facebook

Resep Nasi Kebuli, Nasi Gurih Khas Betawi Arab

Rabu, 15 April 2015 - 04:31:08 WIB
Diposting oleh : admin
Resep Nasi Kebuli, Nasi Gurih Khas Betawi Arab

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Resep Nasi Kebuli, Nasi Gurih Khas Betawi Arab

Halo berrykitcheners :)


Apa yang kamu pikirkan apabila denger Nasi Kebuli berrykitcheners ?

Apa ya.. kambing, gurih, nasi bumbu, rempah, betawi, arab, bener gak sih?

Naah, benar sekali... Nasi Kebuli adalah nasi gurih yang dimasak bersama kaldu dan juga daging. Dan daging yang biasa digunakan adalah daging kambing. Nasi dimasak dengan menggunakan berbagai macam rempah-rempah. 

Menurut Wikipedia, nasi kebuli adalah hidangan nasi berbumbu bercitarasa gurih yang ditemukan di Indonesia. Nasi dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing, dan juga minyak samin, disajikan bersama daging kambing goreng atau sate kambing. Hidangan ini populer di kalangan warga Betawi di jakarta atau juga di kalangan keturunan Arab dan India Muslim, karena ini adalah tradisi dari Arab Yaman. Bisa dibilang, nasi ini mirip dengan Nasi Biryani.

Naah, di Betawi, nasi kebuli biasa disajikan dalam perayaan keagamaan Muslin, seperti lebaran, qurban, atau maulid. 

Nah, sudah kebayang dong? Atau udah pernah makan juga? :)

Buat kamu yang penasaran seperti apa, kita buat aja yuk... :)

Inline image 2


Nih berry kasih resepnya, kamu perlu menyiapkan :

1. 1kg Beras
2. 1/2 kg daging kambing 
3. 2 sdm kismis
4. 3 sdm bawang goreng
5. 2 sdm minyak samin
6. 1 sdt garam
7. 1 btg kayu manis
8. 4 bh cengkeh
9. 1/2 bh biji pala
10. 2 bh bunga peka
11. 2 bh kapulaga
12. 2 btg serai
13. 5 lbr daun jeruk
14. 2 lbr daun salam
15. 1500 mL santan 
16. Minyak secukupnya

Inline image 3


Bumbu yang dihaluskan :
1. 3 siung bawang putih
2. 5 siung bawang merah
3. 1 sdm ketumbar
4. 1 sdt jintan
5. 1/2 sdt adas manis
6. 4 cm kunyit
7. 2 cm jahe

Cara Membuat :

1. Tumis bumbu halus beserta kayu manis, cengkeh, pala, bunga peka, kapulaga, serai, daun jeruk, daun salam dan garam sampai matang dan harum

2. Masukkan daging kambing, masak sampai daging berubah warna.

3. Masukkan air dan masak sampai daging melunak dan kuah habis. Angkat dan sisihkan

4. Kukus Beras selama 30 menit sampai setengah matang, angkat.

5. Letakkan beras ke dalam panci, lalu tuang santan. Masak diatas api sambil diaduk rata.

6. Tambahkan daging yan gkamu tumis tadi, aduk rata dan tunggu sampai santan mengering. Angkat.

7. Kukus nasi selama 30 menit sampai matang, lalu angkat

8. Nasi kebuli siap disajikan 

Naah.... gimana berrykitcheners... Masakan Indonesia juga gak kalah lezat dibandingkan masakan luar negeri kok....Terutama dalam hal rempah, makanan Indonesia memang juaranya... :)

Inline image 4


Selamat mencoba berrykitcheners :)

Salam 

Gambar : Google.com
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup