facebook

Resep Sarapan Sehat, Gak Ada Alasan Buat Kamu Melewatkan Waktu Makan Yang Satu Ini

Rabu, 15 April 2015 - 04:31:08 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Sarapan Sehat, Gak Ada Alasan Buat Kamu Melewatkan Waktu Makan Yang Satu Ini

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Resep Sarapan Sehat, Gak Ada Alasan Buat Kamu Melewatkan Waktu Makan Yang Satu Ini

Hai berrykitcheners... Jumpa lagi nih...:)
 
 
Gimana liburannya kemarin? tentunya mengasyikkan ya :)
 
Sarapan, sebuah kegiatan makan di pagi hari yang diperuntukkan untuk mengisi perut kosong setelah tidur semalaman. Memang, sebetulnya, ini adalah kegiatan makan yang penting, karena untuk menjaga sistem metabolisme tubuh kita tetap terjaga dengan baik. Namun, tidak sedikit juga lho, orang yang melewati kegiatan makan pagi hari ini dengan berbagai alasan. Tapi, bukan berarti kamu boleh makan sebebasnya tanpa aturan ho berrykitcheners :)
 
Ini adalah beberapa hal yang perlu kamu tahu tentang betapa kamu tidak boleh meninggalkan sarapan sebelum beraktifitas. Diantaranya :
 
1. Sarapan dapat mengurangi resiko penyakit kronis
Sebuah penelitian di Harvard yang melibatkan lebih dari 2500 orang, menunjukkan, bahwa mereka yang rutin makan pagi setelah tidur, memiliki resiko 50% lebih rendah terkena permasalahan gula darah lho. Sedangkan, peningkatan gula darah ini dapat memicu adanya penyakit lanjutan seperti kolesterol. Dan belum lagi, penyakit yang yang ditimbulkan karena kolesterol seperti jantung. Duuuhh... Dengan makan di pagi hari, dapat membantu kamu untuk menstabilkan gula darah, karena sebelumnya kamu tidak mengkonsumsi apa-apa selama mungkin lebih dari 12 jam, maka gula darah akan turun, dan apabila kamu melewatkan sarapan, tentunya kamu akan sangat kelaparan, yang berimbas pada banyaknya porsi makan siang kamu. Dengan begitu, akan terjadi kandungan gula darah yang melonjak. Naah, kalo sering-sering seperti itu, akan terjadi yang namanya resistensi insulin yang akan berkembang menjadi penyakit kronis. Duuuhhh....
 
2. Asupannya tetap penting
Bukan berarti kamu harus sarapan, tapi kamu harus tetap perhatikan apa yang kamu konsumsi ya berrykitcheners. Jangan mentang-mentang wajib sarapan, lantas kamu makan serela, donat, roti, bubur ayam, nasi uduk dengan tidak memperhatikan karbo dan gula yang kamu konsumsi ya berrykitcheners. Pilihlah selalu sarapan yang ringan seperti telur, susu, buah-buahan, dan juga biji-bijian. Ini akan cukup untuk memberi kamu energi, paling tidak untuk mencapai jam makan siang yang teratur. Naah, telur, adalah salah satu makanan terbaik untuk sarapan. Karena, didalam telur mengandung vitamin, protein, dan mineral dan hanya mengandung 70 kalori untuk setiap butirnya. Dan juga gandum atau oatmeals. Gak usah ditanya lagi untuk yang satu ini ya berrykitchen, makanan tinggi serat ini memang terbukti ampuh sebagai penjaga kolesterol darah.
 
3. Sarapan juga dapat menurunkan berat badan
Lho? Kok bisa?? Kan makan? Mungkin memang akan terdengar aneh ya berrykitcheners. Bagaimana mungkin, makan makanan di pagi hari justru bisa menurunkan berat badan. Faktanya, pennelitian yang dilakukan di London menunjukkan bahwa orang yang melewatkan sarapan akan makan lebih banyak pada siang hari dibandingkan mereka yang sarapan di pagi hari. Dan parahnya, orang yang melewatkan makan pagi mereka cenderung memilih menu makan siang yang syarat akan lemak dan kolesterol. Ini karena aktifitas otak yang mendorong kamu untuk memakan makanan tinggi gula dan juga kalori. Waduuh....
 
Naaah, sudah mulai besok, rencanakanlah sarapan kamu ya berrykitcheners :)
 
Oh iya, ada beberapa resep yang dapat kamu coba sebagai menu sarapan nih berrykitcheners, sarapan simpel, yang bahkan, kamu tidak perlu menyalakan kompor lho, diantaranya :
 
1. Keju dan Apel
 

​
Ini adalah kombinasi sempurna untuk menu sarapan kamu yang akan membuat kamu bisa menahan lapar. Gak perlu kamu menyalakan kompor untuk membuatnya, cukup siapkan 1 buah apel dipotong-potong, dan juga parutan keju cheddar. Kamu bisa menambahkan kismis atau kacang almond dan juga sedikit susu untuk memperkaya gizi
 
2. Salad buah
 

​
Sama seperti apel dan keju, untu kamu yang memiliki "penghuni" kulkas yang banyak. menu salad buah menjadi pilihan yang tepat. Membuatnya pun sangat mudah, hanya cukup memotong-motong buah yang kamu inginkan, campurkan, dan tuangkan yoghurt atau susu kental manis diatasnya. Sarapan siap disantap :)
 
3. Oatmeals
 

​
Untuk membuat makananini, berry pernah mengulasnya di Cara Asik Menikmati Oatmeals :)
 
4. Roti Bakar
 

​
Menu ini sangat disarankan untuk dikonsumsi untuk sarapan pagi, selain enak, juga sangat sehat. Akan sangat mudah apabila kamu memiliki toaster nih berrykitcheners. Tapi, buat diatas teflon juga bukan perkara yang sulit kok berrykitcheners :)
 
5. Smoothies!

​
Naaah, ini yang enak, berry pernah nih buat resepnya, ada disini.
 
So, nggak ada lagi alasan kamu untuk melewatkan sarapan ya berrykitcheners, sesibuk apapun kamu, kesehatan tetap nomor satu untuk menunjang pekerjaan kamu. :)
 
Selamat mencoba... 
 
Salam, berrykitchen :)
 
Referensi Resep: https://foodsoldier.com/
Kata Kunci: Resep sarapan sehat
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup