facebook

Resep Laksa Betawi, Ketupat Kuah Kuning Khas Jakarta

Rabu, 15 April 2015 - 04:31:08 WIB
Diposting oleh : admin
Resep Laksa Betawi, Ketupat Kuah Kuning Khas Jakarta

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Resep Laksa Betawi, Ketupat Kuah Kuning Khas Jakarta

Hai berrykitcheners :)


Kalo ngomongin kuliner Indonesia, kita identik dengan masakan jawa atau sumatra. Bahkan, kita lebih mengenal kuliner dari daerah lain. Karena memang, kemajemukan penduduk Jakarta mendominasi pengaruh budaya kuliner yang ada. Dengan alasan, "obat kangen kampung", mereka mengambil peluang membuka restoran yang menyajikan makanan kuliner dari daerah mana mereka berasal, mulai dari Gudeg Jogja, sampai ke Coto Makasar, bahkan Kari Aceh. Hmm... 

Naah, karena kita tinggal di Jakarta yang notabene tanah betawi, akan sangat bijak kiranya, apabila kita tau makanan khas dari Betawi Berrykitcheners, belum lama ini, berry kasih kamu resep nasi kebuli, Mie Juhi juga, nah, kali ini, berry akan kasih tau kamu mengenai Laksa. Laksa, makanan berkuah kuning ini adalah makanan khass dari Betawi. 

Laksa, berasal dari bahasa India Laksha, yang berarti Banyak. Ini menunjukkan bahwa Laksa memang terbuat dari bahan yang beragam, dan tentunya, isinya pun beragam. Umumnya, laksa berisi telur, tauge, ketupat, daun kemangi, kucai, dan lain-lain.


Makanan ini juga sudah jarang ditemukan di jakarta, karena memang, makanan yang satu ini juga dijajakan dengan cara berkeliling dengan menggunakan gerobak. 

Nah, untuk membuang ras penasaran kamu, nih berry kasih cara membaut masakan yang lezat ini :)

Bahan-bahan :
- Santan
- Ayam

Bumbu : 
- 2 btg sereh, memarkan
- 2 lbr daun salam segar
- 2 lbr daun jeruk
- Bumbu Halus (8bh bawang merah, 4bh bawang putih, 1 sdm ketumbar, 1 ptg jahe wangi, 1 ptg kunyit, 1 ptg lengkuas, cabe merah, 6btr kemiri, gula jawa, garam)




Pelengkap :
- 150 gram bihun, rendam, tiriskan, potong-potong
- telur yang sudah direbus
- 2 ikat kemangi
- bawang goreng
- jeruk nipis

Cara membuat :

1. Tumis bumbu halus dengan 3 dm minyak goreng sampai harum, masukkan santan cair dan masak sampai mendidih.
2. Masukkan ayam dan masak sampai matang. 
3. Saring dan angkat ayam, tuangkan santan kental ke dalam rebusan dan aduk sampai merata.
4. Suwir-suwir ayam rebus tadi. Sisihkan
5. Siapkan piring, tempatkan bihun, kemangi, suwiran daging ayam, dan telur. Tuang kuah laksa yang kamu buat tadi keatasnya. taburi bawang goreng dan sajikan dengan jeruk nipis peras.


Naah, gak terlalu sulit juga kan membuatnya berrykitcheners. Sajikan saat bersama keluarga. Sebuah kehangatan yang tak akan pernah tergantikan ya berrykitcheners :)

Selamat mencoba :)

Salam Berrykitchen :)
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup