facebook

Resep Membuat Mayonaise, Saus Pendamping Salad Akan Lebih Sehat Apabila DIbuat Sendiri :)

Selasa, 12 May 2015 - 08:29:57 WIB
Diposting oleh :
Resep Membuat Mayonaise, Saus Pendamping Salad Akan Lebih Sehat Apabila DIbuat Sendiri :)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Resep Membuat Mayonaise, Saus Pendamping Salad Akan Lebih Sehat Apabila DIbuat Sendiri :)

Hai berrykitcheners :)

Untuk kamu para pelaku diet, apalagi vegetarian, pasti sudah tidak asing dengan yang namanya mayonaise. Saus berwarna cerah yang biasa digunakan untuk pelengkap menikmati buah atau sayur mentah ini sangat populer di kalangan masyarakat metropolitan yang mulai sadar akan arti kesehatan.

Meurut sejarah, Mayonaise pertama kali dibuat oleh ahli masak dari Prancis yang bernama Louis Francois Armand du Plessis pada tahun 1756 untuk perjamuan makan di pesta kemenangan Prancis merebut pelabuhan Mahon (ibu kota Minorca di Kepulauan Balearic). Dan konon, kata Mayonnaise berasal dari kata Mahonnaise yang terinspirasi dari nama Pelabuhan Mahon.

resep-mayonaise-salad

Mayonnaise pertama kali dijual pada Tahun 1905 di Toko Makanan segar yang bernama Richard Hellman di New York. Dan mulai saat itu, mayonnaise mulai berkembang dan tersebar di seluruh dunia dan diawali dengan penyebarannya di Benua Amerika.

Mayonaise yang kita kenal, adalah makanan pendamping yang terbuat dari telur dan minyak. Biasa dijumpai di kebanyakan makanan cepat saji seperti hamburger. atau sandwich. Naah, sebenarnya, untuk di Indonesia sendiri, mayonaise sudah cukup dikenal, dan bahkan sudah ada kemasan sachet yang bisa kamu temukan di warung-warung terdekat.

Tapi, kalau kamu masih menyangsikan kandungan yang dikandung di dalam mayonaise siap saji tersebut, buat sendiri aja yuk :)

Kamu perlu persiapkan :
1. 300 mL Minyak Zaitun
2. 2 btr Kuning Telur
3. 1 sdm Air Jeruk Nipis
4. 1 sdt Saus Mustard
5. Garam secukupnya

Cara membuat mayonaise :
1. Campur kuning telur dengan saus mustard dan kocok dengan mixer keccepatan rendah. Tambahkan garam pada adonan secara perlahan, teruskan mengocok sampai lembut dan tercampur merata.
2. Masukkan minyak zaitun ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil terus di kocok. Usahakan mengocok dengan gerakan yang konstan atau tidak berubah-ubah. Dan masukkan minyak zaitun secara perlahan agar tercampur sempurna.
3. Kocok terus hingga adonan menjadi agak kaku, lalu masukkan air jeruk nipis. Nyalakan mixer dan kocok kembali.
4. Tambahkan air secukupnya apabila adnan terlalu kental.
5. Setelah adonan mengembang dan lembut sempurna, mayonaise sudah bsa dikonsumsi. Dan kamu bisa menyimpan mayinaise di dalam lemari pendingin maksimal 2-3 hari.

Naah, mayonaise siap kamu gunakan untuk membuat berbagai makanan seperti salad buah, salad sayuran, sandwich, ataupun burger.

resep-mayonaise-salad

Resep Membuat Mayonaise kali ini, akan mempermudah kamu untuk membuat salad sehat sendiri di rumah. Dengan asupan yang terkontrol dan dengan bahan yang sehat. Kesehatan kamu sudah lebih terjamin nih berrykitcheners :)

Selamat mencoba :)

Salam Berrykitchen :)
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup