facebook

Resep Yakitori, Street Food Jepang yang Mirip Dengan Sate Ayam :)

Senin, 25 May 2015 - 17:00:00 WIB
Diposting oleh :
Resep Yakitori, Street Food Jepang yang Mirip Dengan Sate Ayam :)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Resep Yakitori, Street Food Jepang yang Mirip Dengan Sate Ayam :)

Hai Berrykitcheners :)

Setelah kemarin kita membahas masakan tradisional Indonesia, Yuk kita sedikit bergerak kearah Asia Timur, tepatnya ke negara Jepang.

Salah satu masakan Jepang yang sedang populer di Indonesia adalah Yakitori.

Mungkin sebagian kamu belum mengetahui apa itu Yakitori ya. Naah, menurut www.menu-tokyo.jp, Yakitori adalah makanan yang berbahan dasar ayam yang diolah dengan cara dibakar diatas bara api, dan ditusuk dengan kayu. Ya, sepintas memang mirip seperti sate sih berrykitcheners, hanya saja yang membedakan adalah bumbu yang digunakan. Yakitori hanya memakai bumbu garam sederhana, atau kecap asin. Berbeda dengan sajian sate di Indonesia yang menggunakan berbagai macam bumbu sebagai sausnya.

resep-yakitori

Sama halnya seperti di Indonesia, Yakitori atau sate ini juga di jajakan di kedai pinggir jalan di Jepang. Jadi, makanan ini cukup populer disana sebagai panganan utama.

Kalau di Indonesia ditanya, "Bumbu kacang atau bumbu kecap" nah kalo di Jepang, hanya menggunakan garam, atau kecap saus kecap. Tapi kamuj gak usah bingung apabila berkunjung kesana, karena sudah pasti bumbu yang dipilih akan disesuaikan dengan bagian mana ayam yang di jadikan yakitori tersebut. Pada daerah asalnya, ada beberapa bahan pendamping untuk menikmati yakitori ini. Bisa dinikmatii dengan pelengkap Ichimi Togarashi atau bubuk cabe 1 rasa, Sichimi TOgarashi atau bubuk cabe 7 rasa, atau juga Sansho atau bubuk cabe khas Jepang. Bagian ayam yang digunakan juga beragam, bukan hanya dagingnya saja, tetapi dipisah menjadi beberapa jenis, sesuai bagian mana yang dijadikan Yakitori. Bentuk umumnya adalah, paha, kulit, tulang muda, sayap, hati, ampela, atau tsukune (bakso ayam olahan). Naah, dalam pemesanan, biasanya akan dicampur dengan organ dalam ayam. Jangan khawatir, ini bisa mix and match kok ^_^

resep-yakitori

Ada beberapa jenis yakitori yang dikenal di Jepang dengan sebutan khasnya. Adda Seseri atau dagng ayam sekitar leher, Tebasaki atau bagian ujung sayap ayam, Negima yaitu kombinasi daging dada ayam dengan daun bawang, Ikada atau daun bawang yang ditusuk, matsuba atau tulang di antara bagian dada dengan leher, dan juga kappa, atau tulang muda yang terletak di dada ayam.

Naah, dibawah ini ada Resep Membuat Ayam Yakitori buat kamu berrykitcheners :)

Yuk Persiapkan :

1. 125 ml Kecap Manis
2. 75 ml Sake
3. 2 sdm daun bawang
4. 1 cm jahe, parut halus
5. 1 sdt Gula Pasir
6. Garam dan Merica secukupnya
7. 500 gram fillet dada ayam, cuci bersih, potong dadu
8. 300 gram Bawang Merah kupas, dan biarkan bulat
9. 20 bh tusuk sate

Cara Membuat :

1. Campurkan setangah bagian kecap manis dengan sake, daun bawang, jahe, gula, garam, dan merica. Aduk sampai merata
2. Masukkan potongan daging ayam ke dalamnya, aduk rata sampai seluruh bagian ayam tertutupi kecap. Tutup dengan plastic wrap, diamkan selama 1 jam sampai meresap.
3. Tusuk dengan tusuk sate, lakukan sampai sisa daging ayam habis.
4. Bakar diatas bara api sambil sesekali dioles dengan saus dan dibolak balik hingga kecoklatan dan matang
5. Angkat dan sajikan bersama sisa kecap manis.

Sajikan yakitori kamu dengan topping saus sambal atau mayonaise, akan lebih enak apabila kamu beri taburan nori diatasnya. Untuk daging ayam, tidak selalu menggunakan fillet dada ayam, tetapi kamu juga bisa menggunakan bagian lain dari ayam. Seperti paha, sayap, jeroan sekalipun.

resep-yakitori

Selamat Mencoba :)

Salam Berrykitchen :)
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup