facebook

Resep Pudding Gula Merah, Hitam Manis Si Gula Jawa :)

Rabu, 20 May 2015 - 17:00:00 WIB
Diposting oleh :
Resep Pudding Gula Merah, Hitam Manis Si Gula Jawa :)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Resep Pudding Gula Merah, Hitam Manis Si Gula Jawa :)

Hai Berrykitcheners :)

Kita sebagai orang Indonesia, se-metropolis apapun kamu, pasti mengenal yang namanya gula merah atau gula jawa.

Gula yang terbuat dari Nira yang berasal dari bunga jantan pohon enau ini, memang sudah dikenal sejak zaman dahulu kala di Indonesia, bahkan di dunia.

Bukan cuma itu aja nih berrykitcheners, gula merah ini ternyata memiliki khasiat yang lebih baik daripada gula tebu pasir lho.

resep-pudding-gula-merah

Walaupun sama-sama berfungsi sebagai pemanis, gula jawa ternyata memiliki manfaat yang lebih dari sekedar pemanis. Kandungan gula yang rendah, dapat menurunkan resiko diabetes, bahkan gula jawa dipercaya sangat baik untuk untuk mengobati batuk, demam, meredakan tifus, menurunkan tekanan darah, menguatkan jantung, dan juga membantu pertumbuhan gigi yang kuat.

Naaah, untuk sisi ilmiahnya, gula merah ternyata memiliki kandungan gula kompleks sehat yang mengandung vitamin dan mineral. Untuk berubah menjadi gula darah, gula jenis ini hanya memiliki waktu 3 menit saja. Dan dalam 3 menit kemudian, gula tersebut dapat diubah kembali menjadi energi yang tentunya berguna untuk tubuh kita.

Wiiihh keren juga ya khasiatnya. Selain enak ternyata memiliki banyak khasiat. Naah mulai deh rencanakan ganti gula pasir harian kamu dengan gula merah atau gula jawa ini ya berrykitcheners :)

Naah, kali ini, berry juga akan kasih kamu resep untuk memanfaatkan gula merah ini nih berrykitcheners. Kali ini, berry akan kasih tau kamu tentang Resep Agar-agar Gula Merah Santan nih, yuk simak :)

Kamu perlu persiapkan :

1. 1 bks Agar-agar putih
2. 200 mL santan Kental
3. 200 gram Gula Merah, sisir halus
4. 600 mL air
5. 1/2 sdt garam

Cara Membuat :

1. Siapkan panci, masukkan semua bahan dengan urutan, air, agar-agar, gula merah, santan, dan garam. Aduk terus menerus sampai tidak ada gumpalan.
2. Nyalakan kompor, masak sambil diaduk hingga mmendidih, matikan api.
3. Tuang kedalam wadah atau cetakan. Biarkan dingin sampai mengeras, lalu masukkan lemari es.
4. Agar-agar santan gula merah siap disajikan bersama topping susu kental manis :)

resep-pudding-gula-merah

Nah, gak susah kan menikmatinya berrykitcheners :).

Mulai sekarang, yuk nikmati makanan dengan lebih smart, bukan hanya sekedar enak saja, tetapi juga harus bermanfaat untuk tubuh kita. :)

Selamat mencoba berrykitcheners :)

Salam Berrykitchen :)
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup