facebook

Bosan Dengan Olahan Kacang Yang Itu-itu Saja? Coba 3 Olahan Kacang Ini :)

Kamis, 09 July 2015 - 03:00:00 WIB
Diposting oleh :
Bosan Dengan Olahan Kacang Yang Itu-itu Saja? Coba 3 Olahan Kacang Ini :)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Bosan Dengan Olahan Kacang Yang Itu-itu Saja? Coba 3 Olahan Kacang Ini :)

Hai Berrykitcheners :)

Lebaran sebentar lagi, pastinya kamu udah nggak sabar dong yah untuk menyambut Bulan Syawal yang memang sebentar lagi akan menyambut. Gimana, sudah buat kue apa aja nih berrykitcheners? :)

Kacang tanah goreng memang menjadi makanan populer yang biasa disajikan di meja-meja sebagai penjamu tamu yang datang bersilaturahmi ke rumah kamu nih.

Nah, bosen juga yah kalo cuma di goreng biasa gitu. Naah, di posting kali ini, Berry akan kasih kamu resep memasak dan mengkreasikan kacang tanah untuk sajian lebaran kamu :)

1. Kacang Telur Madu Manis, Siap Menemani Manisnya Lebaran Kamu

resep-olahan-kacang-lebaran

Kamu perlu persiapkan :

1. 400 gr Kacang tanah kupas
2. 10 siung Bawang putih, haluskan
3. 200 ml Santan kental
4. 350 gr Tepung kanji
5. 85 gr Tepung maizena
6. 2 sdt Garam
7. 1/4 sdt Ketumbar bubuk, sangrai
8. 3 btr Kuning telur
9. 1 btr Telur ayam
10. 200 ml Air, secukupnya
11. 2 btr Kemiri, sangrai lalu haluskan
12. 1 sdm Gula pasir
13. 750 ml Minyak goreng

Cara Membuat :

1. Sangrai kacang tanah hingga matang, angkat, lalu dinginkan.
2. Campurkan bawang putih, garam, kemiri, gula pasir, dan ketumbar. Lalu masukkan kacang tanah.
3. Masukkan 3 butir kuning telur dan satu butir telur ayam, kemudian aduk hingga tercampur rata.
4. Tuang santan kental, aduk kembali hingga semua adonan tercampur rata.
5. Tambahkan tepung maizena dan tepung kanji, aduk kembali hingga tercampur rata.
6. Pisah pisahkan kacang yang sudah berbalut tepung agar tidak menggumpal atau saling menempel.
7. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang hingga kacang telur madu matang dan berwarna kecokelatan. Lalu angkat, tiriskan dan sajikan atau masukkan ke stoples kedap udara setelah kacang dingin.


2. Kacang Goreng Pedas Manis Ini Juga Gak Kalah Menarik Lho

resep-olahan-kacang-lebaran

Kamu perlu persiapkan :

Bahan Utama :
1. 250 kacang tanah kupas
2. 1/2 sendok teh minyak goreng, untuk menumis
3. 80 gram gula pasir
4. 1/2 sendok teh garam
5. 60 ml air

Rendaman Kacang Tanah :
1. 1 siung bawang putih, haluskan
2. 1/2 sendok teh garam

Bumbu Halus :
1. 4 butir bawang merah, haluskan
2. 2 siung bawang putih, haluskan
3. 3 butir cabai merah keriting, tumbuk kasar

Pelengkap :
1. 50 gram bawang putih, iris, goreng kering
2. 10 gram daun jeruk, buang tulangnya, iris halus

Cara membuat:

1. Rendam kacang tanah dalam 1 liter air mendidih. Diamkan 1 menit. Tiriskan.
2. Tambahkan bubu rendaman kacang tanah. Aduk rata.
3. Panaskan minyak. Goreng kacang dengan api sedang sampai matang dan kering. Dinginkan.
4. Tumis bumbu halus kacang sampai harum. Tambahkan campuran gula pasir, garam, dan air. Aduk sampai berambut.
5. Tambahkan kacang tanah. Aduk sampai merata. Masukkan bawang putih goreng dan daun jeruk. Aduk terus sampai kering.


3. Siapa Yang Tahan Dnegan Kacang Bawang Oven, Selain Gurih, Empuk Juga

resep-olahan-kacang-lebaran

Kamu perlu persiapkan :

1. Kacang tanah kupas 1 kg
2. Bawang putih ΒΌ kg
3. Garam 3 sendok makan

Cara Membuat :

1. Pilih kacang tanah yang baik. Kacang tanah yang baik adalah kacang tanah yang memiliki kenampakan yang bersih (tidak berjamur dan tidak cacat). Jika ditemukan kacang tanah yang cacat atau berwarna hitam atau berjamur, sebaiknya tidak digunakan.
2. Jemur kacang tanah selama sehari. Hal ini penting dilakukan agar kacang oven lebih tahan lama dan dapat mengurangi bau apek.
3. Cuci kacang tanah hingga bersih.
4. Haluskan bawang putih dan garam dengan blender.
5. Campurkan bawang putih yang telah dihaluskan pada kacang tanah hingga merata. Anda dapat memodifikasi bumbu menurut selera Anda.
6. Panaskan oven selama 15 menit. Kemudian masukkan kacang tanah yang telah bercampur bumbu ke dalam rak pada oven. Selama pengovenan, kacang tanah harus dibalik secara kontinyu. Hal ini penting agar tingkat kematangan merata. Gunakan api kecil dan waktu pengovenan yang sesuai untuk menghasilkan kacang oven yang matang dan berwarna kuning keemasan.
7. Setelah kacang matang dan warna tmenjadi kuning keemasan, angkat dan keluarkan kacang dari oven. Biarkan dingin. Setelah dingin segera kemas dengan plastik PP ketebalan 0.5 mm. Pengemasan merupakan tahapan penting untuk menjaga kualitas kacang oven.

Naah, udah ada bayangan dong mau diapain kacang yang biasanya kamu dapet di dalam paket Lebaran? :)

Selamat Mencoba berrykitcheners :)

Salam :)
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu