facebook

Resep Telur Puyuh Bacem, Jangan Remehkan Manfaat Makanan Angkringan Yang Ini :)

Rabu, 15 April 2015 - 04:31:08 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Telur Puyuh Bacem, Jangan Remehkan Manfaat Makanan Angkringan Yang Ini :)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Resep Telur Puyuh Bacem, Jangan Remehkan Manfaat Makanan Angkringan Yang Ini :)

Hai berrykitcheners :)
 
 
Untuk kamu anak tongkrongan, pasti tau deh kedai makanan kaki lima yang lagi Hits banget belakangna ini. Ya, kedai makanan yang berasal dari Yogyakarta ini memang sedang naik daun, tua muda pun gandrrung makan atau sekedar menghabiskan waktu berbincang dengan teman sejawat. 
 
Apalagi kalau bukan angkringan. Nah diantara banyaknya menu yang terhidang, ada satu menu wajib yang harus terhidang di meja angkringan, yaitu telur puyuh bacam. Hmm... telur puyuh rebus dengan cita rasa manis ini selalu menjadi favorit bagi siapa saja yang mengunjungi kedai makan angkringan ini lho berrykitcheners. Nah, sebelumnya, yuk kita bahas apa saja sih kandungan telur puyuh untuk kesehatan. 
 
 
 
Menurut foodsoldier.com, Telur puyuh mengandung :
 
1. Vitamin 
Pada telur puyuh, terkandung 13% protein, sedangkan pada telur ayam, hanya 11%. Telur puyuh juga mengandung vitamin B1 sebesar 140 mu-g, sedangkan pada telur ayam, hanya 50 mu-g. Belum lagi kandungan vitamin A dan B2 yang juga lebih banyak dari telur ayam. Wiihh....
 
 
2. Tidak mengandunf kolesterol jahat (LDL)
Manfaat telur puyuh yang lain, yaitu tidak adanya kandungan kolesterol jahat. Dan justru, kandungan protein baik lah yang banyak terkandung pada telur mungil ini. Dan lagi, untuk kamu yang alergi telur ayam, jangan lagi takut alergi dengan telur puyuh ini, karena berkat protein ovomucoid,, telur puyuh dapat mengurangi gejala alergi lho berrykitcheners :)
 
3. Bakteri Salmonella
Sudah dari dulu, memakaan telur mentah diyakini sebagai kegiatan yang sehat dan dapat mendongkrak stamina. Tapii, dengan mengkonsumsi telur, sangat beresiko terinfeksi bakteri salmonella lho berrykitcheners. Namun, sekali lagi, kamu gak perlu takut apabila mengkonsumsi telur puyuh. Dengan suhu tubuh yang lebih tinggi dari ayam, bakteri salmonella tidak bisa hidup di dalam tubuh burung puyuh. Jadi, gak usah takut deh berrykitcheners. tapi tetap ya, telur harus dicuci bersih dulu sebelum dikonsumsi ;)
 
4. Meningkatkan kekebalan tubuh
Dengan membiasakan diri mengkonsumsi telur puyuh setiap pagi, kamu sudah melakukan pilihan yang baik menuju hidup sehat. Karena telur puyuh ddapat membantu metabolisme kamu nih berrykitcheners. Sudah pasti, akan meningkatkan stamina tubuhmu fit sepanjang hari. 
 
Nah... manfaat sudah berry kasih, kamu pasti sudah nggak sabar ya untuk mengetahui resep telur puyuh yang di jual di angkringan itu, yuk buat :)
 
Kamu harus menyiapkan :
1. Lengkuas dimemarkan 1 siung
2. Gula Merah disisir
3. Daun Salam 1 lbr
4. 700 mL Air Matang
5. 4 sdt Kecap Manis
6. Telur Puyuh
7. Penyedap Rasa Sesuai Selera
8. 1 sdt Ketumbar
9. 5 Siung Bawang Merah dan Putih
10. 1 sdt Garam
 
Cara membuatnya :
1. Rebus Telur Puyuh Sampai Matang, kupas. Sekedar tips, rendam dengan air dingin beberapa saat untuk memudahkan kamu untuk mengupas kulit telur puyuh.
2. Siapkan bumbu halus yang terdiri dari Gula Merah, Lengkuas, Kecap Manis yang kemudian di rebus sampai mendidih. Dan masukkan telur puyuh yang sudah dikupas.
3. Masak sampai air meresap ke telur puyuh, ditandai dengan berubahnya warna telur puyuh menjadi kecoklatan.
4. Tunggu sampai air menyusut, angkat dan dinginkan.
5. Nah, telur puyuh bacam kamu siap dihidangkan. Tusuk dengan tusuk sate agar menyerupai telur puyuh yang biasa kamu jumpai di Angkringan :)
 
 
Kamus Resep Kamu tambah lagi nih Berrykitcheners :)
 
Selamat mencoba yaa :)
 
Salam Berrykitchen :)
Kata Kunci: Resep Telur Puyuh Bacem
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup