facebook

Resep Fillet Lele Goreng Tepung, Ikan Tawar Untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Anak

Rabu, 13 May 2015 - 02:00:00 WIB
Diposting oleh :
Resep Fillet Lele Goreng Tepung, Ikan Tawar Untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Anak

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Resep Fillet Lele Goreng Tepung, Ikan Tawar Untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Anak

Hai berrykitcheners :)

Clarias, atau dalam bahasa Indonesianya ikan lele, memang ikan yang sangat banyak dijadikan bahan makanan di Indonesia. Ikan yang hidup di perairan darat atau air tawar ini, memiliki kandungan giziyang nggak kalah dengan ikan laut lho berrykitcheners, seperti membantu pertumbuhan janin pada ibu hamil serta baik untuk pertumbuhan balita.

Nah, lebih lengkapnya, ikan lele juga memiliki manfaat sebagai berikut :

1. Sumber Protein
Ikan lele merupakan sumber protein yang cukup tinggi, yaitu sekitar 20%. Dan b ukan hanya itu lho, kandungan protein yang terkandung dalam ikan lele ini, bukan hanya dapat memenuhi kebutuhan vitamin kamu nih berrykitchen, tetapi juga bagus untuk membantu pertumbuhan anak dan juga janin ibu hamil. Asam amino esensial lisin, metionin, dan leusin lah yang bertanggung jawab atas semuanya. For your information berrykitcheners, 80% ikan tawar memiliki kandungan protein dengan kadar sistin dan metionon yang tinggi.

2. kaya akan fosfor
Dalam 100 gram ikan lele, mengandung sekitar 168mg phospor, dan jumlah ini lebih tinggi dari telur yang hanya memiliki 100 mg kandungan phospor. Phospor berguna utnuk memberi keuatan dan energi dalam metabolisme lemak dan pati, menjadi penunjang kesehatan mulut yang mencakup gusi dan gigi, membantu sintesis DNA, dan juga dapat membantu penyerapan Kalsium. Dan untuk ibu hamil, PHospor sangat berguna untuk pembentukan tulang pada janin. Karena, apabila kandungan phospor dari sang ibu kurang, maka janin akan mengambil phospor dari tulang sang ibu. Dan inilah yang menyebabkan terjadinya osteoporosis.

resep-fillet-lele

3. Kesehatan Kardiovaskuler
Kalium dan Natrium pada ikan lele memiliki perbandingan 24,5 : 1, ini tergolong tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan kardio dan pembuluh darah. Syarat makanan dikatakan sehat untuk jantung, adalah makanan yang memiliki perbandingan kalium minimum 5 : 1. Kalium berfungsi sebagai pengendali tekanan darah, pembersih CO2 dalam darah, pemicu simpul syaraf dan kerja otot, melancarkan okdigen ke otak, dan juga dapat menyeimbangkan kadar cairan tubuh.

4. Rendah Lemak
Memang, dalam ikan lele masih terdapat lemak, namun, lemak yang terkandung dalam ikan lele adalah lemak sederhana yang terdiri dari trigliserida yang netral. Lemak ini banyak terdapat pada bagian perut, terutama pada tubuh bagian bawah dan di dalam hati ikan.

5. Kaya Omega 3
Naah, seperti ikan laut, ikan lele juga kaya akan omega3, sudah pasti sangat baik untk perkembangan otak. Dan juga dapat membantu syarah penglihatan pada janin.

Dengan seabrek manfaat dan kegunaan seperti itu, masih mau memandang sebelah mata ikan lele?

Selain harga yang ekonomis, lele ternyata memiliki banyak manfaat ya berrrykitcheners. Naah, kali ini, berry kana kasih tau kamu cara menikmati lele selain di goreng seperti biasa nih :)

Fillet lele goreng tepung?

Kamu perlu persiapkan :
1. Lele, potong fillet, dengan cara letakkan lele pada talenan, gunakan pisau fillet yang fleksibel, sayat daging lele dengan hati-hati jangan sampai daging lele hancur.
2. Tepung bumbu instan
3. Air dingin secukupnya
4. Minyak goreng

Cara membuat :
1. Larutkan tepung bumbu bersama air dingin. Bentuk hingga menjadi adonan.
2. Gulingkan fillet lele satu persatu ke dalam adonan.
3. Goreng potongan fillet ikan lele ke dalam minyak panas.
4. Angkat, tiriskan.

resep-fillet-lele

Dan lele fillet goreng tepung kamu siap disajikan bersama sambal favorit sesuai keinginan kamu nih berrykitcheners, apalagi bersama nasi putih hangat. Glek... PAsti enak banget yaa :p

Selamat mencoba :)

Salam Berrykitchen :)
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup