facebook

Proses Pembuatan Telur Pitan, Telur Hitam Fermentasi Untuk Umur Panjang :)

Senin, 08 June 2015 - 07:00:00 WIB
Diposting oleh :
Proses Pembuatan Telur Pitan, Telur Hitam Fermentasi Untuk Umur Panjang :)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Proses Pembuatan Telur Pitan, Telur Hitam Fermentasi Untuk Umur Panjang :)

Hai Berrykitcheners :)

Apabila kamu pergi ke restoran chinese food yang menyajikan bubur, diantara dari mereka ada yang menyajikan dengan topping seperti jeli, berwarna transparan dengan rasa asinn gurih. Yep, telur ayam phitan, untuk sebagian kamu mungkin sudah akrab dengan telur fermentasi yang satu ini.

Terkenal dengan nama Thousand Year Egg atau telur seribu tahun. telur yang berasal dari Tiongkok ini memang sangat terkenal di negara asalnya. Telur Pitan ini biasa dijadikan pelengkap makanan yang lezat.

resep_telur_pitan

Telur pitan adalah telur fermentasi yang terbuat edari telur bebek atau telur ayam. Teur difermentasikan bersama campuran tanah liat, abu, garam, calcium oxide dan juga sekam. Telur didiamkan dalam campuran tersebut selama berbulan-bulan.

Dalam hal ini, kuning telur akan berubah menjadi abu-abu kehijauan gelap dengan tekstur yang lebih lembut. Sementara untuk putih telur, akan berubah menjadi cokelat gelap transparan dengan rasa yang sedikit asin.

Menurut sumber, telur pitan sudah dibuat lebih dari 500 tahun lalu di tanah Tiongkok. Konon telur ini mulai dibuat pada zaman dinasti Ming di Hunan secara tidak sengaja oleh seorang pemilik rumah yang menemukan telur bebek di kolam calcium oxide dqangkal yang dijadikan utnuk adonan semen. Dan ia menyadari pada saat it, telur tersebut memiliki rasa yang enak, ia pun mulai membuat nya dan menyebarkannya.

Sebenarnya, di beberapa supermarket ada yang menjual telur pitan dalam bentuk siap saji, biasanya di dalam plastik atau dus. Tapi untuk kamu yang penasaran seperti apa proses pembuatannya, yuk simak :)

resep_telur_pitan

Proses pembuatan telur pitan

Bahan :
1. Campuran tanah liat yang kering halus dengan batu bata merah tumbuk
2. 125 gram Daun teh Kering
3. 100 gram Arang
4. 400 gram Kapur Sirih
5. Air Secukupnya
6. 20 Butir Telur Bebek
7. 400 gram Sekam

Cara membuat :

1. Cammpurkan tanah liat dan remah batu bata merah, daun teh kering, arang, kapur sirih. Kemudian tambahkan air sedikit sedikit sambil diaduk. Simpan semalaman.
2. Siapkan telur dan cuci bersih, balurkan dengan campuran adonan tanah liat hngga seluruhnya tertutup adonan setebal 1 cm..
3. Gulirkan ke dalam sekam hingga telur tertutup sekam.
4. Diamkan selama kurang lebih 100 hari dalam tempat sejuk bersuhu 25 derajat celsius.

Ternyata, lama juga yah proses pembuatan si telur hitam ini, kemungkinan besar inilah yang menyebabkan mahalnya Telur Pitan dipasaran. Belum lagi kesulitan untuk mendapatkannya.

resep_telur_pitan

Setelah selesai proses pemeraman, angkat telur, dan rebus. Teur siap dinikmati sebagai pelengkap sajian lain. Untuk penyimpanann setelah matang, telur ini memiliki umur yang panjang. Sesuai dengan namanya, Thousand Years Egg. Konon katanya, dengan mengkonsumsi telur pitan ini, kamu juga bisa memiliki umur panjang lho berrykitcheners :)

Selamat Mencoba :)

Salam Berrykitchen :)
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu