facebook

Resep Tumis Vegetable Egg Tofu, Yuk Kenali dan Nikmati Si Kenyal Dari Kedelai Ini :)

Selasa, 09 June 2015 - 02:00:00 WIB
Diposting oleh :
Resep Tumis Vegetable Egg Tofu, Yuk Kenali dan Nikmati Si Kenyal Dari Kedelai Ini :)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Resep Tumis Vegetable Egg Tofu, Yuk Kenali dan Nikmati Si Kenyal Dari Kedelai Ini :)

Hai Berrykticheners :)

Kamu pasti sudah tahu olahan kacang kedelai selain tempe dan susu kedelai, yep tahu. Di Indonesia, makanan kenyal berwarna putih ini cukup dikenal di kalangan warga Indonesia. Karena memang, setiap distributor tempe yang notabene makanan khas Indonesia, mereka juga pasti memproduksi tahu, karena bahan baku yang sama dan juga proses yang tidak terlalu berbeda.

Walaupun tempe berasal dari Indonesia asli, namun kerabat dekatnya ini tidak berasal dari Indonesia, melainkan dari tanah Tiongkok, karena tahu berasal dari kata Tauhu dalam bahasa Hokkian yang secara harfiah berarti kedelai yang difermentasikan. Pertama kali diperkenalkan, hanya ada satu jenis tahu, yaitu Tahu Putih dan seiring perkembangan zaman, bentuk tahu dan juga rasanya mengalami banyak perkembangan pula. Terutama di Jepang, tahu dikenal dengan nama Tofu, dan makanan ini sangat populer di negara matahari terbit tersebut.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa jenis tahu yang kita kenal, diantaranya :

1. Tahu Putih

resep_dan_jenis_tahu

Tahu jenis ini memiliki tekstur yang padat dengan pori-pori agak besar, banyak sekali dijumpai di pasaran dengan bentuk kotak atau agak membulat. Tahu putih ini sangat cocok untuk diolah menjadi lauk teman nasi putih. Catatan untuk tahu putih ini. Ia memiliki umur yang tidak begitu lama, Thau putih hanya mampu bertahan selama 2 hari, walaupun telah dimasukkan ke lemari pendingin. Apabila telah lewat 2 hari, akan merubah tekstur dan juga rasa yang dihasilkan akan jauh berbeda. Jadi, cara terbaik mengolah tahu putih adalah, mengolahnya secara langsung ketika membeli.

2. Tahu Kuning

resep_dan_jenis_tahu

Tahu yang bertekstur sangat padat, kenyal, berpori halus dan lembut ini dikenal dengan nama Tahu Takwa atau Tahu Jawa. Karena memang daerah yang mengembangkan tahu ini adalah Kediri. Karena tekstur padatnya, keunggulan tersendiri untuk tahu kuing ini, karena tahu ini tidak mudah hancur seperti tahu putih. Kamu bisa dengan lebih mudah mengolah tahu kuning ini. Thau ini sangat cocok dijadikan tumisan atau digoreng. Ciri khas tahu ini adalah, ketika di goreng, permukaan terluar akan mengeras dan renyah, sedangkan bagian dalam tahu akan tetap seperti tekstur aslinya, yakni padat dan lembut. Warna kuningnnya berasal dari kunyit. Dengan proses perebusan didalam larutan kunyit dan garam, secara teknis, tahu kuning ini sudah matang karena proses perebusan yang membuat tahu ini sudah layak dimakan. Perebusan ini juga membuat tahu kuning jadi lebih gurih dan tidak masam.

3. Tahu Pong

resep_dan_jenis_tahu

Tahu ini memiliki pori-pori besar. Ketika di goreng kering, maka bagian dalam tahu akan membentuk rongga, kulitnya akan berwarna kecoklatan dan renyah. Tahu pong lebih umum dijadikan cemilan dengan cara digoreng dan dinikmati dengan cabai rawit segar.

4. Tahu Susu

resep_dan_jenis_tahu

Tahu susu diperoleh dari proses Curding atau menggumpakan susu dengan rennet atau asam seperti lemon atau cuka lalu menghilangkan bagian cairnya. Nah, setelah itu, bagian susu yang telah menggumpal tersebut di padatkan hingga membentuk tahu. Tahu ini memiliki tekstur lembut dan rasa yang lebih gurih dari tahu lainnya. Pembuatan tahu susu ini adalah contoh pemanfaatan susu dengan kualitas rendah. Dengan begini, susu tidak ada yang terbuang, dan justru menjadi makanan yang sangat lezat.

5. Tahu Sutera

resep_dan_jenis_tahu

Seperti kita tahu, sutera adalah kain dengan tekstur yang sangat lembut, begitu juga Tahu Sutera, tahu jenis ini memiliki tekstur yang pa.ing lembut diantara tahu yang lainnya. Di pasaran, tahu sutera dijual dalam kemasan plastik kedap udara, ada yang berbentuk silinder, ada pula yang segi empat. Ada pula tofu yang ditambah dengan telur atau dikenal dengan Egg Tofu dengan warna yang lebih kuning. Selain telur, ada pula tahu sutera dengan tambahan udang atau dikenal dengan nama Shrimp Tofu. Karena kelembutannya, tahu sutera adalah tahu yang paling rapuh diantara semuanya, maka dari itu, butuh trik khusus untuk kamu mengolah tahu sutera ini. Salah satu tri untuk menggoreng dan mempertahankan tahu tidak pecah adalah dengan mencampurnya dengan telur, atau bisa dengan menggunakan tepung bumbu. Gunakan api sedang dan usahakan tahu terendam. Jangan terlalu sering membalik tahu, karena ini akan membuat tahu hancur. Karena tahu ini adalah produksi pabrik besar dan bukan home industri. Maka tahu ini memiliki tanggal kadaluwarsa yang tentunya lebih lama dari tahu lainnnya. Tahu ini banyaj diolah di restoran Chinese Food atau Japanese Food seperti Sapo Tahu, atau yang lainnya.

Tahu Kulit

resep_dan_jenis_tahu

Memiliki nama tahu sumedang, tahun ini memiliki kulit yang tebal berwarna kecoklatan dan memiliki rongga yahng besar. Tahu sumedang adalah tahu siap santap, hanya dengan menggoreng, lalu siap disajikan. Tapi ada lho kreasi orang Indonesia yang menjadikan tahu kulit ini menjadi makanan enak bernama Tahu Gejrot :)

Dengan manfaat yang kurang lebih sama dengan tempe, tetapi pastinya lidah kamu dimanjakan dengan kelembutan teksturnya.

Berikut berry kasih tau kamu cara asyik menikmati tahu ini, membuat Tumis Egg Tofu dengan Sayuran bukan ide yang buruk ya berrykitcheners :)

Kamu perlu persiapkan :
1. 2 bks Egg Tofu, potong tebal 2cm atau 3cm
2. 100 gram Wortel, potong korek api
3. 50 gram Buncis, iris miring
4. 2 siung Bawang Putih cincang
5. 3 bh Cabai Merah Keriting
6. 2 sdt Kecap Ikan
7. 1 sdt Kecap Asin
8. Garam dan merica secukupnya
9. 1/4 sdt Gula Pasir
10. 150 ml Air
11. 1 btg Daung Bawang
12. 1 sdm Minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, goreng tofu dalam minyak panas hingga berkulit dan kecoklatan, angkat dan tiriskan.
2. Tujmis bawang putih dan cabai merah keriting hingga harum, tambahkan wortel, buncis, dan tofu, aduk rata.
3. Masukkan kecap ikan, kecap asin, garam, merica bubuk, dan gula pasir, Aduk hingga merata.
4. Tuang air, masak hingga bumbu meresap
5. Sajikan dengan daun bawang dan Tumis Tofu siap dihidangkan.

resep_dan_jenis_tahu

Jenis-jenisnya udah, manfaatnya juga sudah, Resep Membuat Tumis Tofu juga sudah.

Naah, gak ada alasan untuk tidak mengkonsumsi makanan sehat satu ini :)

Selama mencoba :)

Salam Berrykitchen :)
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu