facebook

Resep Okonomiyaki, Martabak Telur Dari Negeri Matahari Terbit

Selasa, 26 May 2015 - 17:00:00 WIB
Diposting oleh :
Resep Okonomiyaki, Martabak Telur Dari Negeri Matahari Terbit

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Resep Okonomiyaki, Martabak Telur Dari Negeri Matahari Terbit

Hai Berrykitcheners :)

Masih tentang makanan Jepang. Di kedai street food Jepang, selain menjajakan yakitate, ternyata juga menjajakan panganan ringan lain seperti takoyaki, monjayai, hingga okonomiyaki.

Naah, kali ini, berry akan membahas mengenai okonomiyaki. Menurut menu-tokyo.jp, okonomiyaki adalah makanan yang terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan air dan berisi sayuran, daging atau ikan yang kemudian di panggang diatas plat besi dan diolesi saus di atasnya.

resep-okonomiyaki

Ada 2 jenis okonomiyaki yang dikenal di Jepang, Kansai no Okonomiyaki, atau Hiroshima no Okonomiyaki, perbedaan terletak pada cara memasaknya. Untuk Kansai no okonomiyaki, dibuat dengan mengaduk terlebih dahulu bahan makanan dengan tepung terigu lalu dipanggang. Sedangkan Hiroshima No Okonomiyaki, dibuat tanpa mengaduk bahan makanan dan tepung terigunya, namun langsung ditumpuk dan lalu dipanggang diatas plat besi panggangan.

Untuk kansai no okonomiyaki, biasanya terdiri dari banyak kol dan mie, sehingga tidak mudah untuk memanggangnya, tapi tenang, pegawai restoran akan membantu kamu untuk memanggangnya. Tetapi nggak semua restoran okonomiyaki menyediakan layanan ini lho berrykticheners. Ada juga yang mengharuskan kamu untuk memanggang sendiri okonomiyaki kamu. Jadi, sebelum makan, ada baiknya kamu konfirmasi dulu nih berrykitcheners. Tapi, kalo sudah begini, usahakanlah untuk memanggang sendiri okonomiyaki kamu, karena dengan begitu, kamu bisa menggunakan kesempatan merasakan budaya Jepang. Tentunya ini akan terlihat keren untuk foto instagram kamu. :p

resep-okonomiyaki

Untuk okonomiyaki sendiri, masih agak jarang ditemukan di Jakarta, buat sendiri aja yuk gak sulit kok ^_^

Kamu perlu persiapkan :

Bahan Dadar :
1. 200 gram tepung terigu, lebih bagus apabila menggunakan tepung terigu yang sudah berbumbu
2. 200 gram Daging Sapi, cincang
3. 150 gram kol putih, iris halus
4. 50 gram Tenkasu (campurna tepung terigu dengan air yang digoreng, tersedia di supermarket besar)

resep-okonomiyaki

5. 320 ml Kaldu Sapi
6. 4 btr Telur Ayam, kocok lepas
7. 1 bh Wortel, cincang halus
8. 1 bh bawang bombay, cincang halus
9. garam secukupnya

Pelengkap :
1. 150 ml Saus Okonomiyaki
2. 5 sdm Mayonaise Jepang
3. 2 lbr Nori, hancurkan
4. 25 gram katsuobushi (ikan tuna yang dikeringkan dan diserut tipis, tersedia juga di supermarket)

resep-okonomiyaki

5. Beni shoga secukupnya (acar khas Jepang yang terbuat dari jahe muda)

resep-okonomiyaki

Cara membuat :
1. Campurkan semua bahan dadar menjaddi satu, aduk rata hingga membentuk adonan.
2. Panaskan minyak dengan wajan datar berdiameter minimal 18 cm, kamu bisa juga menggunakan teflon datar. Tuang 1/2 bagian adonan, ratakan. Masak satu sisi hingga matang, angkat. Ulangi sampai adonan habis. 3. Setelah semua matang, angkat dan letakkan okonomiyaki di atas piring saji. Siram dengan saus okonomiyaki dan mayonaise. Taburi nori, kastsuobushi dan beni shoga.
4. Sajikan selagi hangat okonomiyaki kamu.

Untuk saus okonomiyaki, sebenarnya tersedia di supermarket, tapi memang ketersediaannya tidak banyak, untuk menyiasatinya, kamu bisa membuat sendiri saus okonomiyaki ini dengan cara mencampur 3 sdm saus tomat, 2 sdm soyu atau kecap asin, 1 sdm saus tiram, 1 sdt gula pasir. Dan rebus bersama dengan 1/2 sdt tepung maizena yang sudah dilarutkan. Rebus sampai mengental.

Naah, dengan begitu, nggak perlu susah-susah cari penjual okonmiyaki ini di Jakarta selama kamu tahu apa Resep Membuat Okonomiyaki Yang Mudah dan Simpel kan berrykitcheners :)

Selamat Mencoba :)

Salam Berrykitchen :)
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu