facebook

Resep Pempek Empuk, Buat Pempekmu Sendiri Dirumah :)

Kamis, 28 May 2015 - 17:00:00 WIB
Diposting oleh :
Resep Pempek Empuk, Buat Pempekmu Sendiri Dirumah :)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Resep Pempek Empuk, Buat Pempekmu Sendiri Dirumah :)

Hai Berrykitcheners :)

Awal kemunculannya, pempek dibuat dari Ikan Belida, karena ikan inilah yang paling banyak tersedia pada masa kemunculan pempek ini, namun lambat laun, ikan Belida kian langka dan harganya melambung tinggi, dan sejak saat itu, ikan laut lebih banyak dipakai utnuk membuat pempek, karena memiliki rasa yang lebih kuat seperti ikan tenggiri. Dan sejak saat itu, ikan tenggiri adalah ikan yang populer digunakan sebagai bahan dasar pembuat pempek sampai sekarang.

resep-pempek-palembang

Naah, di Sumatera Selatan sendiri, pempek sudah menjadi makanan dan kudapan wajib, karena memang hampir setiap hari mereka mengkonsumsi pempek yang biasanya disajikan sebagai menu sarapan.

Pempek disajikan dengan kuah yang bernama cuko. Cuko dan pempek adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan, pempek akan hambar bila disajikan tanpa cuko. Cuko adalah kuah yang terbuat dari campuran air gula merah, asam jawa, bawang putih, dan cabe rawit, beberapa juga menambahkan cuka sebagai penguat rasa asam pada Cuko. Cuko yang memiliki aroma yang kuat, kekentalan, rasa pedas,, ,asam, dan asin yang pas adalah Cuko yang paling enak.

Setelah tau model-model pempek di post sebelumnya, pasti kamu yang hobi masak, langsung penasaran deh, gimana sih bikinnya. Wajar kok berrykitcheners :D

Oke, untuk mengobati penasaran kamu, kali ini, berry akan bahas mengenai Resep Membuat Pempek Kapal Selam Yang Empuk dan Enak :)

resep-pempek-palembang

Kamu perlu persiapkan :
Bahan Pempek :
1. 15 gram Tepung Terigu
2. 150 ml Air
3. 2 siung Bawang Putih
4. 200 gram Fillet Ikan Tenggiri, cincang
5. Garam, gula, dan penyedap secukupnya
6. 200 gram Tepung Sagu
7. Minyak secukupnya

Bahan Isi :
1. 12 btr Telur PUyuh

Bahan Cuko :
1. 500 gram Gula Merah
2. 1500 ml Air
3. 100 gram Asam Jawa
4. 5 siung Bawang Putih
5. Garam secukupnya

Bahan Pelengkap :
1. 75 gram Ebi Kering sangrai dan haluskan
2. 3 bh Ketimun, potong dadu
3. 4 bh Cabai Rawit, rebus dan haluskan
4. Mie Basah Kuning

Cara Membuat :
1. Buat adonan dengan merebus tepung terigu, air, dan bawang putih sambil diaduk hingga mengental. Angkat dan biarkan hangat, lalu tuang ke wadah yang telah berisi daging tenggiri cincang, uleni hingga rata. Tambahkan garam, gula dan penyedap rasa, dan tambahkan tepung sagu, uleni hingga kalis.

2. Bentuk adonan dengan mengambil sedikit adonan yang kemudian di pipihkan dan dibentuk seperti mangkuk, isi dengan telur di tengahnya, tutup hingga merekat kuat. Lakukan sampai adonan habis, saat membentuk adonan, didihkan air untuk merebus. Setelah mendidih, masukkan pempek yang sudah dibentuk, maasak hingga matang yang ditandai dengan mengapungnya pempek, lalu angkat dan tiriskan.

3. Panaskan minyak, goreng sampai matang.

4. Buat Cuko, dengan merebus gula merah dan air hingga larut kemudian saring. Tambahkan bumbu halus, asam jawa dan garam lalu masak hingga matang dan beri irisan cabai rawit untuk menambah rasa pedas.

5. Sajikan dengan bahan pelengkap yang tersedia

6. Pempek empuk buatan kamu siap dinikmati.

resep-pempek-palembang

Wiiihh...

Menariknya, mostly jenis pempek berasal dari adonan yang sama, kalo udah tau bahan dasarnya gini, nggak menutup kemungkinan kamu untuk membuat kreasi pempek model lain lho berrykitcheners :)

Selamat mencoba :)

Salam Berrykitchen :)
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu