facebook

Resep Gemblong, Makanan Tradisional Yang Patut Dilestarikan

Rabu, 20 May 2015 - 17:00:00 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Gemblong, Makanan Tradisional Yang Patut Dilestarikan

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Resep Gemblong, Makanan Tradisional Yang Patut Dilestarikan

Hai Berrykitcheners :)Masih di topik mengenai gula merah. Banyak sekali kreasi yang dapat dilakukan dengan menggunakan gula merah atau gula jawa. Contohnya Kue Gemblong.Sedikit aneh memang tentang namanya dan mungkin sebagian kamu belum mengetahui panganan yang memang berasal dari Indonesia ini. Belum jelas dari Indonesia bagian mana asal muasal panganan ini. Yang pasti, panganan ringan manis ini memang dikenal di seluruh Indonesia. Dengan nama yang berbeda tentunya :)resep-kue-gemblong-manisGemblong adalah kue berbahan dasar adonan tepung beras yang digoreng dan dilumuri dengan gula merah atau gula jawa, memang sih, makanan ini tidak sepopuler makanan lain, apalagi yang Western. Tapi, percaya deh, sedikitpun tidak memalukan kok kalo kamu menikmati panganan yang satu ini. Justru kamu harus bangga, karena dengan mengkonsumsi makanan unik ini, kamu bisa membantu melestarikan makanan asli khas negeri kita tercinta Indonesia nih berrykitcheners :)Nah, apabila menikmati langsung saja belum cukup untuk melestarikan panganan ini, berry akan kasih kamu Resep untuk membuat Kue Gemblong yang unik ini :)Keren dong kalo misalkan kamu jadi orang yang bisa melestarikan masakan asli negara sendiri. Dan gimana malunya deh kalo kamu justru mencicipinya dari negara lain. Duuh...Yuk, kamu persiapkan :1. 350 gram Tepung Ketan2. 100 gramm Tepung Beras3. 1/2 butir Kelapa parut yang masih agak muda.4. 1/2 sdt garam5. 350 mL Santan Kental6. Minyak Goreng secukupnya7. 100 mL air8. 50 gram Gula Pasir9. 250 gram gula merah, iris halusCara Membuat :1. Campurkan tepung ketan dengan tepung beras, garam, dan juga kelapa parut. Aduk dan tumbuk hingga kelapa parut hancur dan adonan tercampur rata.2. Tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga merata dan membentuk adonan.3. Ambil sedikit adonan, bentuk menjadi bulat atau oval, lalu padatkan. 4. Panaskan minyak, goreng di dalam minyak panas dengn api sedang sampai matang, angkat lalu sisihkan.5. Untuk membuat besta atau lapisan gula, didihkan air, lalu masukkan gula pasir dan gula merah sampai berserabut. Lalu masukkan adonan ketan yang sudah digoreng ke dalam rebusan. Tunggu sampai mengering. Angkat lalu segera simpan dalam wadah kedap udara.6. Setelah kering, gemmblong siap disajikan :)resep-kue-gemblong-manisGampang banget bikinnya ternyata, gak mahal dan juga gak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan bahannya nih berrykitchers :)Tambah lagi nih hidangan teman minum teh kamu :)Selamat Mencoba :)Salam berrykitchen :)

Referensi: resep masakan nusantara

Kata Kunci: Resep Gemblong, Makanan Tradisional Yang Patut Dilestarikan
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup