facebook

Resep Masakan Bahan Dasar Ayam: Sioke (Ayam Panggang BBQ)

Kamis, 28 April 2016 - 03:32:21 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Masakan Bahan Dasar Ayam: Sioke (Ayam Panggang BBQ)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Resep Masakan Bahan Dasar Ayam: Sioke (Ayam Panggang BBQ)

Hai Berrykitcheners! Apakah kamu kemarin merayakan Tahun Baru Imlek atau Chinese New Year? Nah, apa hidangan khas imlek favorit kamu? Nah, kali ini kami ingin membagikan resep masakan bahan dasar ayam yang dimasak ala Chinese bernama Sioke. Sebagian besar dari kamu tentu asing dengan nama ini. Namun, jika sudah melihat gambar dari makanan ini, kamu pasti tahu.


Sioke juga dikenal sebagai ayam panggang BBQ. Menu ini sudah sangat akrab di lidah orang-orang Indonesia sejak ratusan tahun yang lalu. Jika kamu adalah penggemar Chinese food, kamu tentu akan menyukai makanan yang satu ini. Sioke juga selalu menjadi hidangan wajib saat imlek. Pada umumnya, satu ekor ayam panggang utuh ini akan disajikan di atas meja makan untuk dinikmati bersama keluarga.


Sekilas, tradisi menyantap satu ekor ayam panggang sewaktu imlek ini sangat mirip dengan tradisi natal atau Thanksgiving di barat. Pada saat merayakan natal atau Thanksgiving, para keluarga di Amerika atau Eropa akan berkumpul bersama keluarga untuk menikmati satu ekor kalkun atau ayam panggang. Lantas, mengapa saat merayakan imlek menu ayam panggang ini menjadi hidangan yang wajib?


Masyarakat keturunan Tionghoa percaya bahwa ayam harus disajikan secara utuh, dengan kondisi kepala dan kaki masih menempel. Satu ekor ayam utuh ini merupakan lambang dari harapan untuk terus bersatu dan langgeng dalam membina pernikahan atau hubungan antar anggota keluarga. Selain ayam panggang BBQ (sioke), kamu juga bisa menggunakan ayam goreng, asalkan hidangan ayam tersebut harus 1 ekor utuh.


Seperti janji kami di awal, kami akan berbagi resep masakan bahan dasar ayam. Sesuai dengan pembahasan kita, maka kami akan membahas tentang resep sioke ini. Yuk, langsung saja kita cari tahu bagaimana cara membuatnya!


Bahan-Bahan:



  • 1 ekor ayam (usahakan ayam kampung agar lebih nikmat)

  • 2 sdm kecap manis

  • 2 sdm kecap asin

  • 1 sdm angkak

  • 3 sdm gula pasir

  • 1 sdt merica bubuk

  • 1 sdt garam

  • 200 ml air

  • 2 buah jeruk nipis


Cara Membuat:



  1. Bersihkan ayam terlebih dahulu, jangan dipotong-potong karena kita akan memasak 1 ekor ayam utuh.

  2. Untuk membuat bumbu, campurkan semua bahan-bahan yang tersedia (kecuali jeruk nipis), lalu diamkan campuran dari bahan-bahan tersebut selama kurang lebih 1 jam.

  3. Panggang 1 ekor ayam di dalam oven sampai teksturnya mengering (kira-kira 15-20 menit), lalu keluarkan ayam dan oleskan dengan bumbu yang sudah dibuat.

  4. Panggang kembali ayam tersebut di dalam oven sampai matang atau berwarna cokelat tua.

  5. Keluarkan ayam dari dalam oven, kemudian sajikan bersama dengan irisan jeruk nipis.


 


Bagaimana resep masakan bahan dasar ayam kali ini? Semoga bermanfaat dan bisa kamu praktikkan untuk menyiapkan hidangan di tahun baru imlek selanjutnya, ya!


 


Sources:



  • com/restaurants/10-essential-chinese-new-year-dishes-2896054/2

  • resepsederhana.com/2010/12/11/ayam-panggang-merah/

  • bumbu-resep.com/resep-ayam-sioke/


Diakses pada 6 Februari 2016.

Kata Kunci: resep masakan bahan dasar ayam
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup