cara meminumnya nih berrykitcheners. Biasanya, keduanya digunakan untuk acara yang sangat formal. Dan matcha dengan kualitas bagus, memiliki rasa lebih manis dibanding dengna matcha yang memiliki kualitas rendah. Dan Koicha ini, termasuk kedalam matcha kualitas terbaik dengan harga yang mahal. Ada pula chasen, atau alat pengocok matcha, alat ini dapat digunakan untuk memunculkan buih atau busa pada matcha.

For your information juga nih berrykitcheners, kebiasaan minum teh sebenarnya dimulai di daerah Tiongkok pada zaman dinasti Tang, dan populer pada zaman Dinasti Song. Khasiat dan cara membuat teh dicatat dalam kitan Cha Ching sekitar abad ke-8 lho berrykitcheners :)

matcha cake

Naah, kapan matcha masuk ke Jepang?

Sebenarnya, Orang Jepang lebih mengenal Dancha, atau teh yang dibuat seperti bola, dan matcha, masuk ke Jepang pada abad ke-12 atau zaman kamakura setelah dibawanya matcha oleh pendeta Zen, beraliran Rinzai yang bernama Eisai.

Wiiihhh...keren juga yah sejarahnya ^_^

Nah, sekarang, berry akan ajak kamu untuk mengkreasikan bubuk kaya manfaat ini :)

Dimulai dari Matcha Smoothies! Aaah lagi-lagi smoothies... tapi memang sajian miinuman ini paling pas dikreasikan ya berrykitcheners, nih cara buatnya :)

Persiapkan :
1. 2 bh pisang
2. 250 mL susu cair
3. 3 sdt matcha
4. 1/2 sdt ekstrak vanila
5. 1 gls es batu
6. 2 sdm madu untuk pemanis

matcha tea

Caranya :

Masukkan semua bahan ke dalamm blender dan haluskan sampai tercampur rata dan benar-benar lembut. Apabila masih kurang manis, kamu bisa menambahkan madu sebagai pemanis alami. Selesai deh, oh ya, ini bisa menjadi pengganti makan siang kamu lho, karena ini juga cukup untuk menunda lapar. Kereeen... :D

Matcha memang sih identik dengan susu, tapi, masa iya sih nggak ada olahan yang tidak mengandung susu, ada kok ;) Matcha Iced Mint contohnya :)

Kamu perlu persiapkan :
1. 1 gls air
2. 1 sdt bubuk matcha green tea
3. 1 gls es batu, hancurkan
4. 2 iris jeruk nipis
5. 5 lbr daun mint
6. 1 sdm madu

matcha tea

Nih cara membuatnya :
1. Tuang air dan bubuk matcha ke dalam gelas. Kocok sampai tercampur rata dan tidak ada yang menggumpal
2. Masukkan es batu, jeruk nipis, daun mint, dan pemanis ke dalam campuran tersebut, dan kocok lagi sampai semuanya tercampur.
3. Tuang ke dalam gelas, tambahkan irisan jeruk nipis dan juga daun mint untuk memunculkan rasa yang lebih kuat.

Brrrr....seger banget pastinya nih.... :D

Naaah, gimana? resep-resep matcha ini sudah membuat kamu makin cinta dengan bubuk hijau ajaib ini dong yaah... :)

Selamat mencoba berrykitcheners :)

Salam berrykitchen :)
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup