facebook

Resep Manisan Belimbing Wuluh, Menyiasati Masamnya Buah Masam Banyak Manfaat :)

Senin, 08 June 2015 - 02:00:00 WIB
Diposting oleh :
Resep Manisan Belimbing Wuluh, Menyiasati Masamnya Buah Masam Banyak Manfaat :)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Resep Manisan Belimbing Wuluh, Menyiasati Masamnya Buah Masam Banyak Manfaat :)

Hai Berrykitcheners :)

Belimbing wuluh, atau biasa dikenal juga dengan sebutan bellimbing sayur, adalah sayuran atau buah yang tekenala memilki cita rasa masam yang luar biasa. Namun, di balik cita rasanya yang masam itu, ternyata belimbing wuluh mmemilki banyak sekali manfaat.

Zaman dahulu, belimbing wuluh digunakan untuk membersihkan perabot dapur dari minyak, serta bisa juga digunakan sebagai pembersih kuku. Namun seiring perkembangan zaman, dan dilakukan penelitian, belimbing wuluh mulai dijadikan bahan konsumsi oleh orang-orang di dunia, khususnya di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, belimbing wuluh banyak digunakan sebagai penyegar di dalam sayur, karena cita rasanya yang masam. Dan ternyata, bukan itu saja lho berrykitcheners, dikutip dari manfaat.com, yuk kita simak apa aja sih manfaat dari buah hijau bercita rasa masam ini :)

Kandungan Gizi :

Dengan rasa masam yang dimilikinya, buah ini ternyata memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan lainnya seperti glukosid, tanin, asam fomat, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulfur dan juga kalium sitrat dipercaya mampu untuk mengurangi efek diabetes, batuk, sakit gigi, dan juga sariawan.

Dapat Mengobati Batuk

Untuk pengobatan batuk, kamu cukup mengambil 3 butr buah belimbing wuluh, dicampur dengan beberapa butir adas, gula secukupnya, ditambah dengan 1 cangkir air. Lalu tim campuran tersebut selama beberapa jam. Dinginkan lalu disaring dengan kain. Inum dua kali sehari sebelum makan.

Untuk mengontrol gula darah

Ambil 6 buah belimbing wuluh dillumatkan lalu rebus dengan segelas air hingga separuhnya. Saring dan minum dua kali sehari. Zat dan rasa asam yang ada pada belimbing wuluh terbukti sangat ampuh untuk menekan jumlah gula darah yang berlebihan pada penderita diabetes.

resep_manisan_belimbing_wuluh

Bahkan darah Tinggi Pun Teratasi
Belimbing wuluh dikenal sebagai obat hipertensi atau darah tinggi. Caranuya dengan merebus 3 buah belimbing dengan dua gelas air hingga menjadi setengah gelas. Lalu minum sekali dalam sehari. Minum hngga tekanan darah kembali normal.

Mengatasi Sariawan juga bisa lho :)
Sariawan adalah penyakit ringan yang sangat mengganggu, karena ada di organ kita yang cukup vital, yakni mulut. Memang sedikit ekstrim untuk mengambil pengobatan sariawan dengan belimbing wuluh karena rasa asam yang luas biasa dan pastinya, rasa yang ditimbulkan juga cukup perih. Namun, buah ini dipercaya dapat menyembuhkan sariawan dengan cepat lho berrykitcheners. Caranya dengan membelah daging buah belimbing menjadi 2 bagian, lalu dioleskan ke bagian mulut yang sedang mengalam sariawan.

Naah, dari sekian banyak manfaatnya, sudah pasti nggak ada ruginya untuk kamu mulai mengkonsumsi buah hijau ini. Tapi, rasa masam yang dimilikinya memang sedikit mengganggu. Nih berry kasih kamu cara untuk menikmati dan menyiasati rasanya yang unpleasant itu. jadi pohon belimbing wuluh di depan trumah kamu nggak mubadzir. :p

Kamu perlu persiapkan :
1. 2 kg Belimbing Wuluh
2. 1,5 kg Gula Pasir
3. 1 Liter Air
4. 1 sdm Kapur Sirih

Cara Membuat :

1. Buat air kapur sirih, caranya dengan melarutkan kapur sirih bersama air dan membiarkannya mengendap selama beberapa jam dan ambil air bersihnya saja.

2. Siapkan belimbing wuluh, llalu rendam di dalam air kapur sirih. Rendam selama 2 jam.

3. Didihkan 1 Liter air laalu masukkan 500 gram gula dan tunggu hingga mendidih, matikan api

4. Masukkan belimbing ke dalam rebusan gula yang masih panas. Rendam belimbing selama 24 jam.

5. Setelah 24 jam, angkat dan tiriskan belimbing wuluh, lalu didihkan kembali air rendamannya dan tambahkan 500 gram Gula Pasir.

6. Masukkan kembali belimbing wuluh ke dalam air gula. Ulangi prosesnya hingga 2 atau 3 kali hingga rasa masam dari belimbing wuluh benar-benar hilang.

7 Setelah selesai, tiriskan belimbing wuluh, lalu jemur dibawah matahari, tujuannya, adalah untuk menghilangkan kadar air yang terkandung di dalam belimbing wuluh.

8. Setelah kering, masukkan kedalam stoples penyimpanan, dan Manisan Belimbing Wuluh siap disajikan :)

Dengan Resep Manisan Belimbing wuluh ini, pohon belimbing wuluh yang tumbuh di haaman rumah kamu, bisa dimanfaatkan nih berrykitcheners :)

resep_manisan_belimbing_wuluh

Resep ini, dapat juga kamu aplikasikan untuk membuat manisan buah ciremai atau buah bercita rasa masam lainnya :)

Selamat Mencoba :)

Salam Berrykitchen :)
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup