facebook

Resep Samosa, Gorengan Isi Sayuran Sehat Untuk Berbuka :)

Senin, 22 June 2015 - 07:00:00 WIB
Diposting oleh :
Resep Samosa, Gorengan Isi Sayuran Sehat Untuk Berbuka :)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Resep Samosa, Gorengan Isi Sayuran Sehat Untuk Berbuka :)

Hai Berrykitcheners :)

Setelah tau metode menggoreng yang benar, tentunya kamu sudah gak sabar dong mengaplikasikan ilmu kamu berrykitcheners :)

Samosa, mungkin sebagian kamu asing dengan nama makanan yang konon katanya berasal dari Timur Tengah ini.

Samosa adalah salah satu makanan goreng berkulit dan basanya berisi daging kambing.

resep_samosa_sayuran

Gorengan, berisi dagiing kambing? Duh kolesterolnya banyak banget dong ya... :(

Lebih baik, kita ganti aja yuk isiannya dengan yang lebih sehat, dengan daging ayam atau sayuran misalnya :)

Selain lebih sehat, kkamu juga bisa menghemat uang belanja harian kamu nih berrykitcheners. Terutama di bulan ramadhan seperti ini, samosa memang menjadi salah satu takjil yang tidak bisa dilewatkan berrykitcheners :)

Buat yuk :)

Kamu perlu persiapkan :

Bahan isian:

1. 3 btr Kentang Rebus
2. 1 btg Wortel, potong kotak
3. ½ bh Bawang Bombay cincang
4. 2 btg Daun Bawang cincang
5. 2 btg Daun Seledri cincang
6. 2 siung Bawang Putih cincang
7. ½ sdm Bubuk Kari Instan
8. Kaldu Bubuk Secukupnya
9. Bubuk Cabai Secukupnya
10. Gula dan Garam secukupnya

Bahan kulit samosa:
1. 100 g Tepung Terigu
2. 50 ml Air Hangat
3. 2 sdm Minyak Sayur
4. ½ sdt Garam

cara Membuat :

1. Buat kulit samosa terlebih dahulu dengan mencampurkan semua bahan kulit menjadi satu, lalu uleni hingga kalis.
2. Pipihkan adonan dan bentuk menjadi segi empat
3. Hancurkan kentang yang sudah direbus, jangan lupa untuk mengupas kulitnya terlebih dahulu, sebelum direbus.
4. Panaskan minyak goreng dalam wajan untuk menumis. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
5. Kemudian masukkan wortel dan masak hingga lunak.
6. Tambahkan bubuk kari dan bubuk cabai, aduk hingga rata.
7. Kemudian masukkan kentang, daun bawang dan daun seledri.
8. Tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk, lalu aduk hingga rata. Angkat dan sisihkan.
9. Ambil satu lembar kulit samosa, taruh isian di tengahnya, lipat menjadi segitiga dan rekatkan dengan air.
10. Goreng dalam minyak panas hingga berwarna kecoklatan.
11. Samosa isi sayuran siap jadi teman berbuka kamu :)

resep_samosa_sayuran

Naah, gimana, udah cepet buat deeh biar gak penasaran, jangan lupa tips menggoreng sebelumnya yaa :)

Selamat mencoba :)

Salam Berrykitchen :)
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu